Minggu, 08 Juli 2012

Wow! Helm 'Berpopok' Buatan Siswa SMP Dilirik Perusahaan Top


Jakarta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) rutin mengadakan lomba karya inovasi anak sekolah. Siapa sangka, salah satu karya mereka dilirik perusahaan besar. Seperti yang terjadi pada seorang siswa SMP di Surabaya.

Linus Nara Pradhana, siswa SMP Petra Surabaya membuat inovasi Water Coated Helmet atau helm dengan lapisan popok. Karya ini mampu menyedot perhatian juri dan mendapat medali emas di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu. 

Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono menerangkan, karya Nara dianggap terbaik karena sederhana dan mudah diaplikasikan. Tak heran, sebuah perusahaan besar pun melirik karya itu untuk dijadikan produk massal.

"Bahkan kata bapaknya sudah transaksi. Tapi itu rahasia pribadi, dia nggak mau disebut namanya. Wajarlah, namanya temuan seperti itu," kata Bogie saat berbincang dengan detikcom, Minggu (8/7/2012).

Menurut Bogie, karya Nara adalah salah satu dari 600 inovasi yang ikut serta dalam lomba yang digelar LIPI tiap tahun. Dari sekian banyak itu, dipilih tiga pemenang dan tiga finalis yang bertarung di ajang inovasi internasional.

"Yang dapat medali gold itu Nara, inovasi dia itu dia berfikir helm itu kalau dipakai kepanasan nggak bagus untuk otak. Nah bagaimana caranya supaya kepala itu tetap cool. Setelah dicoba beberapa metode, akhirnya dia pakai itu diaper bayi yang memantulkan panas, jadi helm itu nggak panas lagi," jelas Bogie bangga.

Helm itu seperti alat pelindung kebanyakan. Namun diberi lapisan berbahan popok yang tidak menyerap panas. Menurut Bogie, suhu di helm bisa turun seperlima dari sebelumnya.

"Kalau helm biasa sampai 40 derajat, ini bisa sampai 30-32 derajat," terangnya.

Selain Nara, ada sejumlah pelajar lain yang mendapat penghargaan di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) Ke-12 di Thailand ini. Mereka antara lain Hermawan Maulana dan Zihramna Afdi siswa kelas 2 SMA Negeri 3 Semarang dengan karya Carbofil Application for Carbon-Oxygen Separation in Smoking Room.

Untuk inovasi terakhir, kedua siswa menciptakan alat yang mengubah asap rokok menjadi oksigen. Tujuannya agar perokok kerasan di smooking room.





Sumber : http://news.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar