Rabu, 14 Maret 2012

Menang Gemilang dengan Blue Ocean strategy

Kebanyakan strategi perusahaan yang ada saat ini memang berakar dari strategi militer, yaitu berorientasi bagaimana caranya menjatuhkan musuh, memperebutkan sepetak tanah dengan luas terbatas dan berjumlah tetap. Blue Ocean strategy hadir menawarkan solusi dengan cara berfokus pada penciptaan pasar baru, penciptaan nilai baru, dan yang terpenting adalah membuat kompetisi menjadi tidak relevan.
Sebagai contoh, perusahaan yang berhasil menerapkan strategi ini adalah BCA. Ketika belum ada yang berpikir soal tabungan berhadiah, BCA meluncurkan Tahapan dengan undian berhadiahnya. Ketika hampir semua bank mengikutinya, BCA bukan malah menambah besaran hadiah, tetapi justru meluncurkan jaringan ATM yang lebih banyak untuk membuat nasabah bisa bertransaksi di luar  jam operasi bank. Lalu ketika semua bank mengikuti dengan menyebar ATM, lagi-lagi BCA maju selangkah yaitu mengembangkan Internet Banking dan payment system. Dengan strategi ini BCA sulit dikejar oleh bank-bank lain dalam consumer banking.

Contoh lain, adalah kisah keberhasilan Yamaha dengan skutik Mio-nya. Dulu sebelum motor jenis ini muncul, pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional dengan Honda sebagai penguasanya. Melalui skutik Mio, Yamaha mengintroduksi motor dengan fitur yang berbeda secara radikal dengan produk yang selama ini ada di pasaran. Ia juga segera membidik segmen pasar baru (new market segment) yakni para pelanggan perempuan (female bikers). Praktis Yamaha berenang ria dalam arena pasar baru, yang tidak ada competitor lain di dalamnya saat itu.

Dalam dunia pertelevisian, tvOne Sebagai pendatang yang relatif baru, sangat sadar bahwa diferensiasi menjadi salah satu kunci sukses dalam bersaing. Semboyan “Memang Beda” pun dipasang sebagai tagline yang memperkuat statement-nya. Ditambah lagi dengan branding “News and Sport Station” memperkuat positioningnya. Format acara dan para presenternya pun didesain untuk menyajikan berita dengan lebih fun, menghindari kesan serius pada televisi berita.
Kreativitas dan inovasi menopang blue ocean strategy. Blue ocean seiring dengan waktu akan menjadi Red Ocean, jadi kreatifitas dan inovasi harus tetap dipertahankan bagi perusahaan-perusahaan yang mengambil strategi blue ocean ini. Jadi, tantangannya adalah bagaimana mengenali kebutuhan pelanggan di masa depan. perusahaan yang akan sukses dan bertahan adalah perusahaan yang mampu mengenali kebutuhan pelanggan dimasa depan dan memenangkan persaingan di masa depan, bukan cuma saat ini saja.


Sumber : http://jpmi.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar