Minggu, 18 Maret 2012

SMCH - Referensi Kitab Suci


 



 Referensi Kitab Suci
 
Menurut Kitab Suci Agama Kristen, Allah adalah "Firman". Pada mulanya adalah Firman dan Firman itu ada bersama Allah dan Firman itu adalah Allah. Itulah yang kita istilahkan sebagai "Suara Batin", Getaran, Tao, Hakikat Kebuddhaan dalam istilah agama Buddha, atau Aliran Suara dalam istilah agama Hindu. Saat kita berhubungan kembali dengan apa yang kita istilahkan sebagai "Firman" atau "Suara/Getaran Batin" itu, berarti kita berhubungan kembali dengan Tuhan karena "Firman" atau "Suara/Getaran Batin" itu adalah Tuhan. Tuhan bukanlah suatu sosok dengan janggut yang panjang atau tongkat yang panjang, berdiri di sana dan memberitahu Anda apa yang perlu Anda lakukan. Tuhan adalah suatu daya kuasa, aliran kasih yang mana dapat kita gunakan untuk membentuk hidup kita dan untuk membuat sesuatu menjadi hidup dengan menggunakan inti dari daya cipta ini.
Sinar dan Suara Batin
Suara atau Getaran Ilahi ini disinggung dalam semua agama. Kita menyebutnya sebagai Suara, yang lainnya menyebutnya sebagai Musik Ilahi, Logos, Tao, dsb. Getaran/Suara ini bergetar dalam semua kehidupan dan menyangga seluruh Alam Semesta. Irama Batin ini dapat menyembuhkan semua luka, memenuhi semua keinginan, dan menghilangkan semua kedahagaan duniawi. Suara ini sangat penuh Kuasa dan penuh Kasih.
Hindu: Ram Nam (Nama Yuhan), Ram Dhun (Musik Rohani Tuhan), Nirmal Nad (Suara Murni), Divya Dhun (Suara Ilahi)
Islam: Kalma (Suara Rohani), Ismi-Azam (Nama Mahaagung), Bang-i-Asmani (Suara dari Langit), Kalma-i-Ilahi (Suara Tuhan) atau Sultan-ul-Azkar (Raja Segala Metode)
Kristen: Firman, Sabda, Logos
Buddha: Suara Batin
Suara itu telah menciptakan seluruh alam semesta dan melahirkan semua cahaya. (Shamas-i-Tabriz)
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi Firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya. (Yesaya 40:8)
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti Aku. (Yoh 10:27)
“Suatu suara bergetar dalam seluruh ciptaan. Bila engkau membuka telinga rohanimu maka engkau akan mendengar Suara (Firman) yang tak terputus, yang akan membawamu melintasi semua keterbatasan pikiran dan benda. Setiap saat kekasihku berbicara denganmu, namun sayang! Engkau tidak mendengar Suara-Nya (Shah Niaz)
Jika engkau bangkit dari keenam daerah bawah, dan mencapai alam yang ketujuh, Engkau akan mendengar lima irama yang berlainan. (Maulana Rum)
Setiap hari kelima irama itu berkumandang dari pintu Sang Mahatinggi. (Shamas-i-Tabriz)
...dan suara yang dahulu telah kudengar, berkata kepadaku seperti suara sangkakala, ... (Wahyu 4:1)
Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu ... (Wahyu 4:5)
Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat ... (Wahyu 14:2)
Lalu malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api. (Keluaran 3:2)
Dan terjadilah pada hari ketiga, pada waktu terbit fajar, ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung dan bunyi sangkakala yang sangat keras. Gunung Sinai ditutupi seluruhnya dengan asap, karena Tuhan turun ke atasnya dalam api; asapnya membumbung seperti asap dari dapur, dan seluruh gunung itu gemetar sangat. (Keluaran 19:16,18)
Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi; demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh. (Yoh 3:8)
Guru Sejati
Barang siapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang mengutus Aku (Yohanes 12:45)
Akulah terang dunia; barang siapa mengikuti Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai Terang Hidup (Yohanes 8:12)
Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia (Yohanes 9:5)
Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita, ... (Yohanes 1:14)
Aku dan Bapa adalah satu (Yohanes 10:30)
 ...bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa (Yohanes 10:38)
Sinar Ilahi mewujudkan diri di dalam para Suci, Dari merekalah engkau dapat mengetahui cara untuk melihatnya (Maulana Rum)
Tuhan yang Agung itu telah menempatkan kita di luar, dan mengunci diri-Nya rapat-rapat; kemudian dengan menyamar sebagai manusia, Ia datang untuk membukakan pintunya. (Shamas-i-Tabriz)
Di rumah Bapaku banyak tempat tinggal...(Yohanes 14:2)
Sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. (Yohanes 14:12)
Meditasi
Tetapi, dalam pertemuan jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata (I Korintus 14:19)
Sekalipun melihat, mereka tidak melihat; dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar. (Matius 13:13)
Saudara-saudara, tiap-tiap hari aku berhadapan dengan maut. Demi kebanggaanku akan kamu dalam Kristus Yesus, Tuhan kita, ku katakan, bahwa ini benar. (I Korintus 15:31)
Sesungguhnya kamu mengharapkan mati sebelum menghadapinya (Surat Ali ‘Imran ayat 143)
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup (Yohanes 5:25)
Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya. (Yohanes 5:28)
Bait Allah
Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup (II Korintus 6:16)
...Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita ... (Kejadian 1:26)
...Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di dalam kamu (Lukas 17:21)
Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu (I Korintus 3:16) ... Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu adalah kamu (I Korintus 3:17)
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait roh Kudus yang diam di dalam kamu, ... (I Korintus 6:19)
..Sungguh Allah ada di tengah-tengah kamu (within you) (I Korintus 14:25)
Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia (Kisah Para Rasul 17:24)
Kita inilah Rumah Allah yang hidup. (II Korintus 6:16)
Engkau adalah sesuatu, yang di samping mempunyai tubuh fisik, juga mempunyai tubuh yang lain, yaitu tubuh astral. Oleh karena itu janganlah takut untuk meninggalkan kerangkamu yang fana itu. (Maulana Rum)
Inisiasi
Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika orang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. (Yohanes 3:3-5)
Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu (Matius 6:33)
Mata Kebijaksanaan
Jika matamu tunggal, teranglah seluruh tubuhmu (Mat 6:22)
Vegetarian
Islam
Tidak ada seekor hewan melata pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, MELAINKAN UMAT-UMAT (JUGA) SEPERTI KAMU. ~ Nabi Muhammad, Alquran, Al-An`am 6:38 
Siapa yang BERSIKAP BAIK TERHADAP SEMUA MAKHLUK TUHAN maka bersikap baik terhadap dirinya. ~ Muhammad Amin,Ensiklopedia Islam, artikel Hewan 
PERLAKUKAN ORANG LAIN SEBAGAIMANA KAMU INGIN DIPERLAKUKAN. Apa yang kamu tidak suka untuk dirimu, jangan salurkan kepada orang lain. ~ Abdullah Ansari, naskah Islam Sufi 
Tidakkah kamu melihat bagaimana segala yang di langit dan di bumi menyanjung Allah, dan burung-burung mengembangkan sayap-sayapmereka? Masing-masing mengetahui solatnya, dan sanjungannya, dan ALLAH MENGETAHUI APA YANG MEREKA BUAT. ~ Alquran Surah 24:41 
SATU PERBUATAN BAIK YANG DILAKUKAN KEPADA SEEKOR HEWAN SAMA PAHALANYA BILA DILAKUKAN KEPADA MANUSIA, sementara tindak kekejaman kepada seekor hewan sama buruknya bila dilakukan kepada seorang manusia. ~ Nabi Muhammad, Hadis 
SEMUA MAKHLUK ADALAH SEPERTI SEBUAH KELUARGA TUHAN: dan Ia paling menyayangi mereka yang paling dermawan kepada keluarga-Nya. ~ Nabi Muhammad, Hadis 
ALLAH TIDAK AKAN MENGASIHANI SIAPA PUN, KECUALI KEPADA MEREKA YANG MENGASIHANI MAKHLUK LAIN. Di mana ada sayur yang melimpah-limpah, sekumpulan besar malaikat akan turun ke tempat tsb.” ~ Nabi Muhammad, Hadis 
Ia yang MENARUH KASIHAN KEPADA SEEKOR BURUNG PIPIT DAN MENYELAMATKAN NYAWANYA, maka Allah akan mengampuninya pada Hari Kiamat. ~ Nabi Muhammad, Hadis 
DAGINGNYA TIDAK AKAN SAMPAI KEPADA ALLAH, DAN TIDAK JUGA DARAHNYA, TETAPI KETAKWAANMU yang akan sampai kepada-Nya. Begitulah Dia menundukkan mereka untukmu supaya kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang telah Dia berikan kepadamu. Dan kamu berilah berita gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. ~ Alquran Surah 22:37 
Pada suatu ketika RASUL ALLAH BERKATA KEPADA KEPONAKANNYA, ‘ALI, OH ALI, KAMU SEMESTINYA TIDAK MEMAKAN DAGING. Jika kamu memakan daging selama 40 hari, maka kualitas itu akan masuk ke dalam dirimu. Tindakan-tindakan itu akan masuk ke dalam dirimu. Darah mereka akan masuk ke dalam dirimu. Kualitas-kualitas mereka dan tindakan-tindakan mereka akan masuk ke dalam dirimu. Karena itu, kualitas kemanusiaanmu akan berubah, kualitas welas asihmu akan berubah, dan intisari tubuhmu akan berubah. Oh ‘Ali, tidak seharusnya kamu makan daging. Kamu harus hilangkan itu. Jangan makan itu. ~ Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen, Orang suci Islam Sufi. 
Kristianitas
Perlakukan orang lain seperti kalian ingin diperlakukan oleh mereka. ~Lukas 6:31, Alkitab 
Biarkan hukum kebaikan tunjukkan ketidakterbatasan TUNJUKKAN TENGGANG RASA YANG PENUH KASIH KEPADA SEMUA CIPTAAN TUHAN. ~ Perkumpulan Agama Sahabat (Kaum Quaker) Nasihat-Nasihat Umum  
Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. ~ Matius 5:7, Alkitab 
Adalah bertentangan dengan harkat manusia jika membuat satwa menderita dan mati. ~Katekismus Gereja Katolik, 2418 
Celakalah kamu, gembala-gembala yang hanya memikirkan kepentinganmu sendiri, bukannya kepentingan domba-dombamu. ~ Yeheskiel 34:2-4 Alkitab 
Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging~ Amsal 23:20 Alkitab 
Makanan adalah untuk perut, dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh. ~ 1 Korintus 6:13 Alkitab 
Untuk apa itu korbanmu yang banyak-banyak?” Firman Tuhan; “Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu gemukan; DARAH LEMBU JANTAN, DOMBA-DOMBA DAN KAMBING JANTAN TIDAK KUSUKAI... Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah. Jauhkanlah perbuatan-perbuatan jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat. ~ Yesaya 1:11, 15-16, Alkitab 
Sesungguhnya Kuberitahukan kepadamu, ia yang membunuh, membunuh dirinya sendiri, dan ia yang makan daging dari para hewan, memakan tubuh dari yang mati. Maka, pada darahnya, setiap tetes darah mereka akan berubah menjadi racun; dalam napasnya, napas mereka menjadi bau; dalam dagingnya, daging mereka membusuk; dalam tulangnya, tulang mereka merapuh; dalam isi perutnya, isi perut mereka membusuk, dalam matanya mata mereka membesar, dalam telinganya , telinga mereka akan mendengar isu buruk. Dan kematian mereka akan menjadi kematiannya~ Kitab Perdamaian Essene Buku Pertama 
JANGAN MEMBUNUH, ATAUPUN MEMAKAN DAGING DARI MANGSA YANG TIDAK BERDOSA, menjadikanmu sebagai budak setan. Karena semua itu adalah jalur penderitaan dan itu akan menuntunmu pada kematian. Tetapi, lakukan kehendak Tuhan maka malaikat-malaikat-Nya akan melayanimu dalam hidup. ~ Kitab Perdamaian Essene Buku Pertama 
Berfirmanlah Allah: ‘Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan, yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananamu. Tetapi, kepada segala hewan di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, dan bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.’ Dan jadilah demikian. ~ Kejadian 1:29-30 Alkitab 
Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, jangan kamu makan. ~ Kejadian 9:4 Alkitab 
Jangan membunuh. ~ Keluaran 20:13 Alkitab 
Lebih baik sepiring sayur dengan kasih daripada lembu tambun dengan kebencian. ~ Amsal: 15:17, Alkitab 
Yesus berkata, “Yang Aku kehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan.” ~ Matius 9:13 & 12:7, Alkitab 
Rasul Paulus: Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu ~ Roma 14:21, Alkitab
Setiap orang dari bangsa Israel dan dari orang asing yang tinggal di tengah-tengah mereka, yang makan darah apa pun juga, Aku sendiri akan menentang dia dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya. Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya (Imamat 17:10)
Janganlah kamu memakan sesuatu yang darahnya masih ada ... (Imamat 19:26)
Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya. (Daniel 1:8) Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air minum, sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, ...(Danies 1:12-13) Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk daripada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja (Daniel 1:15)
Baiknya engkau jangan makan daging atau minum anggur atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu (/red daging hewan) (Roma 14:21) Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku (/red para hewan), aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku (I Korintus 8:13) 
Buddhisme
Suatu keadaan yang tidak menyenangkan, bagaimana aku dapat melakukan yang sama terhadap orang lain? ~ Samyutta Nikaya v. 353 
Semua gentar terhadap aniaya; semua takut terhadap kematian. Menempatkan diri kita di posisi orang lain, kita tidak seharusnya membunuh atau membuat orang lain membunuh~ Sang Buddha, Dhammapada 
Seseorang itu agung bukan karena ia mengalahkan atau menyakiti makhluk hidup lainnya. Seseorang itu agung karena ia MENAHAN DIRI DARI MENGALAHKAN ATAU MENYAKITI MAKHLUK HIDUP LAINNYA. ~ Sang Buddha, Dhammapada 
Jangan sakiti orang sebagaimana itu akan menyakitimu. ~ Sutra Buddhis Udanavarga 5,18 
Saat pembukaan sarang semut, pastikan orang-orang yang dapat dipercaya menaruh makanan dan air, gula dan gundukan padi-padian. ~ Nagarjuna, Karangan Bunga Berharga, 249 – 50 
Semua Buddha dan Bodhisatwa pada dasarnya berlatih prinsip belas kasih agung. Penderitaan makhluk hidup melahirkan belas kasih agung mereka. Dari belas kasih agung ini muncullah kebijaksanaan agung, dan dengan kebijaksanaan agung ini, mereka mencapai pencerahan tertinggi. ~ Buddha Shakyamuni,Sutra Avatamsaka 
Orang yang makan daging akan terjatuh ke jalan yang mengerikan dari transmigrasi dan menderita kesakitan yang tiada batasnya. Orang yang makan daging tidak akan pernah sukses dalam mendapatkan berkah apa pun atau jasa yang mereka doakan. Pemakan daging menyebabkan makhluk surgawi menghindari mereka dan makhluk hidup lainnya takut terhadap mereka.” ~ Buddha Shakyamuni, Sutra Surangama 
Kasyapa bertanya kepada Sang Buddha: “Mengapa sebelumnya Guru mengizinkan para biksu untuk makan ‘tiga daging murni’ atau bahkan‘sembilan daging murni’?” Sang Buddha berkata, “Adalah suatu kebiasaan untuk mengikuti kebutuhan dari suatu kesempatan, dan sebagai langkah berangsur-angsur dalam pemisahan sesungguhnya dari makan daging.” ~ Buddha Shakyamuni, Sutra Nirwana 
Semua orang suci tidak suka makan darah atau daging... para makhluk Surgawi tidak pernah mendekati orang yang makan daging karena mulut mereka selalu memiliki bau busuk...Daging adalah tidak bagus, daging adalah tidak bersih; pemakan daging menimbulkan setan dan menghancurkan pahala dan berkah. Para suci mencela makan daging! ~ Buddha Shakyamuni, Sutra Lankavatara 
Aku melarang semua jenis daging, tanpa menghiraukan apakah hewannya mati secara alami atau dibunuh. Aku tidak pernah mengizinkan muridku untuk makan daging dan aku tidak akan izinkan saat ini atau saat mendatang.” ~ Buddha Shakyamuni,Sutra Lankavatara 
Semua makhluk hidup datang dari sumber yang sama. Melalui banyak reinkarnasi, semua makhluk hidup telah menjadi saudara satu sama lainnya. Bagaimana bisa kita makan daging dari saudara kita?” ~ Buddha Shakyamuni, Sutra Lankavatara 
Orang yang makan daging merusak bibit maha welas asih dari Sifat Kebuddhaan mereka, dan makhluk hidup mana pun yang melihat mereka akan meninggalkan mereka. Oleh karena itu, semua Bodhisatwa (praktisi rohani) harus menghindari makan daging dari makhluk hidup manapun karena akan mendatangkan dosa yang tiada batasnya. ~ Buddha Shakyamuni, Sutra Brahmajala 
Hinduisme
Mereka yang meninggalkan pembunuhan terhadap semua; mereka yang jadi penolong bagi semua; yang jadi tempat berlindung bagi semua; mereka berada di jalan menuju Surga. ~ Hitopadesa (Naskah Hindu) 
Ahimsa (tanpa kekerasan) adalah Dharma tertinggi. Ahimsa adalah Tapa terbaik. Ahimsa adalah hadiah teragung. Ahimsa adalah pengendalian diri tertinggi. Ahimsa adalah pengorbanan tertinggi. Ahimsa adalah kekuatan tertinggi. Ahimsa adalah teman tertinggi. Ahimsa adalah Kebenaran tertinggi. AHIMSA ADALAH AJARAN TERTINGGI. ~ Mahabharata Santiparwa, 262.47 
Gaya hidup yang didasari pada SIKAP YANG SAMA SEKALI TIDAK MENYAKITI SEMUA MAKHLUK adalah moralitas tertinggi. ~ Mahabharata Santiparwa, 262.5-6 
Apakah jalan yang baik? Itulah jalan yang merefleksikan pada bagaimana MENGHINDARI PEMBUNUHAN MAKHLUK APA PUN. ~Tirukural, Ayat 324 
LINDUNGI KEDUA SPESIES KITA, YANG BERKAKI DUA & YANG BERKAKI EMPAT. Sediakan makanan dan air untuk kebutuhan mereka. Semoga mereka bersama kita meningkat dalam pencapaian dan kekuatan. Selamatkan kami dari kesakitan semua hari-hari kami, O Yang Mahakuasa! ~ Rig Weda Samhita10.37.11 
Semoga semua makhluk memandang pada diriku dengan mata bersahabat. Semoga begitulah aku, dan SEMOGA KITA SEMUA SALING MEMANDANG DENGAN PANDANGAN SEORANG SAHABAT. ~ Yajur Weda 36.18 
Konfusianisme & Taoisme
BERMANFAAT BAGI MAKHLUK-MAKHLUK HIDUP DAN UMAT MANUSIA. Mengusahakan kebaikan dan kebahagiaan. ~ Yin-chih-wen(Risalah Penganut Konfusianisme-Taoisme) 
Apa yang tidak ingin diperbuat pada dirimu, jangan perbuat pada orang lain. ~Konfusius, Analek Konfusius, Lunyu 12.2 
Hormati yang tua dan kasihi yang muda. BAHKAN SERANGGA, RUMPUT DAN POHON, JANGAN KAMU SAKITI. ~ Berhubungan dengan Ko Hung, risalah Konfusianisme-Taoisme Tai Shang Kan Ping Pian 
Mereka yang ingin mengetahui Kebenaran tentang alam semesta HARUS BERLATIH MENGHORMAT I SEMUA KEHIDUPAN. Ini menjelma sebagai cinta yang tanpa pamrih dan menghormati diri sendiri serta semua makhluk lain. ~ Hua Hu Ching 51 
Belilah hewan yang dikurung dan berikan mereka kebebasan. ~ ajaran Taoisme Risalah Jalan Hening 
Sikhisme
Agama tertinggi adalah untuk menumbuhkan persaudaraan universal; dan untuk MEMANDANG BAHWA SEMUA MAKHLUK SEDERAJAT.~ Guru Nanak Dev, Jap Ji XXVIII 
Kamu berkata bahwa TUHAN YANG ESA ADA DALAM SEMUA, jadi mengapa kamu membunuh ayam-ayam?~ Guru Granth Sahib, 1350 
Kabir berkata, MEMAKAI KEKERASAN ADALAH KELALIMAN SEKALIPUN KAMU MENYEBUTNYA PENGORBANAN AGAMA. Jika saatnya engkau dipanggil ke Kerajaan Tuhan, bagaimana kondisimu jadinya? ~ Guru Granth Sahib, 1374 
Manusia yang mengkonsumsi mariyuana, daging, dan anggur -  puasa, dan ritual yang mereka jalani, mereka semua akan masuk neraka. ~ Guru Granth Sahib, 1377 
Kamu membunuh makhluk hidup dan menyembah benda mati, di saat terakhirmu, kamu akan mengalami penderitaan mengerikan. ~ Guru Granth Sahib, 332 
Bhagat Kabir berkata, bahwa MAKANAN TERBAIK ADALAH MAKAN KICHREE (SAYURAN) dengan nektar manisnya adalah garam. Kamu makan daging buruan, tapi hewan mana yang ingin kepalanya dipenggal? ~ Guru Granth Sahib, 1374 
Dusta pisau belatiku dan MAKAN DENGAN MENIPU ADALAH DAGING. ~ Guru Granth Sahib, 24 
Tamaknya anjing, dusta si penyapu dan TIPU SI PEMAKAN DAGING. ~ Guru Granth Sahib, 15 
Orang dunia makan bangkai, hidup tanpa peduli dan serakah. Seperti jin, atau hewan liar, mereka membunuh dan makan daging bangkai yang terlarang. Kendalikan keinginanmu, atau kau akan ditangkap oleh Tuhan, dan dilempar ke neraka. ~ Guru Granth Sahib, 723 
Kamu membunuh makhluk hidup dan menyebutnya perbuatan yang benar. Katakan padaku, saudara, apa yang kau sebut sebagai tindakan yang tidak benar? Kamu sebut dirimu orang bijak paling baik; lalu siapa yang kau sebut sebagai tukang jagal? ~ Guru Granth Sahib, 1103 
Tuhan telah memberikan kepadaku satu pengertian ini: SEMUA MAKHLUK, SEMUA YANG HIDUP KEPUNYAAN SANG PENCIPTA YANG ESA, semoga aku tidak pernah melupakan ini, Oh Tuhan. ~ Guru Nanak Dev, Guru Granth Sahib, Jap Ji Sahib, 2 
Sama seperti baju yang ternoda oleh darah menjadi kotor, seseorang TIDAK DAPAT MEMILIKI KESADARAN MURNI JIKA IA MENGKONSUMSI DARAH DAN DAGING MAKHLUK LAINNYA. ~ Guru Nanak Dev, Guru Granth Sahib, 140 
BERSIKAP BAIKLAH KEPADA SEMUA MAKHLUK - ini lebih berpahala daripada mengunjungi dan mandi di 68 tempat ziarah dan memberikan amal. ~Guru Granth Sahib, 136
 Jainisme
Karenanya, dia [seorang bijak] tidak akan mencelakai yang lainnya juga tidak akan membuat yang lain berbuat begitu. ~ Sutra Acharanga5.101-2. 
Seseorang harus MEMPERLAKUKAN SEMUA MAKHLUK SEBAGAIMANA DIA ingin diperlakukan. ~ Sutrakritanga 1.11.33 
Mereka yang pikirannya dalam kedamaian dan yang bebas dari hawa nafsu tidak ingin hidup di atas penderitaan orang lain. ~ Mahavira, Sutra Acharanga 
SESEORANG TIDAK SEHARUSNYA MENYIKSA, MENCELAKAI, ATAU MEMBUNUH HEWAN, MAKHLUK HIDUP, ORGANISME apa pun atau makhluk yang berperasaan. DOKTRIN TANPA KEKERASAN INI ADALAH TANPA NODA, TIDAK DAPAT DIUBAH, DAN ABADI. Sebagaimana penderitaan menyiksa dirimu, sama halnya hal itu menyiksa, menggelisahkan, dan menakutkan bagi semua hewan, makhluk hidup, organisme, dan makhluk berperasaan. ~  Sutra Acharanga4.25-26 
BERBAIK HATILAH TERHADAP SEMUA MAKHLUK HIDUP. ~ Sutra Tattvartha 7.11 
TIDAK MENCELAKAI MAKHLUK HIDUP ADALAH AGAMA TERTINGGI. ~Kebenaran Pertama Jainisme, peribahasa‘Ahimsa Paramo Dharmah’ 
INILAH INTI DARI KEBIJAKSANAAN: TIDAK MEMBUNUH APA PUN. Semua makhluk yang bernapas, yang ada, yang berperasaan tidak seharusnya dibunuh atau diperlakukan dengan kejam, atau diperlakukan sewenang-wenang atau disiksa, atau dihalau. Ini adalah Hukum yang murni dan tidak dapat diubah. Karenanya, berhentilah menyakiti makhluk hidup. ~ Sutrakritanga1.11.10-16
Hukum Karma
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas. (Matius 5:26)
Segalanya telah ditakdirkan (Matius 10:30)
Apa yang kau tabur, itulah yang kau tuai.


Sumber : http://godsdirectcontact.or.id/
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar