Sabtu, 24 Maret 2012

SMCH - Persaudaraan Antar Umat Manusia




 Persaudaraan Antar Umat Manusia
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Klagenfurt, Austria,
29 Mei 2007 (Asal bahasa Inggris)

G (Guru): Dunia ini lucu, sangat lucu, karena kita harus tergantung pada uang untuk hidup. Bukankah ini sangat buruk?
M (Murid): Uang membuat dunia berputar...
G: Saya tahu, uang membuat dunia berputar. Tetapi, dunia memang sangat lucu. Kita tidak seharusnya tergantung pada lembaran-lembaran kertas untuk hidup, tetapi kita melakukannya. Mengerikan! Begitulah cara yang digunakan di dunia ini. Di dunia lain tidaklah seperti ini. Mereka tidak berlebihan. Mereka berbagi, jadi tidak ada yang kekurangan atau berkelebihan. Setiap orang cukup mempunyai sesuatu yang mereka inginkan, dan hanya itu. Tidak ada ‘lebih’ dan ‘kurang’. Setiap orang berkecukupan. 
Jika dunia kita mempunyai cara yang sama, maka tidak ada perang dan kelaparan lagi. Mereka hanya saling bertukar (barter). Misalkan, para insinyur membuat jalan, atau para pemborong membangun rumah, dan para dokter mengobati pasiennya, sedangkan para petani mengerjakan tanahnya. Mereka bertukar jasa, hanya itu. Setiap orang mempunyai toko untuk mereka datangi dan mengambil apa yang mereka butuhkan dan mereka bagikan. Setiap orang merasa cukup dengan apa yang dibutuhkan, bukan tergantung dari apa yang mereka kerjakan, tetapi menurut apa yang mereka butuhkan.  
Di planet seperti itu tidak ada uang. Setiap orang menggunakan sumber daya yang sama dan melindungi lingkungan yang sama. Setiap orang menyadari hubungan dan ketergantungan antara satu dengan lainnya, dan memperlakukan orang lain seperti layaknya sebuah keluarga besar. Makanan dan barang-barang kebutuhan dibagikan secara berkala ke semua tempat, sampai ke setiap sudut, jadi semua orang bisa mendapatkannya. Setiap orang bekerja menurut keahliannya masing-masing. Bukan berarti mereka tidak membutuhkan makanan atau kebutuhan hidup, tidak, tidak! Hanya saja di sana tidak ada uang, Anda tidak membawa apa pun saat pergi atau membeli sesuatu ke manapun juga. Jika Anda membutuhkan sesuatu, Anda dapat pergi ke salah satu toko dan memintanya kepada pengelola toko tersebut. Kita tinggal mengatakan kita perlu ini atau perlu itu, begitu saja dan: Voila! Anda mendapatkan apa yang Anda mau dan dia mengambilkannya untuk Anda. Sama seperti pergi ke supermarket: Anda mengambil barang yang Anda inginkan, dan bertanya apabila Anda tidak menemukan barang yang Anda butuhkan, dan pengelola toko itu akan mengambilkannya. Tetapi, tidak perlu membayar. Dan orang-orang di planet yang demikian itu mempunyai mental yang lebih berkembang; mereka lebih bertanggung jawab, lebih mengasihi, lebih baik hati, lebih memahami, dan lebih tercerahkan terhadap martabat orang lain dan nilai dari semua makhluk hidup di planet mereka. Menurut saya, cara mereka lebih baik, bukankah demikian? (Peserta: Ya.)
Karena uang, kita berperang, saling berselisih, menjadi tamak, dan berebut. Lalu sedikit banyak kita lebih memuja uang daripada memuja Tuhan. Itulah masalahnya. Seharusnya kepada “Tuhan kita percaya”, bukan kepada emas kita percaya.” Saat ini, moto itu hanyalah teori, namun suatu hari nanti planet kita akan mengikuti cara itu. Bagaimanapun juga, saya sudah melihat perkembangan  ke arah itu. Saat ini negara-negara kaya membantu negara-negara yang lebih miskin, maka persaudaraan antar umat manusia sangatlah mungkin. Menurut informasi yang kami dapatkan dan siarkan di Supreme Master TV, persaudaraan antar umat manusia sangatlah mungkin terjadi dengan segera, begitu pula dengan perdamaian. Ya, tampaknya seperti itu. Saya sangat bahagia. Saya semakin merasa bergairah dari hari ke hari! Kita melihat sesuatu yang semakin dekat dengan persaudaraan, semakin dekat dengan perdamaian, kasih, dan kebaikan hati. Kita sendiri juga dapat menggunakan cara itu. Kita hidup bersama dan bekerja untuk dunia dan saling bertukar. Tetapi, karena sistem di Bumi ini bergantung pada uang, maka kita harus mengikuti cara itu pada saat ini. Mungkin kelak akan berubah secara perlahan-lahan.
Mental orang-oranglah yang harus berubah, bukan hanya caranya. Saya harap itu dapat berubah, karena orang akan lebih tercerahkan dan lebih memahami bahwa uang yang Anda simpan tidak dapat dipergunakan semuanya untuk diri Anda sendiri. Tidak seorang pun yang dapat menghabiskan uang sebanyak jutaan dollar dalam sehari. Jadi, bahkan bila seseorang mendapatkan banyak uang, orang lain juga harus ikut merasakan manfaatnya. Bahkan bila orang itu meninggal, seluruh anggota keluarga atau suku bangsanya dapat memanfaatkannya. Jadi, apa gunanya mengumpulkan karma? Bagaimanapun, itu bisa berarti karma buruk, melalui cara yang tidak etis. Sebagai contoh, banyak pekerjaan yang tidak terlalu baik, seperti membuat atau menjual senjata, menjual obat bius, menjual atau membuat alkohol. Semua ini merupakan pekerjaan yang tidak terlalu baik, tidak kondusif bagi pemilik perusahaan. Sangat buruk dan menumpuk karma sangat buruk bagi mereka.
Dan uang yang mereka peroleh, pemiliknya pun tidak akan dapat menghabiskannya untuk dirinya sendiri. Pada awalnya mungkin untuk membeli mobil yang bagus atau pesawat terbang. Tetapi, kemudian orang lain juga ikut mempergunakan uang itu, seperti kerabat, teman-teman, karyawan, atau siapa pun yang berhubungan dengannya. Jika dia menyimpan uangnya di bank, maka bank akan memberi bunga, dan mungkin akan menggunakannya untuk tujuan yang tidak terlalu baik lainnya. Jika uangnya dipergunakan untuk tujuan baik, maka pemilik uang itu akan mendapatkan keuntungan secara spiritual. Tetapi, jika tidak, maka dia akan mendapatkan masalah dengan karma buruk, dan itu tidak baik.
Maka, sewajarnya bila orang yang menciptakan pekerjaan-pekerjaan ini, seperti membuat atau menjual senjata, membuat atau menjual obat bius, para majikan dari semua sistem penjualan ini tidak mendapatkan keuntungan yang terlalu banyak. Dan mereka mendapatkan sakit kepala dengan apa yang mereka miliki. Bahkan jika mereka mendapatkan banyak uang, mereka adalah majikannya, tanggung jawabnya akan sangat berat! Bahkan untuk pekerjaan yang buruk, Anda juga harus bertanggung jawab. Dan Anda mencoba menarik orang-orang yang datang hanya untuk obat bius atau rencana yang kurang baik untuk mendapatkan uang secara cepat dan tidak jujur, tetapi semua itu tidak akan membantu Anda. Itu semua mengacaukan hidup Anda, mengacaukan jiwa Anda, mengacaukan rencana-rencana Anda. Tidak selalu baik untuk menjadi majikan dari bisnis seperti ini. Dan dia mendapatkan sakit kepala sepanjang hari! Dia mendapatkan banyak masalah, banyak pekerjaan, bahkan jika dia mempunyai banyak uang, dia tidak dapat menikmatinya. Saat seseorang mempunyai tanggung jawab yang begitu besar dan sakit kepala yang sangat berat seperti itu, bagaimana dia dapat menikmati semuanya? Dia bahkan tidak dapat makan dengan enak. Dia bahkan tidak dapat menikmati kemewahan yang dimilikinya, terlepas dari saat-saat dia sedang memamerkan semuanya kepada teman-teman atau kerabat atau siapa pun yang datang. Tapi, itu waktu yang sangat pendek dibandingkan dengan sakit kepala yang harus dirasakannya. Mempunyai bisnis bagus pun dapat membuat Anda sakit kepala, apalagi bisnis buruk! Anda akan lebih pusing lagi.

Melihat Melampaui Pengaruh dari Dunia Ini
Jadi, memperoleh uang dari pekerjaan yang tidak terlalu baik, seperti pekerjaan yang melibatkan pembunuhan atau merusak otak, kesehatan mental, kesehatan emosional atau kesehatan fisik manusia, sangatlah berbahaya bagi pemilik pekerjaan itu, bukan hanya membicarakan mengenai orang yang membeli produknya. Maka, pemiliknyalah yang paling buruk. Sebagai contoh, jika Anda membuat senjata dan Andalah pemilik pabriknya, maka karma buruk akan menanti Anda. Jika Anda memiliki perusahaan yang memproduksi obat bius, maka karma terburuk akan menanti Anda. Bagi pemilik, majikan, atau otak di balik semuanya, maka karma terburuk telah menantinya di suatu tempat – bukan Surga! Anda tahu di mana itu! Sangat buruk bagi orang itu. Dia harus memikul penderitaan yang sangat dalam setelah hidup ini atau bahkan dalam hidup ini.     
Tetapi, kadang kala kita tidak mengetahuinya. Maksud saya sakit kepala, sakit hati, atau masalah dan tekanan-tekanan yang dihadapi sudah merupakan neraka dalam hidupnya.
Namun, tubuh fisik adalah halangan terbesar bagi semua makhluk. Manusia tidak dapat melihat apa pun melampaui jangkauan mata fisik mereka. Mereka hanya dapat melihat sejauh beberapa meter saja. Mereka tidak dapat melihat Surga, tidak dapat melihat neraka. Jadi, terkadang saya merasa kasihan kepada manusia yang terjatuh dalam perangkap semacam ini dan tidak tahu adanya konsekuensi besar yang telah menanti mereka.

Bangunlah maka Bumi akan Terasa Seperti Surga
Tetapi, saya pikir dunia akan bangun. Suatu hari semua orang akan bangun dan semuanya akan menjadi lebih baik. Saya berdoa agar orang-orang bodoh yang tidak tahu akibatnya, tidak tahu neraka dan surga, juga akan bangun dan melihat pemandangan akan dampak mengerikan dari apa yang mereka kerjakan. Atau, jika mereka mengerjakan pekerjaan baik, mereka akan melihat dampak baiknya. Jika Anda melakukan pekerjaan yang baik, Anda tentunya akan melihat dampak baiknya. Anda akan merasakannya. Setidaknya jika Anda tidak dapat melihat secara langsung, Anda dapat merasakan bahwa itu baik. Jadi, hanya hal baik yang membuat Anda merasa baik. Hal buruk tentu akan membuat Anda merasa buruk. Tetapi, beberapa hal buruk dan baik sangatlah sulit dibedakan. Kita tidak merasakan dengan kuat akibatnya. Atau, beberapa orang yang sangat tidak peka, sangat sibuk dan sangat giat dalam pekerjaan mereka, cara berpikir, cara hidup dan kebiasaan, mereka hanya mengabaikan peringatan suara hati atau intuisi atau panggilan moral dari alam bawah sadar mereka. Mereka benar-benar mengabaikannya. Mungkin mereka tahu dan hanya tidak ingin mendengarkannya. Mereka tidak mau tahu karena mereka hanya mementingkan keuntungan seketika dan kenikmatan sesaat dari menumpuk kekayaan.  
Tetapi, bahkan di dunia ini, jika Anda menonton TV, Anda akan melihat dampak dari pekerjaan mereka. Beberapa orang hanya mengabaikannya. Saya tidak tahu bagaimana seseorang dapat hidup dengan mengetahui bahwa apa yang dilakukannya akan mengambil hidup orang lain, bahkan hidup para wanita dan anak-anak yang tidak bersalah. Saya tidak tahu bagaimana mereka dapat hidup dengan itu. Saya tidak tahu bagaimana seseorang dapat tidur jika mereka menjual barang-barang berbahaya atau senjata mematikan yang dapat mengambil hidup orang lain, dan mereka mengambil keuntungan dari situ. Saya tidak tahu bagaimana seseorang dapat menerimanya, di dalam lubuk hati yang paling dalam, bagaimana dia dapat menerimanya sebagai jalan pembenaran untuk mendapatkan penghasilan. Apakah Anda dapat menerimanya? Tidak! Tetapi sebagian orang dapat!
M:  Itu adalah mereka yang mempunyai kesadaran yang sangat rendah.
G: Ya, kesadaran yang sangat rendah, mungkin itu. Atau mungkin mereka telah terlatih dan jatuh dalam situasi seperti ini. Latar belakang mereka mungkin telah melatih mereka sejak kecil untuk melakukan ini. Begitulah terjadinya. Sayang kita tidak mempunyai banyak uang untuk menyampaikan kabar gembira kepada semua orang.  Namun, kami berharap bahwa apa yang kami sampaikan akan tersebar di udara, di lapisan bawah sadar kepada semua orang, tanpa bahasa, dan akan membangunkan semua orang, dan suatu hari dunia akan terasa seperti Surga.
 
Menggantikan Uang dengan Berbagi
Mungkin suatu hari kita dapat menghapuskan sistem uang. Setiap orang akan membagikan apa yang dimilikinya. Seluruh isi planet akan berbagi bersama, karena planet ini bukan hanya untuk Anda, untuk saya, atau untuk dia. Planet ini untuk semua orang. Tidak ada tulisan di manapun yang mengatakan bahwa planet ini diperuntukkan hanya bagi orang kaya atau orang Amerika atau orang Eropa. Tidak tertulis di manapun! Maka, kita harus berbagi segalanya seperti teknologi, penemuan-penemuan, makanan, pengetahuan, dan kebijaksanaan kepada setiap orang.       
Itulah yang sedang kita lakukan, tetapi hanya dalam skala kecil, karena kita adalah kelompok kecil. Kita bukanlah seperti sebuah kerajaan besar, sebuah ….. ataupun semacamnya. Kita hanya mencari uang dengan jujur, dan apa pun yang dapat kita sisihkan, kita bagikan kepada orang lain. Yang penting adalah kita membagikan pesan kasih dan perdamaian. Sekarang, ada sebuah cara yaitu melalui media, dan itu lebih baik. Saya ingin dan sangat senang dapat menyebarkan kasih dan pesan surgawi di atas Bumi, sehingga setiap orang dapat mempunyai hidup yang lebih baik. Mari kita lihat: jika setiap hari saya membiayai makan untuk anak-anak kelaparan di Afrika, maka untuk berapa kehidupankah saya dapat melakukan itu? Setelah saya meninggal, saya tidak dapat membantu anak-anak generasi berikutnya. Tetapi, kebangkitan kesadaran akan membuat mereka semakin pandai dan lainnya, membuat mereka lebih bijaksana dan lebih mengasihi. Setelah itu, mereka dapat saling menolong dan mandiri, karena mereka lebih bijaksana dan pandai. Dan dengan pertolongan tubuh sehat yang lain, mereka dapat bertahan. Oleh karena itu, saya membantu secara tidak langsung. Tentu saja saya juga membantu secara langsung, apa pun yang dapat kita bantu, semuanya kita lakukan, untuk kita semua. Tetapi, maksud saya adalah kebangkitan kesadaran yang lebih tinggi merupakan anugerah terindah bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu, mereka dapat bangun dan menjadi lebih mampu bagi diri mereka sendiri, menolong diri sendiri dalam segala hal, bukan hanya dalam hal fisik. Karena bila Anda cerdas dan tenang, Anda dapat berpikir! Anda dapat berpikir dengan cepat. Anda dapat berpikir “Saya akan melakukan pekerjaan ini dan itu untuk membantu diri saya dan keluarga saya. Saya akan mencari uang hingga cukup untuk menopang mereka.” Jadi, itulah pertolongan terbaik yang dapat kita tawarkan.  
Bagaimanapun, saya berharap agar suatu hari nanti kita dapat menghilangkan semua batasan. Mungkin kita mempunyai pemerintah, tetapi kelak hanya berfungsi untuk melayani manusia tanpa batasan apa pun, mungkin bahkan tidak ada uang, hanya berbagi dan mengambil apa yang kita butuhkan. Namun, agar tahap itu bisa tercapai, manusia harus bangun, harus tahu apa yang mereka butuhkan, bukan apa yang mereka inginkan. Apa yang kita inginkan terlalu banyak, akan tetapi apa yang kita butuhkan sangatlah sedikit, bahkan kurang dari itu. Itulah mengapa saya menyarankan Anda untuk hidup sederhana, jadi Anda tidak perlu tergantung pada banyak hal.

Peran Media dalam Pengangkatan Global  
M: Kadang kala pekerjaan kita tidak memberikan kebebasan atau membuat kita tahu tentang apa yang terjadi dan apa yang kita hasilkan. (G: Saya tahu.) Dan jika seseorang membayar ……., dia terkadang memanfaatkan penghasilan kita untuk tujuannya, atau orang lain yang tidak kita kenal. 
G: Itu benar.
M: Jadi, akan selalu ada keraguan bahwa kita menjual pikiran dan jiwa kita untuk uang. Bagaimana kita dapat mencari keseimbangan? Sepertinya memang tidak mungkin untuk menghindari hal itu; saya tidak terlalu idealis. Tetapi, bagaimana kita dapat menyeimbangkannya dan mencari jalan yang benar?
G: Saya juga tidak tahu. Yang jelas, seluruh planet harus bangun. Seluruh planet, semua penduduknya harus bangun dan bangkit menuju ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Jadi, jika Anda mempunyai maksud baik, maka mereka tidak akan mempergunakannya untuk tujuan yang buruk. Bukan salah Anda jika mereka mempergunakannya untuk tujuan yang buruk, Anda tidak harus merasa bertanggung jawab untuk itu. Tetapi, seluruh penduduk planet harus bangun menuju ke tingkat yang lebih tinggi, pemikiran yang lebih tinggi, dan standar moral yang lebih baik. Maka, segalanya akan menjadi baik. Namun, untuk menyeimbangkan itu, tidak banyak yang dapat Anda lakukan, kecuali Anda menyisihkan uang Anda untuk amal. Tetapi, tidak banyak yang dapat Anda lakukan jika mereka menyalahgunakan maksud baik Anda untuk tujuan yang tidak baik. Itulah masalahnya. 
Itulah asal dari lahirnya Penghargaan Nobel Perdamaian. Dia merasa kecewa karena maksudnya telah disalahgunakan untuk tujuan-tujuan yang merusak. Jadi, dia mengubahnya dan uangnya kini digunakan untuk tujuan damai. Walaupun begitu, kita lebih senang jika hal-hal seperti itu tidak usah terjadi dan kita tidak harus menyeimbangkan pengeluaran dari penghasilan kita. Namun, kita harus berusaha untuk mengangkat kesadaran seluruh umat manusia. Dan itulah yang sedang kita lakukan, kita harus melakukannya bersama-sama.
Inilah tujuan dari televisi; yang juga menjadi salah satu alat yang mungkin lebih mampu menyebarluaskan hal yang baik dan menjadi alat yang efektif. Tetapi, kita masih melakukannya dengan cara-cara yang sederhana: Setiap orang menyebarkan berita, selebaran, mengundang orang untuk makan makanan vegetarian, mengikuti pameran, membagikan buku contoh, dan mengadakan seminar. Semua yang kita lakukan adalah untuk tujuan tersebut, jadi Anda tidak harus menyeimbangkan pengeluaran dari penghasilan Anda lagi.

Kasihilah Musuhmu
Dsampaikan oleh Maha Guru Ching Hai
Tanya : Haruskah kita mengasihi musuh-musuh kita?
Guru : Ya, apa lagi yang dapat Anda lakukan terhadap mereka? (Gelak tawa) Itu adalah pertanyaan praktis. Jika Anda membunuh dia, istrinya mungkin akan membunuh Anda, atau putrinya atau putranya. Akan begitu selamanya. Jadi, kita sebaiknya mengasihi musuh kita. Itu adalah cara terbaik untuk membunuhnya! (Gelak tawa) Jika Anda mengasihi musuh Anda, dia akan menjadi teman Anda. Maka, permusuhan akan lenyap selamanya. Dan Anda memiliki banyak teman: dari keluarganya: istrinya, anak-anaknya, sanak keluarganya dan teman-temannya juga. Berteman dengan satu orang dan Anda mendapatkan banyak teman. Bermusuhan dengan satu orang dan Anda akan mendapat banyak musuh. Jadi, kita 'rugi' jika kita membenci musuh kita.



Sumber : http://godsdirectcontact.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar