Senin, 16 Juli 2012

Mengapa botol air mineral tidak boleh dipakai berulang kali

Di zaman modern seperti sekarang segalanya semakin maju. Namun jika dilihat efek negatifnya juga semakin banyak. Pernahkan kamu berfikir tentang berbagai penyakit yang ada sekarang merupakan akibat dari lingkungan sekitar. Berbagai macam sampah ada dimana-mana rumah, kantor bahkan jalan umum pun digunakan sebagai sarana pembuangan sampah.


Sampah yang paling sering terlihat adalah plastik. Parahnya lagi plastik merupakan salah satu limbah yang sulit menyatu oleh tanah. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun agar plastik bisa terlebur di dalam tanah.


Kabar yang paling gencar saat ini adalah bahwa botol plastik kemasan air mineral dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Konon kabarnya dapat menyebabkan kanker payudara. Apalagi air kemasan yang sudah berhari-hari di dalam mobil dan terkena hawa panas. Jenis bahan kimia yang ada di dalam botol tersebut sangat berbahaya.


Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik air mineral dan menaruhnya di mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastik botol (disebut juga sebagai Polyethylene Terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat-zat karsinogen.Kamu bisa melihat kode atau Simbol PET yang terletak di bagian bawah botol.


Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, Tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum.


Secara otomatis air yang kamu minum akan masuk kedalam tunuh bersamaan dengan bahan kimia yang tercampur. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai berulang-ulang, jangan memakai botol plastik. Makanya buat kamu semua mulai lah bergaya hidup sehat sejak awal. Agar tidak sesal dikemudian hari.




Sumber : http://www.indo-voice.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar