Minggu, 11 Maret 2012

Reinkarnasi Jenderal Konfederasi AS John B. Gordon

Oleh : Jeffrey J.Keene

From the book : Someone else’s Yesterday


Ini adalah kasus reinkarnasi yang unik dari Jeffrey Keene seorang pensiunan petugas pemadam kebakaran dengan bintang jasa di Wesport, Connecticut, USA.  Yang sepertinya dipandu untuk mengungkapkan kehidupan lampaunya sebagai Jenderal John B. Gordon seorang komandan perang saudara di Amerika tahun 1860-an.

Unsur pemandu dalam mengungkap kehidupan lampaunya begitu kuat  hingga seakan dunia spiritual telah mendorongnya ke sana sini “seperti troli belanja”. Cerita Jeff dimulai pada Mei 1991, ketika ia sedang berlibur bersama istrinya, Anna. Mereka sedang mencari barang barang antik dan berhenti di Sharpsburg, Maryland, tempat pertempuran Antietam di masa Perang Saudara Amerika berlangsung. Meskipun Jeff tidak pernah membaca buku tentang perang saudara atau memiliki ketertarikan apapun mengenai era itu, ia merasa wajib mengunjungi medan pertempuran itu.


Di sebuah petak lapangan  yang disebut Sunken Road, Jeff mendengarkan narasi dari kaset mengenai peristiwa peristiwa yang terjadi di tahun 1862 itu. Pertempuran itu melibatkan sebuah resimen yang disebut Alabama ke 6, yang dikomandani oleh Kolonel John B. Gordon. Ketika berjalan melintasi tempat tersebut, Jeff tanpa sadar berjalan ke sebuah daerah yang pernah diduduki oleh pasukan John B. Gordon. Di tempat itu ia mengalami suatu reaksi yang aneh, seperti sebuah gelombang kedukaan, kesedihan dan kemarahan melanda dirinya. Ia sangat terkejut akan reaksi ini seolah olah suatu kilasan2 pertempuran yang ia pimpin terjadi di depan matanya. Jeff sangat merasakan bagaimana situasi kala itu sehingga tanpa sadar ia menangis. Tapi saat itu ia masih belum bisa menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi.

Pada Oktober 1992, Jeff dan Anna menghadiri  sebuah pesta Halloween. Seorang peramal  bernama Barbara Camwell diundang untuk membuat ramalan di pesta tersebut. Ketika giliran Jeff tiba, pengalamannya di Sunken Road timbul kembali, Barbara mengatakan bahwa ia dulunya adalah seorang tentara dan ia telah tertembak pada saat pertempuran tersebut. Kemudian Jeff mencari majalah-majalah yang memuat tentang cerita pertempuran tersebut. Jeff membuka majalah itu sampai ke sebuah pengalaman yang memuat gambar Sunken Road, tempat dimana Jeff mengalami luapan luapan emosi aneh.
Dalam perang tersebut memang diceritakan  bahwa Kolonel John B. Gordon tertembak, tapi yang lebih mengagetkan lagi adalah saat ia melihat foto dari John B. Gordon yang ternyata sangat mirip dengan dirinya. Ia seperti melihat foto dirinya dengan seragam tentara yang memimpin pertempuran tersebut. Ia juga ingat bagaimana ia tertembak di beberapa tempat sebelum tak sadarkan diri. Ia ternyata selamat dari pertempuran itu.
Setelah itu mulailah Jeff mengingat memori memori  masa kehidupannya sebagai John B. Gordon, Jeff juga menjabarkan beberapa kesamaan kebiasaan dan sifat antara dirinya dan Gordon. Hal ini meliputi kesukaannya untuk berdiri dengan tangan bersilang, selera berpakaian yang sama, dan bekas bekas luka di wajah dan tubuhnya yang memcerminkan bekas luka tempur dari John B. Gordon.  Jeff, sebelum mengetahui kaitannya dengan Gordon,  pernah menderita sakit di wajah dan di leher yang ia tidak ketahui sebabnya, lokasi rasa sakit itu ternyata sesuai dengan luka luka di wajah dan leher yang menimpa Gordon di Antietam. Dan banyak lagi kesamaan kesamaan yang ditemukan Jeff seperti gaya menulis dan tulisan tangan.

Orang orang berinkarnasi biasanya dalam kelompok, berdasarkan karma kelompok dan ikatan emosional, dan proyek bersama. Dan ternyata ditemukan bahwa sejawat Jeff di pemadam kebakaran adalah rekan militer John B. Gordon selama Perang Saudara. Jeff berhasil mengenali beberapa kecocokan di antara rekan rekannya di pemadam kebakaran dengan perwira perwira yang telah bertembur bersama Gordon. Salah satunya adalah Wayne R. Zaleta yang menunjukkan keserupaan fisik yang amat mirip dengan Jenderak Konfederasi Cadmus Wilcox yang ditunjukkan pada foto dibawah ini.


Dalam hal memori kehidupan lampau,Jeff mendeskripsikan  tiga jenis memori. Pertama melalui serangkaian meditasi, Jeff mampu memvisualisasikan atau mengingat detail detail kehidupannya sebagai Gordon. Kedua adalah dengan spontan mampu mengetahui detil kehidupan Gordon, ketika mengunjungi tempat dimana Gordon pernah berada. Ketiga adalah memori emosional, seperti yang terjadi di Sunken Road, dimana emosi dia begitu nyata pada saat itu.

Pada akhir bukunya yang berjudul Someone Else Yesterday, Jeff Keene menulis :
Berhentilah sejenak dan renungkan bagaimana jadinya dunia jika reinkarnasi terbukti menjadi suatu realita kehidupan. Bagaimana kemudian kita akan memperlakukan sesama? Ketika berurusan dengan keluarga, teman, atau kenalan, kita perlu bertanya kepada diri kita sendiri beberapa pertanyaan seperti: siapa gerangan jiwa jiwa ini? Apa hubungan mereka denganku? Apa aku akan belajar sesuatu dari mereka atau apa akau yang akan menjadi guru mereka? Kemungkinan kemungkinannya tidak terbatas. Kita semua hidup di rumah yang sama dan rumah itu menjadi semakin kecil setiap harinya. Planet ini telah menjadi “Desa Global”. Semuanya telah terhubung untuk melihat kejadian di sisi dunia yang lain. Setiap negara saling mempengaruhi satu sama lain dengan keuangan, masalah lingkungan, dan permusuhan sepele mereka. Setiap orang perlu mengubah cara berpikir. Tidak lagi aku, tetapi Kita. Tidak lagi mereka, tetapi Kita. Kita meninggalkan jejak pada diri kita sendiri dan orang orang di sekitar kita, jadi marilah kita berjuang dengan pendekatan yang lembut”
Cerita tentang Jeff Keene ini juga telah didokumentasikan oleh Scifi Film dan bisa diakses di Youtube :




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar