Minggu, 18 Maret 2012

SMCH - Kita Adalah Satu


 



Kita Adalah Satu
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai
 
Setelah kebijaksanaan kita diperbaharui kembali, setiap hari kita menjadi lebih bijaksana dan lebih mengasihi, dan kita mungkin saja secara otomatis ingin membantu siapapun yang datang kepada kita. Kita akan merasakan penderitaan lainnya sebagaimana penderitaan kita sendiri, dan kita akan selalu berhasrat untuk membawakan kebahagiaan kepada setiap orang yang kita temui.
Dalam semangat yang sama, kita telah datang di sini untuk melayani Anda dan berbagi dengan Anda akan berita baik dan semuanya ini tanpa adanya suatu prasyarat apapun. Kita tidak mengharapkan, menanyakan atau memikirkan apapun sebagai gantinya. Yang harus kalian lakukan adalah mengenali Jati Diri kalian dan menjalin hubungan dengan Tuhan. Semakin banyak orang yang mengenal Tuhan, semakin banyak orang yang akan dapat menghubungi Tuhan secara langsung maka dunia ini akan semakin penuh dengan kedamaian. Dengan demikian, maka peperangan akan berkurang, dan semakin banyak kita dapat membawa surga ke Bumi. Tidak ada alasan mengapa saya melakukan semua pekerjaan ini, kecuali bahwa saya memiliki suatu pengetahuan bahwa diri kalian adalah juga diri saya; kalian adalah bagian dari saya, dan saya adalah bagian dari seluruh umat manusia. Jika seluruh umat manusia berbahagia, maka tentu saja saya juga berbahagia. Dan jika ada bagian manapun dari umat manusia yang sakit atau tidak berbahagia, maka hal tersebut akan mempengaruhi siapapun dari kita, termasuk diri saya.
Kita akan melihat ketergantungan antar semua makhluk, termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan setelah kita menjadi tercerahkan, setelah kita mengenal Tuhan dengan lebih dekat. Dan pada akhirnya, kita akan melihat bahwa tidak ada apapun selain diri kita sendiri yang berada di mana-mana, di dalam setiap makhluk, di setiap partikel alam semesta. Itulah bagaimana kita dapat mengasihi tetangga kita sebagaimana diri kita sendiri; karena kita mengetahui bahwa mereka adalah kita. Jika tidak, tiada pembicaraan dan keyakinan apapun yang dapat membawa kita kepada tingkat kasih yang tulus seperti ini, kepada jalan kemuliaan yang alami ini.
Keadaan ini sama seperti orang buta yang tidak dapat melihat kaki atau bagian tubuh lainnya. Ia tidak dapat melihat secara jelas, ia hanya dapat merasakan bagian tubuh itu saja. Dan karena ketidak-mampuannya itu, ia kadang kala mencederai dirinya sendiri tanpa disadari. Ia mungkin menabrak tembok; ia kemungkinan menghentakkan betisnya atau kakinya di atas benda yang keras dan mencederai beberapa bagian dari tubuhnya. Tetapi jika penglihatannya dipulihkan kembali, ia akan mengetahui tempat berjalan yang benar; ia akan mengetahui bagaimana melindungi setiap anggota tubuhnya. Setelah tercerahkan, kita akan mengetahui bahwa setiap makhluk di atas planet ini, termasuk para saudara yang lebih muda - hewan atau tumbuh-tumbuhan - merupakan bagian dari kita. Dengan demikian, tidaklah mungkin kita menyakiti salah satu bagian dari diri kita. Pada saat itu, kita tidak perlu membicarakan tentang perdamaian; tetapi perdamaian itu akan secara otomatis tercipta dengan sendirinya. Kita perlu mengatakan, "Kita harus mengasihi saudara-saudara kita, tetangga-tetangga kita". Tetapi kita akan dengan sendirinya mengasihi tetangga kita. Hanya apabila kita dengan sempurna mengenal keagungan diri kita sendiri, maka, barulah kita dapat mengenali keagungan yang terdapat di dalam makhluk hidup lainnya.

Kita Semua Bagian dari Pekerjaan Agung Alam Semesta
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiFlorida, Amerika Serikat, 11 Mei 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)
T:    Guru, saya pernah mendengar Anda berkata dalam kaset bahwa kadang-kadang sebuah jiwa yang agung dapat berpisah, dan Anda sedang mengumpulkan semua jiwa kembali ke dalam diri Anda sendiri. Apakah itu berbeda dengan 'Tuhan adalah segalanya?' Dan saya baru ingat itu di kaset, karena saya merasa sangat terhubung dengan Anda sehingga saya berpikir mungkin Anda sedang mengumpulkan seluruh Diri Anda kepada diri Anda dengan suatu cara.
G:      Mungkin saja.
T:      Dapatkah satu jiwa yang agung menjadi begitu banyak dan kemudian mengumpulkan yang lain kepada dirinya lagi? Apakah itu berbeda dengan konsep Tuhan sebagai satu Makhluk agung yang mencakup semua orang? Itu yang saya pikir.
G:    Itu yang lainnya, ya.
T:    Tetapi itu begitu indah sehingga saya hanya ingin tahu apakah itu benar.
G:    Dalam suatu pengertian, itu benar. Karena kita semuanya satu. Itu hanya bararti bahwa kita harus bermain peran yang berbeda untuk menjadi keseluruhan. Tubuh butuh jari tangan, jari kaki, mata, dan hidung. Seluruh tubuh tidak bisa hanya satu hidung besar saja. Ya, misalkan begitu. [Tertawa]
T:    Jadi ketika mereka melihat Anda, mereka merasa berada di rumah, seperti kembali ke Anda sebagai jiwa-jiwa.
G:    Ya. Beberapa dari mereka telah menjadi bagian dari pekerjaan agung, seperti suatu kesadaran kelompok, bekerja demi maksud yang agung. Jadi mereka kembali lagi untuk melakukan hal yang sama, atau untuk meningkatkan diri mereka lebih jauh dengan melakukan hal yang lebih baik.
T:    Karena saya merasa benar-benar berada di rumah.......
G:    Ya, setelah inisiasi, siapapun yang datang dengan tulus, maka ia akan merasa berada di rumah. Karena kita semua memiliki tujuan yang sama dan kita semua satu. Kita telah terhubung kembali, karena kita sebenarnya tidak pernah terpisahkan. Jadi jika Anda terhubung, maka Anda merasa Anda adalah saya, atau setidaknya bagian dari saya. Itu normal. Sang Guru tentu saja dapat membagi diri-Nya menjadi ribuan atau jutaan makhluk serta membuat seluruh dunia. Tetapi tidak hanya itu.
T:    Sang Guru melakukan itu?
G:    Ya, kadang seorang Guru harus mengambil beberapa 'bagian-Nya’ sendiri dengan tujuan untuk menolong pekerjaan-Nya. Jadi siapapun yang bekerja banyak, tulus, dan memiliki pengalaman bagus, pasti merupakan satu bagian kecil dari Sang Guru.
T:    Saya hanya ingin berkata, terima kasih karena Anda telah membantu saya keluar dari saat-saat terburuk dalam hidup saya. Itu saja.
G:    Saat-saat terburuk atau saat-saat terbaik?
T:    Saat-saat terburuk dan juga saat-saat terbaik.
G:    OK.
T:    Terima kasih.
G:    Terima kasih kembali. Terima kasih Tuhan!

Kelompok Jiwa
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiAuckland, Selandia Baru, 27 April 2000 (Asal dalam bahasa Inggris)
Tahukah Anda mengapa Anda sangat baik? Karena Anda adalah saya.  [Tepuk tangan] Kita sangatlah cocok, karena kita adalah satu.
Sifat alami jiwa bukanlah berarti bahwa saya di sini dan saya hanya memiliki satu jiwa di sini.  Bukanlah begitu.  Jiwa saya lebih besar daripada yang ada di sini. Itu mungkin seluruhnya. (Guru membuat gerakan mencakup area ruangan.)  Seluruhnya mungkin saya, tetapi penampilannya berbeda.  Itu bukan seperti Tuhan adalah satu dan semua orang adalah satu dengan Tuhan. Bukan dalam pengertian seperti itu. Itu dalam pengertian bahwa satu individu dapat memiliki sebuah jiwa yang besar yang mencakup banyak yang disebut tubuh. Jadi kita dapat mengidentifikasikan diri kita sama dengan yang lain.
Seperti kadang ada dua orang, tetapi mereka berpikir hal yang sama pada saat yang bersamaan. Itu karena satu jiwa, bukan karena mereka bersatu dengan Tuhan atau mereka bersatu dengan yang lainnya. Tetapi mereka adalah satu jiwa, sama seperti kembar atau belahan jiwa. Belahan jiwa tidak berarti hanya satu; itu dapat berarti banyak. Karena beberapa jiwa yang agung mencakup banyak makhluk lain demi tujuan mereka sendiri. Oleh karena itu, kita merasa seperti saudara dan saudari; kita merasa seperti satu. Kadang Anda merasa sangat cocok dengan saudara wanita, saudara pria, ibu, atau ayah Anda, karena itu adalah Anda! Anda membuatnya menjadi keluarga, tetapi itu hanya satu: satu jiwa dan banyak individu. [Tepuk tangan]
Itulah sebabnya mengapa kadang-kadang kita berkata, "Saya memiliki pertalian dengan orang itu."  Atau, "Ia adalah belahan jiwa saya."  Karena itu adalah Anda; itu benar-benar Anda. Maksud saya itulah kelompok jiwa individu Anda, dalam satu jiwa.  Selain menjadi satu dengan Tuhan dan menjadi satu dengan orang lain, kita juga memiliki jiwa individu yang dapat menampung banyak kelompok besar orang seperti hanya satu jiwa. Tetapi kelihatannya berbeda.
Maka kadang-kadang kita merasa sangat baik dengan sekelompok orang.  Dan semakin kita bersama mereka, semakin kita merasa dikuatkan karena kita berada serumah dengan diri kita sendiri. Kita bersama, dan kita dalam damai bersama. Tidak heran kita dapat bekerja sama dengan baik!  Dapatkan Anda membayangkan: Anda adalah saya? [Tertawa]
 



Sumber : http://godsdirectcontact.or.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar