Minggu, 18 Maret 2012

SMCH - Inisiasi Meditasi Cahaya dan Suara Batin





Inisiasi Meditasi Cahaya dan Suara Batin
Guru Ching Hai menginisiasi orang-orang yang tulus dan merindukan Kebenaran ke dalam Metode Quan Yin. Dalam bahasa China, “Quan Yin” berarti mengamati getaran Suara batin. Pengalaman batin ini telah berulang-ulang disinggung dalam kesusastraan spiritual dan kitab-kitab suci dari semua agama di dunia sejak zaman dahulu kala. 
Misalnya, Alkitab mengatakan, “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” (Yohanes 1:1) Firman ini adalah Suara batin yang disebut juga sebagai Logos, Shabd, Tao, Aliran Suara, Naam, atau Musik Ilahi. Guru Ching Hai mengatakan, “Suara itu bergetar di seluruh kehidupan dan menyangga seluruh alam semesta. Melodi batin ini dapat mengobati segala penyakit, memenuhi semua keinginan, dan melepaskan seluruh dahaga duniawi. Suara ini penuh dengan kekuatan dan kasih sayang. Karena kita diciptakan dari Suara ini, maka berhubungan dengannya dapat membawakan kedamaian dan kepuasan dalam hati kita. Setelah mendengar Suara ini, seluruh tubuh kita akan berubah dan seluruh pandangan hidup kita akan berubah menjadi lebih baik.” 
Cahaya batin, Cahaya Ilahi, adalah Cahaya yang sama dalam kata “pencerahan.” Kekuatannya dapat bergeser dari Cahaya yang lemah lembut sampai jutaan kekuatan cahaya matahari. Melalui Cahaya batin dan Suara batin ini kita mengenal Tuhan. 
Inisiasi Metode Quan Yin bukanlah suatu upacara atau ritual rahasia untuk menganut agama baru. Selama inisiasi, kita akan diberikan petunjuk-petunjuk khusus mengenai meditasi pengamatan Cahaya batin dan Suara batin, dan pada saat itu Guru Ching Hai memberikan “transmisi rohani.” Rasa keberadaan Ilahi yang pertama kali diberikan dalam keheningan. Guru Ching Hai tidak perlu hadir secara jasmani untuk membukakan “Pintu” itu bagi Anda. Transmisi adalah bagian yang penting dari metode ini. Teknik-teknik itu sendiri tidak banyak memberikan manfaat tanpa kemurahan hati Guru. 
Mungkin Anda mendengar Suara batin dan melihat Cahaya batin dengan seketika pada saat inisiasi, dan peristiwa itu terkadang disebut sebagai “pencerahan seketika” atau “pencerahan segera.” 
Guru Ching Hai menerima orang dari semua latar belakang dan semua golongan agama untuk inisiasi. Anda tidak harus mengubah agama atau kepercayaan Anda. Anda tidak akan diminta untuk turut serta dalam organisasi apa pun atau berpartisipasi dalam kegiatan apa pun yang tidak sesuai dengan gaya hidup Anda sekarang. 
Namun, Anda akan diminta menjadi vegetarian. Berjanji menjadi vegetarian seumur hidup adalah prasyarat yang diharuskan bagi pemohon inisiasi. 
       Inisiasi diberikan tanpa biaya (gratis). 
Berlatih meditasi dengan Metode Quan Yin setiap hari, dan menaati “Lima Pantangan” adalah satu-satunya persyaratan setelah inisiasi. Pantangan adalah garis pedoman yang membantu Anda agar tidak melukai diri sendiri dan makhluk hidup lainnya. Latihan-latihan ini akan memperdalam dan memperkuat pengalaman awal pencerahan Anda, dan akhirnya memperkenankan Anda mencapai tingkat Kesadaran tertinggi atau tingkat Kebuddhaan bagi diri Anda sendiri. Tanpa latihan setiap hari, Anda pasti akan melupakan pencerahan Anda dan kembali pada tingkat kesadaran semula. 
Tujuan Guru Ching Hai adalah mengajar agar kita dapat berdikari. Karena itu, Beliau mengajar setiap orang Metode yang dapat dipraktikkan sendiri, tanpa penyangga atau alat-alat perlengkapan. Guru Ching Hai tidak mencari pengikut, penyembah, murid, atau mendirikan organisasi yang menarik iuran keanggotaan. Beliau tidak akan menerima uang, sembah sujud, atau hadiah dari Anda, jadi Anda tidak perlu mempersembahkan sesuatu kepada-Nya. 
Guru Ching Hai akan menerima ketulusan Anda dalam kehidupan sehari-hari dan latihan meditasi untuk meningkatkan diri Anda hingga menjadi orang suci. 
Lima Pantangan 
1.      Pantang membunuh*
2.      Pantang berdusta
3.      Pantang mencuri
4.      Pantang berzinah
5.      Pantang mabuk dan madat**
* Yang menjalankan pantangan ini harus menjadi vegan. Pantang makan daging, ikan, burung, susu, telur (yang dibuahi atau tidak dibuahi, dalam kue, es krim, dsb.) atau semua produk hewani.
** Menghindari segala hal yang bersifat meracuni seperti alkohol, narkoba, tembakau, judi, pornografi, dan bacaan atau film yang mengandung banyak kekerasan.
"Tanpa inisiasi dari seorang Guru Sejati, orang hanya dapat membaca naskah bagian luarnya dan tidak akan mendapatkan nilai rohani di dalam yang sesungguhnya, karena ia tidak memperoleh kekuatan rohani dari Guru Sejati yang masih hidup."

----------
"Metode untuk mencapai Pencerahan tidak dapat ditemukan dalam kitab-kitab suci. Ia tidak dapat dituliskan karena bahasa tidak digunakan selama inisiasi berlangsung."

----------
"Inisiasi berarti permulaan suatu kehidupan menuju tata tertib baru. Itu berarti Anda telah diterima di dalam lingkungan orang suci, kemudian Anda bukan lagi makhluk awam, Anda telah diangkat menjadi makhluk mulia. Pada zaman dahulu mereka menyebutnya "Pembaptisan" atau "Berlindung kepada Guru"

----------
"Inisiasi sebenarnya bukanlah inisiasi. . . . Anda hanya datang ke sini mengizinkan saya membantu Anda untuk memahami bagaimana menolong diri sendiri. Saya membantu Anda untuk memahami bagaimana menolong diri sendiri. Saya kemari bukan untuk menjadikan Anda murid namun membantu Anda menjadi Guru."

----------

Berlatih meditasi dengan Metode Quan Yin setiap hari, dan menaati "Lima Pantangan" adalah satu-satunya persyaratan setelah inisiasi. Pantangan adalah garis pedoman yang membantu Anda agar tidak melukai diri sendiri dan makhluk hidup lainnya. Latihan-latihan ini akan memperdalam dan memperkuat pengalaman awal pencerahan Anda, dan akhirnya memperkenankan Anda mencapai tingkat Kesadaran tertinggi atau tingkat Kebuddhaan bagi diri Anda sendiri. Tanpa latihan setiap hari, Anda pasti akan melupakan pencerahan Anda dan kembali pada tingkat kesadaran semula.

Tujuan Guru Ching Hai adalah mengajar kita agar dapat berdikari. Karena itu, Beliau mengajar setiap orang Metode yang dapat dipraktikkan sendiri, tanpa penyangga atau alat-alat perlengkapan. Guru Ching Hai tidak mencari pengikut, penyembah, murid atau mendirikan organisasi yang menarik iuran keanggotaan. Beliau tidak akan menerima uang, sembah sujud, atau hadiah dari Anda, jadi Anda tidak perlu mempersembahkan sesuatu kepada-Nya.

Guru Ching Hai akan menerima ketulusan Anda dalam kehidupan sehari-hari dan latihan meditasi untuk meningkatkan diri Anda hingga menjadi orang suci.

----------
Atas rahmat dari Guru dan daya kuasa Tuhan dalam diri kita, kita menjadi bersih, meskipun kita tidaklah sangat murni pada saat inisiasi. Kita melihat Cahaya Batin dan mendengar Suara Batin saat kita menembus pintu penjara karena Cahaya dan Suara Batin tersebut berada di atas keberadaan materi. Itulah sebabnya mengapa kita menyebutnya pencerahan seketika. Artinya, pada saat inisiasi, kita berhubungan dengan dunia yang lebih tinggi dan hubungan kita tidak akan terputus lagi.

Seperti halnya saat hari yang cerah, matahari bersinar dengan terangnya dan Anda berada dalam rumah. Jika Anda tidak membuka pintu rumah Anda, Anda tidak dapat melihat matahari tersebut. Sama halnya, Cahaya dan Suara Tuhan itu ada, tetapi kita terkunci dalam penjara oleh pemikiran kita, prasangka-prasangka dan tindakan kita dari banyak kehidupan, maka kita tidak dapat melihat ataupun mendengarnya.

Saat inisiasi, Guru Sejati memberi kita kesempatan untuk menembusnya sekali dan untuk selamanya. Tetapi, kita perlu meneruskannya karena ada banyak tingkat yang perlu ditemukan/ditempuh. Sesungguhnya, inisiasi hanyalah permulaan, meskipun itu sesungguhnya telah merupakan langkah awal yang besar karena banyak orang lain yang memulainya dari cakra yang paling bawah/rendah untuk sampai ke cakra atas, dan dengan cara itu, mungkin memakan waktu 10 tahun untuk sampai ke cakra bagian atas, sementara kita memulainya langsung dari cakra bagian atas. Guru Sejati menarik semua daya kuasa ke atas kepala kita supaya kita bisa melihat Cahaya Batin. Mata Kebijaksanaan adalah pintu menuju Surga, dan kemudian Anda akan pergi mengunjungi banyak tempat-tempat indah.

Saat Guru mentransmisikan metode ini, kita bahkan tidak berbicara, dan Anda akan mendapatkan pencerahan yang terbaik. Anda akan mendapatkan sesuatu yang tidak pernah Anda dapatkan sebelumnya dan merasakan sesuatu yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya: sangat terang, sangat santai, sangat indah, sangat tidak berdosa. Itulah arti dari pembaptisan. Saat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis, Ia melihat Cahaya yang melayang turun bagaikan burung merpati. Karena itu, saat kita dibaptis oleh seseorang yang mengatakan bahwa ia dapat membaptis Anda, ia perlu memberikan Anda paling tidak sedikit Cahaya, seperti halnya burung merpati yang turun dari Surga atau Cahaya bagaikan nyala api seperti yang disebutkan dalam Kitab Suci Agama Kristen/Katolik, atau Anda akan mendengarkan suara Tuhan yang bagaikan guntur atau suara air. Dengan demikian Anda dapat merasa pasti bahwa Anda telah dibaptis.

----------
Anda akan mendengar getaran batin atau suara Tuhan, tetapi tanpa menggunakan telinga fisik kita. Saya tidak dapat mengungkapkannya dalam bahasa duniawi. Bahasa dan kemampuan intelektual tersebut adalah bagian dari dunia pikiran dan materi (yang terbatas), dan bukanlah Jiwa dan Tuhan (yang tidak terbatas). Pemikiran kita timbul dari data yang kita terima, dari proses belajar, dari pemikiran orang lain. Jiwa kita dan Hakikat Ketuhanan lahir secara spontan, mampu untuk berada sendiri, mendukung diri sendiri dan murni adanya. Karena itu, segala sesuatu yang dipengaruhi oleh lingkungan, pemikiran, filsafat, atau bahasa merupakan bagian dari intelektual dan bukannya kebijaksanaan. Karena itu saya hanya dapat mentransmisikan ini dalam keheningan. Itulah sebabnya mengapa kita menyebutnya transmisi dari hati ke hati.

----------
Kehidupan abadi adalah keberadaan kita, kebijaksanaan adalah apa yang kita miliki, kasih adalah hakikat kealamian kita, dan ini tidaklah dapat dihancurkan oleh jenis bom apa pun juga. Hakikat kita tersebut tidaklah dibatasi oleh ruang dan waktu. Karena itu, Guru Sejati menginisiasi siswa tanpa keterbatasan dari ruang dan waktu. Guru Sejati tidaklah perlu selalu berada bersama dengan para siswa secara fisik, tetapi para Guru Sejati dapat menolong dan memberkahi mereka dengan banyak cara. Para siswa kemudian akan berkembang untuk menjadi Guru Sejati dan juga melakukan hal yang sama.

----------
Inisiasi sesungguhnya hanyalah sebuah istilah dalam kaitannya dengan pembukaan jiwa/spirit kita. Kita dipenuhi oleh begitu banyak halangan/rintangan baik yang kasat maupun tidak kasat mata, karena itu, apa yang kita istilahkan sebagai inisiasi adalah suatu proses pembukaan gerbang Kebijaksanaan dan membiarkannya mengalir keluar ke dunia ini untuk memberkahi dunia ini, demikian pula halnya dengan pembukaan dari yang kita istilahkan sebagai Diri Sejati. Tetapi, Diri Sejati selalu berada dalam kemuliaan dan kebijaksanaan, sehingga tidak memerlukan berkah apa pun.
T. Apakah itu inisiasi?

G. Baiklah. Inisiasi berarti Anda berhubungan kembali dengan Daya Kuasa Tuhan dalam diri Anda sendiri. Menghubungkan Anda kembali dengan Daya Kuasa Tuhan yang berada dalam diri Anda, atau kembali ke Hakikat Kebuddhaan Anda. Itu merupakan hal yang sama. Seperti halnya dengan ahli listrik, ada kabel listrik, juga ada bola lampu, tapi tidak ada cahaya. Kemudian ahli listrik itu membetulkan kesemuanya itu. Dan muncullah cahaya. Dia menghubungkan lampu tersebut dengan sumber listrik dan muncullah cahaya.

----------
T. Saya ingin tahu apakah itu inisiasi yang Anda bicarakan dan yang akan dilaksanakan pada malam ini?

G. Inisiasi berarti, pada saat Anda benar-benar tulus ingin mengetahui Kerajaan Allah dalam diri kita, kebesaran Diri kita, Warisan Kebijaksanaan kita, jika Anda ingin mengetahui itu, maka kami akan mengaturnya. Karena kita semua memilikinya dalam diri kita, Anda hanyalah lupa bahwa Anda memilikinya dan tidak tahu di mana letak tombol untuk menekan tombol tersebut. Dan karena tombol tersebut tidaklah kasat mata, maka perlu dilakukan secara tak kasat mata pula di dalam Diri kita. Jadi, pada saat inisiasi, teman atau penuntun yang telah berpengalaman akan membantu Anda untuk menekan dan membuka tombol tersebut. Dan dari sana, Anda memasuki lingkaran Para Suci, dan Anda kemudian mengetahui Kebijaksanaan Anda. Dan saat tombol ditekan untuk membuka Kebijaksanaan tersebut, terdapat tanda seperti datangnya cahaya atau terdengarnya alunan musik surgawi. Itulah tanda terbukanya Kerajaan Allah dalam diri Anda. Pada dasarnya Anda telah memiliki itu semua, jadi seorang Guru Sejati tidaklah memberikannya pada Anda, tetapi hanya membantu Anda untuk menemukannya kembali. Itulah inisiasi.

----------
T. Guru, dapatkah Anda menjelaskan tentang inisiasi ke dalam Metode Quan Yin?


G. Inisiasi adalah sejenis upacara yang tidak kasat mata untuk membuka kebijaksanaan, tanpa persembahan bunga, tanpa dupa, tanpa menyembah, tanpa patung Buddha, tanpa gereja, tanpa apa pun juga, hanyalah Anda dan Daya Kuasa positif Anda yang sejati. Saat Anda duduk di sana sendirian, saya akan menunjukkan kepada jiwa Anda ke mana harus pergi, untuk mendapatkan bagian positif dan negatif bersama kembali. Sekarang ini Anda terpisahkan karena Anda senantiasa memihak pada sisi negatif untuk bertahan. Tetapi, saat Anda duduk di sana sendiri dan telah siap dan bersedia untuk kembali, saya hanya akan menarik Anda kembali tanpa berbuat apa-apa secara fisik.

Hal ini adalah abstrak, adalah hal yang menakjubkan dari Daya Kuasa yang tidak kasat mata. Tidak melakukan apa-apa. Melakukan sesuatu tanpa melakukan apa-apa. Saya bahkan tidak perlu berada di sana. Saya bahkan tidak perlu mengetahui nama Anda, alamat Anda, usia Anda atau pekerjaan Anda. Saya tidak perlu mengetahui Anda, maksud Saya, mengetahui Anda secara fisik. Dalam batin Anda, saya tahu.

Karena itu, inisiasi itu seperti halnya Anda duduk di sana dan mendapatkan kembali sisi positif Anda. Anda tahu, seperti saat anda kehilangan keseimbangan sehingga Anda miring ke sisi negatif. Sekarang Anda telah kembali dan berada dalam keseimbangan. Hanya itu. Dan kemudian Anda mengetahui bahwa Anda telah mendapatkan pencerahan karena Anda telah melihat Cahaya Batin, dan Anda mendapatkan pengajaran dari Surga melalui alunan Musik Surgawi.

Suara Surgawi itu bukanlah dalam "Bahasa Inggris" dan bukan pula dalam "Bahasa Mandarin" Itu merupakan Suara yang tidak bersuara, kata-kata yang tanpa kata-kata, Suara yang hening. Suara ini akan membuat Anda menjadi lebih bijaksana dan membuat Anda menyadari dan akan lebih menyadari bahwa diri Anda agung, dan bahwa Anda adalah Tuan dari Rumah Anda sendiri. Itulah inisiasi. Tetapi, tidak ada kata-kata yang dapat mengungkapkannya karena pada saat itu saya tidaklah berbicara kepada Anda. Saya bahkan mungkin tidak berada bersama Anda pada saat itu karena Anda kemudian akan berada bersama dengan seluruh alam semesta. Itulah bagaimana Anda mengetahui diri Anda. Sangatlah sukar untuk mencoba mengerti akan hal itu sekarang. Jika Anda belum mengerti, pergilah untuk mendapatkan inisiasi dan kemudian Anda akan mengerti.

----------
T. Jika tidak dapat ditransmisikan melalui kata-kata, bagaimana Anda dapat mentransmisikannya?

G. Pertama-tama, sang Guru perlu menyadari terlebih dahulu tentang Diri Sejati dalam dirinya sendiri dan kemudian hal itu akan terjadi secara otomatis dalam tingkat keberadaan yang berbeda, tingkat kesadaran yang berbeda. Itu berarti bahwa tingkat kesadaran dari Guru dan siswa akan terhubungkan dan kemudian sesuatu terjadi yang tidak dapat diterangkan dengan bahasa duniawi. Sebagai contoh, kita tidaklah dapat menjelaskan tentang cinta kasih antara sepasang kekasih, kasih antara ibu dan anak, tetapi paling tidak kasih itu ada dan orang yang terlibat dalam kasih itu mengerti.

Inisiasi adalah Harta Karun Paling Berharga di Alam Semesta
Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiFlorida, Amerika Serikat, 11 Juni 2001 (Asal dalam bahasa Inggris)
T: Baru-baru ini saya membaca sebuah buku yang berjudul Lautan Cinta Kasih yang ditulis oleh Kabir; Beliau adalah titisan Tuhan yang sejati. (G: Ya, ya) Beliau membahas tentang jebakan Kal. Setelah jiwa-jiwa yang tidak diinisiasi meninggal, maka malaikat kematian akan datang dan menangkap mereka. Jiwa-jiwa tersebut akan pergi menjumpai Kal, dan Kal kemudian akan menguasai mereka. Saya tidak mengerti akan maksud dari kalimat tersebut. 
G: Jika kalian tidak diinisiasi, maka Kal yang berarti kekuatan negatif akan mendatangi Anda. Kal, dalam bahasa Sanskerta berarti kekuatan negatif. Jika Anda diinisiasi, maka Gurulah yang akan datang, dan Kal tidak akan menangkap Anda. Setelah inisiasi, Kal akan menjauh karena jiwa itu sudah bukan miliknya lagi; ia tidak akan dapat menangkap Anda lagi. Tetapi, tentu saja ia tetap berusaha untuk memperdaya Anda. Ia berusaha membuat masalah, karena itu adalah tugasnya. Dan tugas Anda adalah menapaki jalan Anda, tak peduli apa pun yang ia katakan. 
T:  Kedengarannya menakutkan. 
G: Ah, tidak, hiduplah yang menakutkan; selalu berakhir dengan kematian! [Guru dan semua orang tertawa] 
T: Menakutkan bagi orang-orang yang tidak diinisiasi. 
G: Tetapi Anda telah diinisiasi, karena itu Anda senantiasa dilindungi oleh Guru. Jika Anda sungguh-sungguh tulus ingin pulang ke Rumah, bahkan 10.000 Kal tak akan dapat berbuat apa pun terhadap Anda. 
G: Apakah orang yang kita cintai dan teman-teman dekat kita juga demikian? 
G: Ya! Tentu saja, ya. Guru akan mengurus mereka semua. Itulah pahala yang sangat besar dari inisiasi. Jika Anda tahu tentang itu, maka Anda akan meninggal dengan penuh rasa syukur yang besar dan Anda akan terkejut saat mengetahui betapa hebatnya inisiasi itu. Sungguh sangat hebat. 
Saya tak dapat melukiskan betapa hebatnya inisiasi itu. Saya hanya dapat merasa bahagia untuk Anda. Anda sangatlah beruntung! Ya, sangat beruntung. Tentu saja Anda tidak dapat membayangkannya sama sekali. Tiada seorang pun yang dapat memberikannya untuk Anda, tiada apa pun yang dapat Anda tukarkan dengan harta ini, dan tiada apa pun yang dapat kita peroleh kecuali jika ada berkat dan rahmat dari Tuhan. Ya tentu saja karena waktu Anda juga telah tiba. Tetapi selain dari itu, meskipun Anda berdoa selama seribu tahun, maka Anda pun tetap tidak akan dapat memperoleh hadiah ini. 
Inilah hal terhebat yang pernah dapat Anda miliki di manapun di alam semesta. Siapa pun tidak memilikinya, bahkan sebagian makhluk rohani yang lebih tinggi sangat iri kepada Anda. Mereka sangat iri karena Anda berada di jalan menuju Keguruan, sedangkan mereka masih tetap menjadi makhluk rohani saja, atau malaikat, atau dewa (para makhluk yang hidup di berbagai alam Surga). Mereka akan meninggal suatu saat, tetapi Anda tidak. Mereka akan semakin turun, tetapi Anda tidak. Anda akan terus naik ke atas melampaui mereka, lebih tinggi daripada mereka, menjadi semakin dimuliakan, dan semakin berkilau. Anda akan memiliki apa pun, segalanya. Kalian akan berada di sisi Tuhan, sedangkan mereka akan tetap berenang entah ke mana di dalam tiga alam untuk mencari bimbingan. 
Sangatlah sulit untuk memperoleh inisiasi ini. Oh! Astaga, saat saya membayangkannya, oh, wah! Tahukah Anda bagaimana memenangkan undian senilai enam juta dolar? Ya, inilah perumpamaannya di alam rohani. Jika Anda tahu terlalu banyak, maka Anda mungkin akan mendapat serangan jantung. Tetapi, betapa beruntungnya Anda! Di seluruh alam semesta, Andalah yang terbaik, yang terpilih, dan yang sangat, sangat beruntung. 
Sungguh, Anda tidak tahu sampai saatnya tiba. Kadang kala Anda harus bekerja di dunia ini sehingga Tuhan hanya memberitahu sedikit hal saja kepada Anda. Selain itu, tak peduli seberapa banyak barang yang orangtua Anda berikan untuk kenyamanan Anda ketika kita masih berada di dalam penjara, akan tetapi mereka tidak dapat memberikannya terlalu banyak. Anda mungkin saja memiliki TV atau radio di sana, tetapi Anda tidak dapat memiliki banyak barang lainnya seperti mobil balap, helikopter, istana, penyejuk ruangan, kolam renang, dan lain-lain. Anda hanya merasa nyaman di dalam penjara, dan Anda hanya memiliki kondisi layak tinggal saja. 
Tetapi, sekali Anda berada di sana, bahkan ketika waktu Anda telah habis dan Anda sudah bebas dari hukuman, Anda tetap harus menunggu birokrasi. Selain itu, mungkin masih ada beberapa hal yang harus Anda tangani, atau mungkin waktu Anda belumlah habis meskipun Anda akan segera bebas. Pengacara sedang membantu untuk membebaskan Anda lebih cepat, dan dengan pasti Anda akan bebas karena Anda tidak dihukum mati. Tetapi, Anda tetap harus menunggu. Sementara di penjara, Anda hanya dapat senyaman seorang narapidana. Anda memiliki yang terbaik di penjara. Tetapi, Anda tetap seorang narapidana. Anda menggunakan semua fasilitasnya, tetapi Anda masih berada di penjara. Karena itu, saat Anda benar-benar tahu apa yang orangtua Anda miliki untuk menyambut Anda pulang ke Rumah ... Astaga, Anda tidak akan dapat membayangkannya!

Hargailah Nilai Inisiasi
 Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiRetret Internasional Tiga Hari, Hamburg, Jerman25-27 Agustus 1995
(Asal dalam bahasa Inggris) 
Saya akan menyampaikan sesuatu kepada para inisiat yang baru. Saya tidak tahu apa arti inisiasi bagi diri Anda, tetapi ini sangat berarti bagi saya. Bukannya Anda duduk di sana, mendengarkan instruksi, tetapi batin Anda masih tetap bergulat dan mempertanyakan apakah saya layak diterima sebagai Guru Anda, atau apakah inisiasi ini cukup berharga untuk diterima. Tidaklah demikian. Inisiasi adalah suatu kesempatan sekali dalam sejuta tahun. Saya tidak tahu seberapa besar artinya bagi diri Anda. Tetapi, Anda harus tahu bahwa ada begitu banyak yang harus saya lakukan sebelum dan setelah inisiasi Anda. 
Bukannya Anda duduk di sana di atas pantat Anda dan tetap memikirkan apakah Anda sebaiknya tetap tinggal bersama saya atau sebaiknya pergi. Apakah Anda tinggal atau pergi, itu urusan Anda. Itu hak dan pilihan Anda. Saya tidak bermaksud mengikat, menahan, atau memaksa Anda baik secara jasmani, mental, atau psikis. Saya hanya siaga sebagai seorang sahabat yang tanpa pamrih. Kapan pun Anda membutuhkan saya, maka Anda dapat datang. Seandainya Anda memutuskan untuk pergi, maka Anda dapat pergi. Apakah ini arti inisiasi bagi Anda, sama seperti berbelanja saja? Pikiran Anda yang tidak sempurna sehingga membuatnya tidak dapat mengenali perbedaan antara berlian yang asli dengan kaca biasa; karena itu Anda meragukannya. Tetapi, Anda tidak tahu apa arti inisiasi; Anda benar-benar tidak tahu. 
Setidaknya pada saat Anda meninggal dunia, barulah Anda akan tahu. Anda akan tahu apa arti inisiasi bagi Anda. Pada saat itu, tiada seorang pun di sekitar Anda dan tiada  seorang pun yang dapat menemani Anda. Tiada uang yang dapat membeli kekuasaan untuk Anda. Tiada jabatan yang dapat melindungi Anda dari api neraka. Dan pada saat itu, Gurulah satu-satunya yang akan datang menjemput Anda. Setelah itu Anda baru akan tahu.
Apa pun yang Anda lakukan, Anda harus melakukannya sepenuh hati. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna. Jika tidak maka Anda tidak akan mendapatkan apa pun. Bahkan saat inisiasi, jika Anda hanya duduk di sana dan memikirkan guru Anda yang lampau, Buddha Anda yang lampau, atau apa pun milik Anda yang lampau, maka Anda tidak akan mendapatkan apa pun. Setelah itu, Anda bertanya kepada saya mengapa Anda tidak mendapatkannya. Anda terus berpikir mengapa Anda datang ke sini, berpikir apakah ini benar atau salah bagi Anda. 
Anda akan terus mempertanyakannya sepanjang hidup Anda jika Anda terus melakukan seperti yang Anda lakukan sekarang. Dan tiada seorang pun yang dapat memberi Anda jawaban yang memuaskan. Waktu Anda sangatlah berharga, seperti juga waktu saya. Jika waktu Anda tidak berharga, maka waktu saya sangat berharga. Saya tidak mempunyai waktu untuk berkeliling dengan bus dan pesawat hanya untuk bersenang-senang, dan datang kemari agar Anda dapat melihat saya kapan pun Anda inginkan. Dan Anda bahkan bermalas-malasan, bersantai-santai, atau melakukan apa pun yang Anda inginkan. Setelah itu Anda kemudian datang dan mengeluh bahwa Anda tidak mendapatkan apa pun, bahwa Anda tidak tahu mengapa Anda datang ke sini, bahwa Anda tidak tahu mengapa Anda sedang duduk di sini, atau mengapa Anda melakukan ini dan itu dan yang lainnya. Anda mengharapkan saya melakukan segalanya untuk Anda, tetapi Anda tidak melakukan apa pun, Anda bahkan juga tidak datang dan duduk di sini. 
Kami mengatur segalanya bagi Anda, bahkan bukan Anda yang harus mengaturnya! Anda tidak melakukan apa pun; tiada yang dikerjakan. Orang lain memasak untuk Anda. Dan Anda bahkan tidak melakukan tanggung jawab yang kecil itu. Maka, apa pendapat Anda? Apakah Anda kira itu akan beres? Apakah Anda kira dengan cara ini Anda akan mendapatkan berkah Tuhan? Apakah Anda kira Anda akan memiliki segalanya, dan saya yang harus melakukan segalanya. Sebagian dari Anda bahkan masih tetap mengkritik! 
Pada zaman dahulu, jika Anda ingin menemui guru rohani atau guru apa pun, tahukah Anda apa yang harus Anda lakukan? Bahkan sekarang, jika Anda masuk universitas, Anda tetap harus membayar. Jika Anda tidak membayar, maka orangtua Andalah yang membayar. Jika mereka tidak membayar secara langsung, maka mereka membayar pajak kepada pemerintah dan pemerintah kemudian akan menggaji gurunya. Anda harus pergi ke sana untuk mendaftar, melewati ujian, dan sebagainya. Membutuhkan banyak waktu dan menghadapi banyak masalah. 
Anda selalu bertanya mengapa saya tidak keluar memberi ceramah, serta menolong makhluk hidup di dunia ini.  Mudahkah menyelamatkan makhluk hidup? Hari ini, saat inisiasi, di mana kekuatan Tuhan yang tertinggi telah hadir di sini, bahkan tetap tidak dapat menyentuh hati sebagian orang. Hanya api neraka yang dapat membakarnya. Hati sebagian orang kadang sedemikian sulit dan kerasnya sehingga bahkan saat mereka sedang duduk di hadirat Tuhan pun tidak membuat hati mereka tergerak. 
Saya takut memikirkan hal ini. Saya sangat takut memikirkan betapa kerasnya hati orang-orang, bahkan daya kuasa Yang Maha Tinggi tidak dapat menyentuh mereka. Itulah mengapa dunia kita seperti ini. Maka, janganlah bertanya kepada saya mengapa ada perang, bencana, atau pembunuhan. Apa yang dapat dilakukan Tuhan? Daya kuasa ini dapat menghancurkan gunung, dapat mengeringkan lautan, atau membuat seluruh alam semesta hancur lebur menjadi debu, tetapi tidak dapat menyentuh hati nurani sebagian manusia. Sungguh sangat menakutkan, kita telah menjadi apa. 
Lalu Anda selalu meminta agar saya pergi ke sini, pergi ke sana, berbicara kepada Anda, tinggal bersama Anda, menyelamatkan teman-teman Anda, menyelamatkan anggota keluarga Anda, melakukan ini itu, dan yang lainnya. Dan jika saya menolaknya maka Anda akan bertanya, “Mengapa Guru tidak melakukan tugas-Nya? Mengapa Dia tidak memiliki welas asih dan kasih sayang terhadap umat manusia? Mereka telah cukup menderita, dan hal-hal serupa itu. Jika saya dapat melakukannya, maka saya sudah melakukannya. Jika Yesus dapat melakukannya, maka Dia telah menyelesaikannya. Kita tidak harus menunggu sampai zaman kita. Jika Yesus dapat menyelamatkan seluruh dunia, maka Dia telah melakukannya saat itu juga. Jika Buddha dapat menyelamatkan seluruh dunia, maka giliran saya dan Anda tidak akan datang. 
Anda lihat  betapa sulitnya itu? Karena kita terlalu bangga dan angkuh. Kita kira kita tahu terlalu banyak hal. Kita tahu Sutra ini, kita tahu Alkitab itu, kita tahu semua ini dan itu. Kita menghafal segalanya, dan kita kemudian demikian bangga dengan pengetahuan kita yang dangkal itu sehingga kita kira kita telah tahu segalanya. Jadi, kapan pun jika ada seseorang ingin mengajarkan kita sesuatu yang baru, kita menolaknya. Atau kita berusaha menemukan kesalahannya, mengecam, atau menunjukkan kepada orang lain bahwa kita sangat luar biasa, bahwa kita tahu segalanya, atau tahu lebih baik daripada orang itu. Tetapi dengan demikian, kita hanyalah mencelakai diri sendiri dan menghalangi jalan kita untuk bebas, menghalangi jalannya pengetahuan sejati. Kita menanggapi semua iklan sebagai hal yang sejati dan merasa bangga atas hal itu.

Inisiasi yang Sejati
 Disampaikan oleh Maha Guru Ching HaiMeditasi Kelompok di London, Inggris, 10 Maret 1998
(Asal dalam bahasa Inggris) 
T: Guru, jika seseorang sebelumnya pernah diinisiasi oleh Guru, tetapi ia tidak mengucapkan Nama-nama Suci, dan tidak bermeditasi, maka pada saat kematiannya, apakah Anda akan datang menjumpainya? 
G: Tidak. 
T: Mengapa tidak? Ia pernah diinisiasi sebelumnya...... 
G: Tetapi ia tidak ingin pulang ke Rumah! 
T: Karena pada saat inisiasi, inisiasi berhubungan dengan jiwa, bukan dengan tubuhnya. 
G: Saya tahu itu. Tetapi, jika jiwa itu tidak ingin...... 
T: Karena anak laki-laki saya diinisiasi, tetapi dia tidak bermeditasi. 
G: Saya tahu. Saya sedang berusaha untuk menjelaskan hal itu kepada Anda sekarang. Jiwanya diinisiasi jika ia datang untuk inisiasi. Ia mungkin saja datang, tetapi jiwanya tidak menginginkannya, mungkin hanya tubuhnya saja yang datang. Itulah mengapa setelah inisiasi, dia meninggalkan segalanya. Dia hanya ingin tahu. Dia datang, tetapi dia tidak masuk ke dalam jiwanya. 
Maka, jiwa itu penting. Jika dia datang ke sana, akan tetapi jiwanya belum siap, maka dia tidak mempunyai keinginan untuk kembali ke Rumah. Jadi, ia tidak bermeditasi, tidak mengucapkan Nama-Nama Suci, dan tidak menjalankan berbagai pantangan. Jadi, semua terserah kepada dirinya, kebebasannya. Saya tidak dapat memaksanya untuk pulang ke Rumah. 
T: Tetapi, ia telah diinisiasi oleh Guru...... 
G: Saya tahu itu, tetapi dia sendiri harus menginginkannya. 
T: Dia ingin agar Guru membawanya, maka saya membawanya untuk inisiasi agar dia dapat pulang ke Rumah dan kembali kepada Tuhan di masa kehidupan ini. 
G: Jika dia menginginkannya. 
T: Apakah dia akan kembali kepada Tuhan dalam kondisi demikian? 
G: Jika dia menginginkannya. Tetapi, saya juga pernah mengatakan bahwa jika Anda menginginkannya, Anda dapat kembali. Jika jiwa Anda menginginkannya, Anda dapat kembali. Saya juga mengatakan itu. Jiwanya harus menginginkannya, bukan tubuhnya.
T: Bukan tubuhnya.  
G: Ya. Maka, pada saat inisiasi, jika jiwanya belum benar-benar menginginkannya, maka ia mungkin saja datang bersama Anda, karena Anda adalah ayahnya, karena ada Gurunya, tetapi dia tidak sungguh-sungguh masuk ke dalam jiwanya. Jika jiwanya tetap menginginkan pengalaman dalam kehidupan ini atau kehidupan berikutnya, maka dia bebas untuk mengalaminya lagi. Maka, dia akan menemukan Guru yang lain pada waktu itu. Saya hanya membicarakan tentang inisiasi yang sejati. 
T: Guru harus pergi menemuinya, karena dia milik Tuhan; dia menghargai Tuhan. 
G: Maka, dia harus melakukan tugasnya sendiri. Saya tidak memberi inisiasi kepada orang yang malas! Saya tidak mengatakan bahwa inisiasi membawa Anda ke Kerajaan Allah. Saya mengatakan bahwa inisiasi memberi Anda pencerahan. Dan meditasi, disiplin, pola hidup vegetarian, serta kerinduan jiwalah yang akan membawa Anda ke Kerajaan Allah. Anda harus layak untuk mendapatkannya. Jika tidak, saya telah mengatakan, “Oke, mari, mari semua datang inisiasi dan tidak perlu berpola makan vegetarian, lalu pulang ke Rumah.” Tidaklah adil! Anda menginginkan makanan yang murah. (Gelak tertawa)


Sumber : http://godsdirectcontact.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar