Minggu, 18 Maret 2012

SMCH - Tujuan Meditasi


 


Tujuan Meditasi
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiHsihu, Formosa, 19 Juni 1995
(Asal bahasa Inggris)
 
Tujuan Meditasi - Mengenali Jati Diri Anda dan Mencapai Kebahagiaan Batin
Sebenarnya, ketika kita sedang bahagia, kita sangat sulit bermeditasi. Dan ketika kita sedang sangat menderita, kita juga sangat sulit bermeditasi! Itulah mengapa kita harus selalu berusaha menemukan keseimbangan di antaranya agar kita tidak merasa terlalu ekstrem sehingga kita lupa bahwa kebahagiaan sejati ada di dalam batin. Sungguh, demikian!
Tidak masalah betapa besar kita mengasihi seseorang atau betapa besar seseorang mengasihi kita, suatu hari dia akan mengecewakan kita atau menyakiti kita. Mungkin kita salah paham, atau mungkin benar. Tetapi menyakitkan. Bahkan dengan anak-anak atau suami kita. Jika kita ingin agar mereka benar-benar mengasihi kita, maka kita harus menjadi seperti seorang budak selama 24 jam sehari untuk memenuhi semua harapan mereka. Lalu mereka akan bahagia dan mungkin akan menempel kepada kita. Walaupun begitu, itu pun belum pasti.
Adakalanya anak-anak membuat masalah bagi orangtua mereka, itu karena mereka tidak memahami orangtua mereka, atau mereka ingin agar orangtua mereka selalu bersama mereka sepanjang waktu dan memberi semua waktunya. Tetapi, adakalanya jika orangtua tidak dapat memuaskan mereka, maka mereka kemudian menjadi tidak peduli. Dan anak-anak itu pun terkadang membuat banyak penderitaan bagi orangtua mereka. Sepasang suami istri terkadang juga saling menyakiti, itu karena mereka mempunyai terlalu banyak tuntutan.
Tuntutannya terkadang tidak mudah untuk dipenuhi. Misalkan hari ini ada seseorang yang mencintai Anda, Anda kemudian berharap agar besok dia akan tetap sama atau mungkin semakin baik. Tetapi, esok harinya suatu hal terjadi pada dirinya dan membuat dia mudah marah atau murung, sehingga dia tidak ingin berbicara dengan Anda. Itu mungkin bukan kesalahan Anda, tetapi Anda kemudian berkata, “Jika kamu tidak mempedulikan saya, mengapa saya harus mempedulikanmu?” Anda berdua mengucapkan kalimat ini sehingga kalian berpisah atau setidaknya merasa kesal satu sama lain. Diperlukan waktu berhari-hari agar kalian berdamai kembali atau hal itu mungkin tidak akan pernah terjadi lagi. Adakalanya hal-hal kecil pun dapat menyebabkan perpisahan, dan ini amat menyakitkan. Jika tidak menyakitkan maka boleh saja, tetapi ini sungguh-sungguh menyakitkan.
Sebenarnya, jika kita sungguh-sungguh bersandar pada kebahagiaan batin, maka segalanya akan datang. Kita kemudian tidak akan pernah kecewa atau terus bergantung kepada siapa pun. Jika seseorang menyapa maka baik saja; jika mereka tidak menyapa, maka baik juga. Kita tidak merasa begitu terluka atau sakit di dalam batin.
Maka, semua kepedihan, kesedihan, dan kesengsaraan datangnya bukan dari luar, bukan dari orang lain; tetapi datang dari kegelapan batin kita. Kita mengharapkan terlalu banyak dari semua orang dan segala hal; dan setelah itu, kita menjadi kecewa. Jadi, satu-satunya sumber kebahagiaan ada di dalam batin. Kapan pun Anda bermeditasi, usahakanlah untuk berhubungan dengan sumber itu. Untuk diri Anda sendiri, untuk kebahagiaan, kesenangan, dan kepuasan diri Anda sendiri maka Anda harus selalu berusaha untuk berhubungan dengan pusat kegembiraan yang ada di dalam batin Anda sendiri. Itulah di mana kekuatan Guru berada. Itulah di mana setiap mukjizat di alam semesta dapat terwujud. Itulah cinta kasih, itulah di mana segala kebaikan hati dan cinta kasih berasal. Itulah di mana segala Kebajikan, Keindahan, dan Kebenaran tergeletak tidur di sana untuk Anda temukan. 
Kalau tidak, cepat atau lambat kita semua akan meninggal dan pergi ke mana, siapakah yang peduli? Setidaknya ketika kita hidup sebagai manusia, kita harus menjalani suatu kehidupan yang bermakna; kita harus bahagia dan meneruskan hidup kita dengan cara yang penuh arti, karena itu cocok dengan martabat kita sebagai manusia, sebagai “Tingkat Kesepuluh” dari segala satwa di dunia ini. Kitalah puncak ciptaan jasmani. Kita belum tahu bahwa kita berada di puncak alam semesta. Mungkin bukan yang tertinggi, tetapi setidaknya di sini, kitalah puncak ciptaan. Maka, kita harus meneruskan hidup kita sebagai manusia yang bermartabat; bukannya takut terhadap segala hal, bodoh, dan tenggelam dalam kesengsaraan, terutama ketika kita memiliki harta batin yang dapat selalu kita gunakan.
Itulah satu-satunya tujuan meditasi: agar Anda mengenal diri Anda sendiri dan memahami apa kebahagiaan sejati itu, bukan karena Guru mengatakan demikian dan Anda harus mematuhi Guru. Anda mematuhi Guru karena itu baik bagi Anda, tetapi Anda harus tahu alasannya. Anda harus tahu itu demi Anda, bukan demi Guru. Guru tidak peduli. Saya tidak peduli. Jika Anda tidak ingin bermeditasi, maka Anda tidak usah bermeditasi. Itu kehidupan Anda. Saya tidak dapat mengendalikan Anda, dan saya tidak ingin melakukannya. Jika Anda mengendalikan orang lain, maka Anda akan terikat kepadanya. Seperti polisi dengan penjahat, keduanya diborgol. Polisi harus terus mengurus tahanannya. 
Saya tidak mau berada di posisi itu. Maka, apa pun yang saya katakan kepada Anda, itu baik bagi Anda, dan bila hal itu logis maka teruskanlah. Bukan karena saya memaksa Anda atau apa pun seperti itu. Itu adalah suatu kehormatan, hak istimewa, dan nasib baik dalam kehidupan kita karena kita telah mengetahui rahasia itu. Bukan dipaksa, bukan tawar-menawar, bukan kewajiban. Yang terbaik dari segala hak istimewa, yang terbaik dari segala keberuntungan dalam ribuan atau jutaan masa kehidupan, bahwa kita telah mengetahui pintu untuk membebaskan diri kita dari segala kesengsaraan. Maka, bermeditasilah. Itu saja yang ada. [Tepuk tangan]
Adakalanya saya bekerja hingga larut malam, terkadang bisa sampai pukul 12, pukul 1, atau pukul 2 subuh; akan tetapi saya tetap bermeditasi sebelum saya tidur. Saya selalu merindukan meditasi dan terlepas dari segala kewajiban serta tugas saya. Saya tidak pernah merasa seperti saya sebaiknya tidak bermeditasi, atau meditasi itu mengerikan. Tidak pernah! Bagi saya, meditasi telah menjadi suatu kesenangan, sumber relaksasi, dan sumber energi; bahkan secara jasmani.
Itu bukan berbicara tentang menjadi seorang Buddha atau apa pun. Jika Anda tidak bermeditasi selama satu hari, maka Anda tidak akan pernah pulih dari keletihan dan segala macam tekanan mental yang negatif dari masyarakat sepanjang sehari. Maka, janganlah mengeluh kepada saya bahwa Anda letih, atau Anda begini begitu, atau meditasi Anda tidak cukup. Karena itulah harga yang harus Anda bayar. Pada mulanya Anda mungkin tidak mantap, tetapi semakin banyak Anda bermeditasi, maka Anda akan semakin merasa bahwa inilah satu-satunya metode. Sekarang sekalipun seseorang memberi Anda sejuta dolar untuk berganti Guru atau berganti metode, maka Anda pasti tidak akan bersedia. Anda tidak akan pernah. Karena Anda mengetahuinya; Anda tidak dapat berdusta. Anda tidak dapat berdusta dan mengatakan bahwa ini bukan metode untuk Anda. Sekalipun meditasi Anda kacau, tetapi Anda mengetahui bahwa itu adalah kesalahan Anda. [Guru dan hadirin tertawa] Anda sejujurnya mengetahui Kebenarannya.
Kemudian ketika Anda sedang introspeksi ke dalam: Metode Quan Yin adalah satu-satunya jalan, betul? Itu saja, titik, selesai, tanpa debat, tanpa “tetapi,” “bagaimanapun,” atau “namun.” Itu saja. Itulah perasaan yang kita miliki dalam hati kita, dan itulah yang kita ketahui, dan itulah satu-satunya hal yang pasti. Jadi, jika Anda telah mengetahuinya, maka Anda telah mengetahuinya. Saya tidak perlu mengatakan apa pun kepada Anda.    

Kebaktian Bersemi dari Hati
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiMeditasi Kelompok di London, Inggris, 10 Maret 1998 (Asal bahasa Inggris)
T: Jika kita ingin maju lebih cepat, maka meditasi yang banyak tentu akan membantu kita. Selain meditasi, hal apa lagi yang harus kita lakukan untuk maju?
G: Anda seharusnya tahu seberapa banyak yang sanggup Anda kerjakan, atau seberapa banyak yang ingin Anda lakukan. Selain itu, bukan hanya dari aspek meditasinya saja; tetapi juga dari hati dan niat Anda. Batin Anda sendiri yang harus mengatakan, “Oh! Saya benar-benar hanya menginginkan ini,” Anda merindukannya dalam batin. Itulah meditasi, bukan hanya duduknya.
T: Di dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana Anda berurusan dengan hal lain, dan bagaimana Anda menanggapinya, apakah itu juga dapat membantu?
G: Ya, ya, ya: bagaimana Anda memandang sesuatu, dan bagaimana Anda melepaskannya. Kita dapat berbicara selamanya, tetapi masing-masing jiwa mempunyai jalannya sendiri untuk datang kepada Tuhan. Lebih cepat atau lebih lambat, itu adalah pilihan mereka sendiri. Anda tidak dapat mendikte hati Anda tentang apa yang harus dikerjakannya; begitu juga saya. Anda benar-benar memilikinya atau tidak memilikinya. Suatu hari jika Anda telah lelah dan letih terhadap dunia ini serta terhadap kepalsuan dan ilusinya. Dan pada saat itulah Anda dengan sendirinya akan berjanji di dalam batin. Tidak masalah berapa lama Anda duduk, Anda sudah terikat janji. Anda bersama Tuhan sepanjang waktu di dalam hati Anda. Itulah meditasi yang sejati. Dan itu akan terasa nyaman bagi diri Anda. Anda mengetahuinya di dalam hati bahwa Anda berbakti. Sebaliknya, sebelumnya Anda terus berusaha dengan keras untuk berbakti, tetapi Anda hanyalah berusaha. Itulah bedanya!
Mengapa kita berlatih Metode Quan Yin? Adalah karena kita ingin memahami semua yang ada di alam semesta ini. Di atas cahaya fisik matahari, ada Cahaya yang lebih agung, lebih terang dan lebih indah. Di atas bahasa dunia kita, terdapat bahasa yang lebih agung dan lebih indah. Setelah kita mempelajari bahasa ini, suara ini, kita akan mengerti semua bahasa, termasuk bahasa manusia, juga bahasa-bahasa yang dipakai oleh semua makhluk hidup..
..........
Dengan berlatih Metode Quan Yin, getaran kita menjadi sangat cepat dan kita merasa lebih berenergi, seperti anak muda. Kita menjadi lebih waspada, mampu memecahkan masalah dengan mudah, cerdas seperti anak muda. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa kita kembali menjadi muda.
..........
Dengan berlatih Metode Quan Yin, kita mengubah kondisi spiritual, konsep dan kebijaksanaan kita, organ-organ serta sel-sel tubuh kita menjadi segar kembali dan bersih dari racun-racun. Jika kita tidak mempunyai waktu untuk bermeditasi, perubahan-perubahan ini tidak akan terjadi. Jika kita sibuk bekerja dengan keras untuk orang banyak atau ketika kita sangat lelah, maka perubahan-perubahan seperti ini tidak kelihatan.
Selain itu, tiap kali kita bermeditasi, semua sel tubuh kita diperbaharui; oleh karena itu, kita menyebutnya “kembali menjadi kanak-kanak”. Kita menjadi lebih muda, bukan hanya secara mental, tapi badan juga. Kita merasa lebih sehat, badan kita menjadi lebih lentur dan kulit kita lebih lembut. Dengan hilangnya semua bahan-bahan beracun, kita terlihat lebih baik dan lebih baik setiap harinya.
 
..........
Kecuali Metode Quan Yin, saya tidak menemukan metode lain yang dapat membawakan perubahan yang begitu cepat dan mengagumkan. Seperti kalian ketahui, ada banyak macam olahraga dan tonik dalam masyarakat kita, yang katanya dapat membuat orang menjadi lebih muda. Tapi, hasilnya tidaklah terlalu mengesankan; bahkan orang yang menjual tonik itu, menjadi tua juga. (Guru dan hadirin tertawa) Mereka juga tidak kelihatan cantik, bukan? (Ya)
..........
Saya beritahu kalian, ini adalah benar, ini adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada kita: Metode Quan Yin. Adakalanya kalian melupakan banyak hal, atau kalian tidak tahu bagaimana mengatasi suatu masalah atau pertanyaan, tapi kalian bermeditasi sebentar, meditasi pada cahaya, kemudian meditasi pada Suara, kemudian semua hal datang dengan sangat cepat pada kalian. Dan kalian mengetahuinya. Itulah sebabnya “Carilah dahulu Kerajaan Allah”. Meditasi! Meditasilah dulu, dan segala yang lain akan datang dengan sendirinya. Dan jika kalian tidak mendapatkannya pada saat itu, itu berarti “Oke, kalian tidak membutuhkannya.”
.......... 
 
Metode Quan Yin juga semacam seni bela diri. Dengan seni bela diri ini, kita dapat menaklukkan semua kekuatan negatif di dalam diri kita dan di luar diri kita.
..........
Guru batin kita memiliki kebijaksanaan yang besar. Dia mengetahui apa yang perlu kita gunakan dan apa yang perlu kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang mencelakai diri kita sendiri, intervensi pada urusan orang lain, dan mengacaukan hukum dunia. Ini berbeda dari kekuatan gaib yang sangat terbatas yang tersimpan dalam pikiran kita. Jika kita mengetahui kekuatan gaib tertentu, maka itu saja yang kita miliki. Jika kita mendapatkan kekuatan gaib dengan berlatih Metode Quan Yin, maka kekuatan itu sangat luar biasa (tidak terbayangkan) dan kita dapat menggunakan kekuatan yang berbeda pada situasi yang berbeda.
Tanpa kebijaksanaan agung ini, kita menjadi mudah bingung dalam latihan spiritual. Tanpa seorang guru yang baik, kita akan mudah tersesat. Dan sebagai hasilnya, kita hanya belajar bagian tertentu saja dan mengikuti bagian itu saja daripada yang menyeluruh dan sempurna. Banyak agama menekankan untuk belajar ini dan itu, dan banyak sekali teknik juga ilmu gaib, mereka tidak menekankan pada penemuan Jati Diri kita.
..........
Jika semua orang berlatih Metode Quan Yin, mereka akan menjadi sangat bahagia, puas dan terpuaskan sehingga tidak akan ada lagi perang, tidak perlu apa-apa lagi, karena masalah tersebut telah ditanggulangi dari akar.
..........
Setelah kita berlatih Metode Quan Yin, kita hanya punya satu bahasa yang umum. Itu menjadi sangat mudah bagi kita untuk berkomunikasi karena kita memiliki idealisme (cita-cita) yang sama, semangat yang sama untuk melayani dan menawarkan bantuan kepada orang lain.
..........
Hanya Metode Quan Yin yang dapat menyelamatkan orang-orang dari keinginan nafsu ini. Tidak peduli kekuatan karma apa pun. Jika kalian berlatih Metode Quan Yin, ia akan menghapus segalanya. Ia akan membuat kalian tuli dari segala godaan dan keinginan. Ia akan mengangkat kalian dari segalanya, bagaikan helikopter yang mengangkat seseorang dari lautan api atau lautan yang sangat dingin. Jadi, tidaklah menjadi masalah berapa banyak api atau air tersebut, kalian tidak dapat dicelakai. Itulah nilai dari Metode Quan Yin.
..........
Inisiasi adalah sebuah kesempatan yang terjadi satu kali dalam jutaan tahun. Jika kalian tidak tahu apa artinya, paling tidak pada saat kalian meninggal, kalian akan tahu. Pada saat itu, tidak ada seorang pun di sekeliling kalian, dan tidak ada seorang pun yang dapat menemani kalian. Tidak ada uang yang dapat digunakan untuk membeli kekuatan. Tidak ada jabatan yang dapat melindungi kalian dari api neraka. Pada saat itu, sang Gurulah satu-satunya yang akan datang pada kalian, kemudian kalian akan tahu.
..........
Setelah inisiasi, cahaya dari dalam akan memancar ke luar memperlihatkan Rumah Sejati, mengarahkan kita menuju Rumah Sejati. Dan kita akan menemukan Jati Diri kita, disertai dengan kebahagiaan yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya di dunia ini. Kita akan dilimpahi dengan semua keindahan dan kebaikan yang ingin sekali kita kembangkan, yang sebelumnya tidak bisa dicapai secara utuh. Ajaran surgawi dalam bahasa batin akan mengaktifkan kembali semua kebijaksanaan yang kita miliki, yang selama ini belum bisa kita gunakan. Kemudian, kita akan menjadi orang yang paling puas, dan tidak akan ada lagi hal yang ada di dunia ini yang dapat memberikan efek yang sama seperti itu.
..........
Setelah inisiasi, kalian memiliki bantuan dan perlindungan dari dalam dan juga melalui kontak di luar. Dari dalam maksudnya adalah saat kalian bermeditasi, kalian mungkin melihat Guru menolong kalian, atau kalian mungkin melihat cahaya, dan merasa baik, nyaman dan sangat bahagia. Kalian merasa kebijaksanaan kalian berkembang setiap harinya, dan kasih kalian berkembang tanpa batas. Itulah saatnya kalian tahu bahwa kalian telah menjalankan metode ini dengan sukses, dan sangat berguna. Jika tidak, bagaimana kalian dapat mengukurnya, jika setiap orang menyuruh kalian melakukan sesuatu, menutup mata kalian dan mempercayainya, dan tidak memberi kalian bukti apa-apa? Bukti harus diberikan kepada kalian. Bukti haruslah kalian minta. Dan kalian akan mendapatkannya pada saat inisiasi, kalian akan mendapatkannya dengan segera dan berlanjut setiap hari. Kalian akan mengalami mukjizat pada diri kalian, saat kalian dalam kesulitan, saat kalian dalam bahaya, saat kalian tidak memiliki seorang pun untuk bergantung. Itulah saat kalian mengenal Kuasa Tuhan. Itulah saatnya kalian mengetahui kalian mencintai Tuhan. Itulah saatnya kalian mengetahui Tuhan melindungi dan mencintai kalian. Jika tidak, bagaimana kalian bisa tahu? Bagaimana kita bisa tahu kalau Tuhan itu ada. Apa gunanya Tuhan jika kita tidak dapat melihat-Nya atau tidak melihat perlindungan dan bantuan-Nya ketika kita membutuhkan? Kita pasti merasakan seseorang ada di sana. Jadi, begitulah caranya kita menyembah Tuhan. Terlebih lagi sebagai seorang umat Kristen, setelah kita berlatih metode Quan Yin, kita akan mengetahui apa yang diketahui Tuhan, kita melihat, merasakan dan mengalami perlindungan, kekuatan berkah dalam setiap momen dari hidup kita.
 



Sumber : http://godsdirectcontact.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar