Kamis, 05 Juli 2012

Planet Merkurius Menyimpan Misteri


Planet terkecil dalam sistem tata surya, merkurius, ternyata menyimpan sejumlah misteri yang menarik para ilmuwan untuk meneliti planet tersebut. Merkurius juga dijuluki oleh ilmuwan sebagai planet "wonderfully dynamic" atau sangat dinamis.

"Merkurius adalah planet yang sangat dinamis," ujar Sean Solomon dari Carnegie Institution of Washington, seperti dilansir Discovery, Rabu (4/7/2012). Sean mengungkapkan beberapa temuan mengenai merkurius, usai melakukan pertemuan American Astronomical Society idi Anchorage, Alaska.

Merkurius memiliki sejarah vulkanik yang tidak terduga, yang mana terdapat banjir lava tebal di permukaan planet itu. Tidak seperti bulan, merkurius memiliki dataran rendah yang luas, hanya beberapa mil di atas ketinggian permukaan.

Planet ini memiliki apa yang disebut sebagai konsentrasi massa, atau "mascons", yang merupakan bangkai asteroid yang menabrak planet tersebut. Selain itu, permukaan merkurius yang tidak rata menampilkan hollow (cekungan). Hal yang masih menjadi misteri adalah bagaimana cekungan yang dapat bersinar itu bisa terbentuk.

Interior di dalam planet merkurius memiliki diferensiasi kompleks yang terdiri dari berbagai paduan. Di bawah kerak berbatu tipis, terletak mantle (lapisan) besi sulfida padat. Lapisan tersebut berada di atas sebuah permukaan yang cair.

Melalui satelit robot MESSENGER (MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry and Ranging) mengungkapkan bahwa merkurius memiliki ragam kimia yang tidak terbentuk sederhana. Hasil tangkapan foto satelit itu juga memperlihatkan adanya endapan cerah yang diduga merupakan air, tersembunyi di daerah gelap di kutub planet. 


Sumber : http://www.zona-kita.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar