Minggu, 18 Maret 2012

SMCH - Waktu Terbaik untuk Meditasi


 



Waktu Terbaik untuk Meditasi 
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiAukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam bahasa Inggris) 

 
Bagaimana Membentuk Kebiasaan Bangun Pagi untuk Bermeditasi 
T: Apa yang dapat saya lakukan untuk mempertahankan jadwal meditasi sehari-hari saya, sedangkan saya tidak dapat bangun pagi?
G: Anda tidak bisa bangun? Saya juga. Tiada seorang pun yang suka bangun ketika kita nyaman di tempat tidur, tetapi kita harus berusaha. Misalkan Anda mempunyai pekerjaan dan harus bangun di pagi hari untuk bekerja, maka Anda pasti akan bangun. Untuk mendapatkan sekitar dua ribu dollar per bulan, setiap pagi Anda rela bangun pada pukul lima. Tetapi untuk Tuhan, Anda tidak bangun! Maka apa yang dapat saya lakukan? Anda yang memutuskan prioritasnya. Kita dapat bangun sedikit lebih pagi daripada biasanya, dan setelah itu kita akan terbiasa.
Misal katakanlah terlalu pagi untuk bangun pada pukul tiga, maka jangan bangun pada pukul tiga. Jika Anda biasa bangun pada pukul lima untuk bekerja, maka bangunlah pada pukul lima kurang dua puluh menit pada hari pertama, atau pukul lima kurang sepuluh, atau bahkan pukul lima kurang lima. Keesokan harinya atau minggu depannya, bangunlah pada pukul lima kurang sepuluh. Buatlah diri Anda terbiasa dengan gagasan itu dan beri hadiah berlimpah kepada diri Anda. Katakan pada diri Anda, "Jika hari ini kamu bangun pagi, maka saya akan memberimu sarapan dobel atau satu cangkir kopi lagi." Apapun yang disukai pikiran Anda, hadiahkanlah diri Anda dengan itu.
Anda juga harus mencintai diri Anda, karena kita hanya mempunyai satu tubuh, dan kadang kita bisa menjadi sangat lelah. Kita bekerja keras selama delapan atau sepuluh jam sehari hanya untuk mempertahankan mesin ini agar tetap jalan. Lalu kita ada kalanya harus mengurus pekerjaan lain seperti keluarga, istri, anak, orang tua, teman, tetangga, sanak keluarga, dan lain-lainnya. Kita kadang menuntut terlalu banyak terhadap tubuh jasmani ini.
Jadi tentu saja jika Anda tidak dapat bangun di pagi hari untuk bermeditasi, maka maafkanlah diri Anda. Jangan terlalu keras terhadap diri Anda, tetapi latihlah diri Anda perlahan-lahan. Kurangi menonton TV, tidurlah lebih pagi agar Anda dapat bangun lebih pagi. Kegiatan apapun yang sering Anda lakukan pada saat Anda sedang jemu, gunakanlah waktu itu untuk mengenal Tuhan sebagai gantinya. Ini hanyalah masalah pengaturan waktu. Saya juga sangat sibuk. Anda tidak akan mempercayainya. Saya duduk di sini dan terlihat cantik, tetapi saya juga sangat sibuk. Dan kadang-kadang sulit juga bagi saya untuk bangun pagi. Tetapi Anda harus memasang jam beker. Ada kalanya seperti itu.
Dalam tradisi India kuno, ada seorang suci yang dapat terjaga sepanjang malam, tetapi dia tidur dalam posisi duduk. Jadi sama saja. [Tertawa] Orang kita sama. Ketika mereka pergi retret, mereka duduk di sana dan terlihat sangat serius, tetapi mereka duduk dalam gaya apa saja. [Guru dengan jenaka menjatuhkan kepalanya ke satu sisi untuk menunjukkan seseorang "mengantuk") Tidak apa-apa. Usahakan yang terbaik; itulah yang diperhitungkan. Orang Suci di India memiliki rambut yang panjang seperti saya, dan dia mengikat rambutnya ke langit-langit. Saya tidak bergurau! Dan dia kemudian menjadi seorang Guru, karena dia berusaha demikian keras. Dia mengikat rambutnya ke langit-langit, sehingga kapan saja dia mengantuk: "Oh! Oke! Ow!" [Tertawa]
Saya tidak menyuruh Anda untuk memanjangkan rambut atau melakukan itu. Tetapi carilah cara Anda sendiri. Misalkan Anda dapat bangun pagi; pada mulanya saya harus menaruh sebotol air es di dekat saya, lalu ketika alarmnya berbunyi saya segera mengambil air es itu dan memercikkannya ke wajah saya: Oh! Esnya membasahi baju saya dan segalanya, dan saya benar-benar harus melompat dari tempat tidur. 
Anda tidak perlu melakukan hal itu; Anda boleh memiliki cara Anda sendiri. Tetapi ketika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda dapat melakukannya. Percayalah bahwa Anda bisa karena Andalah Tuhan. Tiada yang mustahil dengan Tuhan. Ingat saja bahwa ada Tuhan dalam batin Anda dan tiada yang lainnya di sana. Janganlah mendengarkan pikiran dan otak kalian; ia hanyalah sebuah komputer. Pikiran mengatakan kepada kita, "Oh, tidur. Tidur baik bagi Anda," tetapi itu bukan suara Tuhan. Suara Tuhan ada di belakangnya.    

Pagi Hari Adalah Waktu Terbaik untuk Bermeditasi 
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiAukland, Selandia Baru, 27 April 2000 (Asal dalam bahasa Inggris)
T: Guru, mengapa perlu bermeditasi di pagi hari?
G: Anda dapat bermeditasi kapan saja. Hanya saja di pagi hari kebanyakan orang telah beristirahat satu malam. Dan di pagi hari masih tenang. Misalnya dari jam tiga sampai jam enam, kebanyakan orang masih tidur: tidak ada lalu lintas, tidak ada suara, tidak ada anak-anak, dan tidak ada dering telepon. Pikiran Anda tenang setelah beristirahat satu malam dan tubuh Anda juga belum aktif sepenuhnya. Maka Anda dapat duduk lebih baik dan dapat mencapai Samadhi atau Surga dengan lebih cepat. Jika Anda melakukannya di rumah, bahkan lebih baik lagi. Karena Anda akan merasa lebih tenang di sana; Anda merasa lebih aman dan tenang.
Dan pagi hari memiliki jam-jam yang terbaik. Tetapi tidak berarti Anda harus melakukannya di pagi hari. Saya melakukannya setiap waktu: di dalam bus atau di dalam mobil. Orang-orang kita melakukannya di mana saja kecuali ketika sedang mengendarai mobil, ya. (Tertawa) 

Pergunakan Waktu Anda untuk Bermeditasi 
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiKonferensi video dengan para inisiat dari Center Boston, Massachusets, Amerika Serikat, 28 September 2002 (Asal dalam bahasa Inggris) 
T: Guru terkasih, saya berusaha sebaik mungkin untuk bermeditasi dua setengah jam sebagaimana janji saya. Tetapi ada kalanya, karena kesibukan sehari-hari, saya merasa sulit untuk memenuhi persyaratan ini. Mohon berikan saya sedikit nasihat tentang masalah ini.
G: Bagaimana saya dapat memberi Anda nasihat? Anda mengatakan bahwa kehidupan Anda tidak mengizinkan Anda bermeditasi, maka apa yang dapat saya lakukan; melenyapkan Anda atau melenyapkan semua orang di sekitar Anda sehingga Anda memiliki waktu untuk bermeditasi? Tentu saja kehidupan seperti itu. Jangan biarkan kehidupan yang mengambil alih. Andalah yang harus mengambil alih kehidupan. Jangan membiarkan kehidupan mengambil alih Anda. Anda hanya mempunyai satu kehidupan. Anda tidak pernah tahu masa depan apa yang akan Anda miliki, maka lakukanlah dalam kehidupan sekarang. Usahakanlah untuk menyisihkan waktu untuk bermeditasi. Kurangi apapun yang tidak perlu, kurangi berbicara lewat telepon, kurangi membaca koran, kurangi menonton televisi, kurangi berhubungan dengan teman-teman, kurangi minum kopi, bermeditasi kapan saja Anda bisa, sekalipun hanya lima menit di sini dan sepuluh menit di sana. Kapanpun Anda punya waktu luang, bermeditasilah. Usahakan untuk bermeditasi setiap waktu! Anda tidak perlu menghitung waktu saat Anda duduk enak di atas bantal meditasi. Anda dapat menghitung waktunya, kapan saja Anda punya waktu tutuplah mata Anda, pikirkan Tuhan dan bermeditasi. Jadikan waktu istirahat Anda sebagai waktu meditasi Anda. Orang Islam berdoa lima kali sehari, sedangkan saya hanya meminta Anda satu atau dua kali sehari. Jadi lakukanlah! Jangan mencari alasan. 

Rahasia Agar dapat Bermeditasi Lebih Lama
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiRetret Tujuh Hari, Hsihu, Formosa, 13-18 Februari 1989 (Asal dalam bahasa China)
Apa yang harus kita lakukan jika kita ingin bermeditasi lebih lama dan tidak merasa lelah? Rahasianya adalah: Sedikit bicara, tidak melihat-lihat, tidak memikirkan kebaikan atau keburukan orang lain, dan terus mengulang Nama-nama Suci 24 jam sehari. Jika Anda merasa tidak mantap saat melakukan meditasi Suara, ulangilah Nama-nama Suci selama beberapa menit sebelum melakukan meditasi Suara. Seandainya Anda merasa ada bagian tubuh yang sakit atau mati rasa, maka jangan diperhatikan! Ketika Anda berada dalam Samadhi maka Anda tidak akan merasa bahwa tubuh Anda ada. Oleh karena itu, jangan menggaruk-garuk. Jika Anda merasa lelah saat melakukan meditasi Suara, ubahlah sikap tubuh Anda dan lakukan meditasi Cahaya. Dengan demikian kaki Anda akan sangat bersyukur kepada Anda, karena kaki Anda kesakitan dan kepala Anda tegang. Jika Anda mengubah sikap tubuh dan melakukan meditasi Cahaya pada saat itu, maka akan terasa jauh lebih baik. Anda harus melakukan meditasi Cahaya dan Suara secara bergantian, dan mereka akan saling membantu sehingga Anda dapat bermeditasi lebih lama dan tidak mudah lelah.
Beberapa rekan praktisi kita dapat bermeditasi sepanjang malam. Itu karena mereka melakukan meditasi Cahaya dan Suara secara bergantian. Tetapi jangan melakukannya terlalu sering dan mengubah sikap tubuh dalam lima menit, karena hal ini tidak akan berguna. Semakin lama Anda duduk dalam sikap tubuh yang sama, maka akan semakin baik. Meditasi Cahaya dan Suara saling membantu. Ketika kita telah duduk terlalu lama dalam meditasi Cahaya, kadang kita dapat merasa lelah dan sakit, dan kita pun dapat mengubah posisi tubuh untuk melakukan meditasi Suara, dengan begitu Anda akan merasa jauh lebih baik, karena sepertinya ada sesuatu yang dapat diandalkan. Rahasia berlatih meditasi ini benar-benar tidak diketahui oleh orang banyak.



Sumber : http://godsdirectcontact.or.id/
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar