Jumat, 30 Maret 2012

April Mop


April Mop, dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop". Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.
Bahasa pemograman PHP pun merayakan April Mop ini dengan mengganti logo php pada setiap page 'php info'. Perhatikan logo PHP pada php info, setiap tanggal 1 April, logo tersebut akan berubah menjadi gambar-gambar lain yang lucu, misalnya gambar anjing, gambar drakula, dan gambar Batman.


Lelucon terkenal

  • Albama Mengubah Nilai Pi: Newsletter New Mexicans pada April 1998 mengandung artikel yang ditulis oleh seorang ahli fisika Mark Boslough yang menyebutkan bahwa undang-undang Alabama telah mengubah nilai dari konstanta pi ke angka 3.0. Pernyataan ini sebelumnya pernah muncul pada cerita berita novel fiksi ilmiah tahun 1961, Stranger in a Strange Land oleh Robert A. Heinlein., namun lihat juga yang sebenarnya pada peristiwa Tagihan Pi Indian
  • Pohon Spaghetti: Program televisi BBC, Panorama membuat sebuah lelucon terkenal pada tahun 1957, yang menampilkan orang-orang Swiss memanen spaghetti dari pohon. Banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri. Hal ini pernah difilmkan di St. Albans
  • Tangan Kiri Whoppers: Pada tahun 1998, Burger King memasang iklan di USA Today yang menyatakan bahwa orang-orang bisa mendapatkan Whopper adalah orang-orang yang kidal karena bumbu yang dirancang hanya menetes dari sisi kanan. Pelanggan tidak hanya memesan burger baru, tetapi beberapa secara khusus meminta burger yang "lama" yakni burger tangan kanan.[6]
  • Taco Liberty Bell: Pada tahun 1996, Taco Bell mengeluarkan satu halaman penuh iklan di The New York Times yang mengumumkan bahwa mereka telah membeli Liberty Bell untuk "mengurangi utang negara" dan menamainya dengan "Taco Liberty Bell." Ketika ditanya mengenai penjualan, Sekretaris Pers Gedung Putih Mike McCurry menjawab tentang Monumen Lincoln yang juga sudah dijual dan untuk selanjutnya akan dikenal sebagai Mercury Lincoln Memorial. 
  • San Serriffe: The Guardian dicetak pada tahun 1977 suplemen memuji fiktif ini resor, dua pulau utama (Kasus Atas dan Kasus Bawah), modal (Bodoni), dan pemimpin (Jenderal Pica). Pembaca yang penasaran kemudian kecewa ketika mengetahui bahwa San Serriffe (sans serif) tidak ada pengecualian sebagai acuan untuk menjadi tipografi terminologi. (Ini berasal dari cerita Jorge Luis Borges).)
  • Hari DT: Pada tahun 2008 selebaran itu diserahkan di kampus Universitas Brigham Young yang menyatakan bahwa yang terakhir dalam serangkaian asrama bangunan yang dirobohkan itu dijadwalkan akan meledak pada tanggal 1 April. Ratusan orang bersemangat muncul untuk melihat ledakan, tetapi ketakutan mereka itu tidak pernah terjadi. Biang keladinya pun tidak pernah diketahui. 
  • Waktu Metrik: berulang kali di berbagai negara, lelucon ini melibatkan mengklaim bahwa sistem waktu akan berubah menjadi satu dalam satuan waktu yang didasarkan pada pangkat 10.
  • Smell-o vision: Pada tahun 1965, BBC diakui untuk melakukan uji coba teknologi baru memungkinkan transmisi bau melalui gelombang udara kepada semua pengunjung. Banyak pemirsa dilaporkan BBC dihubungi untuk melaporkan kesuksesan sidang. Pada tahun 2007, situs BBC kedua versi online diyatakan merupakan sebuah tipuan.
  • Menara Pisa: berita televisi orang Belanda pada tahun 1950 melaporkan bahwa Menara Pisa telah terjatuh. Banyak orang terkejut dan segera menghubungi stasiun.
  • Write Only Memory: Signetics pernah mengiklankan Databook Write Only Memory IC" pada tahun 1972 melalui akhir 1970-an.

 

Peristiwa


Rutinitas lelucon April Mop sering membuat orang-orang yang memperingatinya sering meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April.Tsunami April Mop di Hilo, Hawaii.
  • Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan "Tsunami April Mop", karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
  • Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.
  • AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.
  • Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.
  • Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.
  • Pada 1 April 1993, juara NASCAR Winston Cup Series Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.
  • Deathrock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.
  • Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.
  • Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.
  • Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.
  • Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

 



Sumber : http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar