Kamis, 19 Juli 2012

Makan Ini Saat Sahur Agar Kenyang Lebih Lama!

img
Tak terasa kita sudah berjumpa lagi dengan bulan Ramadan. Umat Muslim pun akan rutin menjalankan sahur dan berbuka puasa selama sebulan ke depan. Agar kuat menjalani puasa, kita harus bersantap sahur dengan makanan dan minuman yang membuat kenyang lebih lama.

Menurut Purnawati Hustina Rachman, community nutritionist dari IPB, serat dan protein adalah elemen penting dalam makanan sahur. Makanya, pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman berikut agar tetap berstamina hingga magrib tiba.



img


1. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang kaya akan serat. Serat tergolong dalam karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna, namun sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Sayur-sayuran tersebut dapat dijadikan lalap, direbus, dikukus, atau ditumis untuk santapan sahur.


img


2. Buah-buahan
Usai bersantap sahur, Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum imsak untuk mengonsumsi buah-buahan. Serat yang terkandung dalam buah tidak dapat dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Semakin lama makanan berada di lambung, semakin lama perasaan kenyang yang ditimbulkan. Coba pisang, apel, dan pir untuk sahur.


img


3. Daging sapi rendah lemak
Penelitian terkini menunjukkan bahwa diet tinggi protein dan rendah lemak mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga baik dikonsumsi saat sahur. Daging sapi yang telah dibuang lemaknya bisa diolah menjadi santapan sahur yang lezat.


img


4. Ikan
Ikan yang kaya protein juga cocok untuk lauk sahur. Namun, sebaiknya jangan digoreng karena akan menambah lemak. Dipepes atau dibuat sup adalah beberapa metode penyajian ikan yang lebih sehat.


img


5. Susu kedelai
Kalau tak sempat bersantap sahur dengan makanan lengkap, Anda bisa minum susu kedelai. Protein di dalamnya cukup tinggi, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.


img


6. Sari kacang hijau
Sama seperti susu kedelai, sari kacang hijau juga tinggi protein. Sediakan selalu sari kacang hijau siap minum di kulkas, terutama di bulan puasa. Jika sewaktu-waktu Anda bangun menjelang imsak, Anda dapat meneguk minuman ini dan akan kuat menahan lapar hingga azan magrib berkumandang.

(fit/odi)





Sumber : http://food.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar