Jumat, 23 Maret 2012

Asal Usul Istilah “Tebak-Tebak Buah Manggis”



Masih adakah di antara kamu sekalian yang suka main tebak-tebakan di kala iseng? MBDC sih suka. Rasanya menang banget setiap kali ada yang gak bisa jawab tebakan MBDC, lantas memasang tampang yang ‘males banget’.
Satu istilah yang pasti dikenal penyuka tebak-tebakan adalah istilah “Tebak-tebak Buah Manggis”. Mau tebak-tebakannya tentang personil Nirvana yang asli Aceh,  sesuatu yang kecil, item dan naik turun, atau apa lah, tetap aja bisa disebut “Tebak-tebak Buah Manggis”. Ah kenapa begitu, ya? MBDC pun mencoba mencari tahu asal-usul dari istilah tersebut. Lumayan, kan? Jarang-jarang nih MBDC ngasih pengetahuan kelas nobel macam begini.
Ternyata, asalnya dari permainan jaman dulu yang melibatkan buah manggis. Alkisah, di suatu masa yang belum ada facebook, twitter, serta pick-up line keren seperti: “Neng gak punya obeng, ya? Tapi nomer telpon punya, kan?”, buah manggis ini tergolong lambang pergaulan dan sarana PDKT yang cukup handal.

Lupakan iPhone. Jaman dulu, inilah yang paling keren!

Ini semua karena si buah manggis adalah buah yang sangat istimewa! Kalau buahnya dibalik dan pantatnya diekspos, ada semacam tanda yang menyerupai bintang. Tanda berbentuk bintang ini jumlah ujung-ujungnya gak sama antara buah manggis yang satu dengan buah manggis lainnya, soalnya jumlahnya tergantung sama jumlah ruas daging buah di dalamnya. Jadi kalau di dalam manggis ruas dagingnya ada 4, maka tanda bintangnya berujung 4. Kalau ruas dagingnya ada 5, tanda bintangnya berujung 5. Begitu seterusnya.

Wow. Magic! Jumlah ujung-ujung tanda bintangnya sama dengan jumlah ruas dagingnya!

Beberapa orang yang brilian di masanya pun melihat keistimewaan ini dan menjadikan buah manggis sebagai alat pergaulan! Caranya, tanda menyerupai bintang di pantat buah manggis itu dikeletekin sampai nggak kelihatan lagi, kemudian orang pun disuruh menebak jumlah ruas daging si buah manggis di dalamnya. Jadilah… Tebak-tebak Buah Manggis! Gila keren banget, kreatif. MBDC sampai kagum. Kadang ide-ide brilian memang datangnya dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita aja.

 
Sumber: http://malesbanget.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar