Sabtu, 14 Juli 2012

Google peringati Kelahiran Gustav Klimt


Gustav Klimt

JAKARTA, KOMPAS.com--Mesin pencari Google hari ini memperingati kelahiran pelukis beraliran simbolisme dari Austria, Gustav Klimt, dengan memajang lukisan Klimt yang berjudul "The Kiss" pada halaman mukanya.
Menurut laman resmi Museum Klimt, tokoh terkemuka gerakan Vienna Secession itu lahir tanggal 14 Juli 1862 di Baumgarten, Austria.

 Karya Klimt sangat banyak, antara lain meliputi lukisan, dan mural sketsa. Subyek lukisan Klimt utamanya tubuh perempuan dan karyanya disebut menggambarkan erotisme secara jujur.

Pada periode yang disebut "masa keemasan", Klimt membuat karya-karya lukis menggunakan helaian emas. 

Penggunaan emas terlacak pada lukisan "Pallas Athene" (1898) dan "Judith I" (1901), meski karya paling populer pada masa ini adalah "the Portrait of Adele Bloch-Bauer I" (1907) dan "The Kiss" (1907–1908). 

Lukisan-lukisan Klimt dihargai sangat tinggi untuk karya individual. Pada November 2003, lukisannya yang berjudul "Landhaus am Attersee" terjual dengan harga 29,1 juta dolar AS.

Tahun 2006, lukisan "te Portrait of Adele Bloch-Bauer I" juga dibeli Neue Galerie New York dengan harga 135 juta dolar AS.

Nilai itu jauh melebihi harga lukisan Picasso tahun 1905 berjudul "Boy With a Pipe" yang tahun 2004 terjual dengan harga 104 juta dolar AS dan dianggap sebagai lukisan paling mahal.


Sumber : http://oase.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar