Jumat, 27 Juli 2012

China Menuai Protes Akibat Pemenangnya Dianggap Jelek [+Photo]


Belakangan kontes kecantikan di berbagai belahan dunia sedikit dibumbui kontroversi dengan kehadiran wanita transgender sebagai peserta. Di AS, kontes kecantikan MISS USA 2012 bahkan dimenangkan oleh salah satu dari mereka. 
Namun berbeda dengan di China, atau lebih tepatnya di Chongqing, sebuah kontes kecantikan menuai kontroversi. Tapi bedanya, ini bukan soal wanita transgender, melainkan pemilihan pemenangnya yang dianggap sangat tidak masuk diakal.

Kontroversi itu terjadi karena kontestan yang menjadi pemenang dianggap tidak pantas mewakili kecantikan wanita Chongqing. Dengan kata lain, sang pemenang dianggap terlalu jelek untuk standar mereka.

Kabar ini heboh setelah seorang pengguna internet memposting foto para pemenang yang ikut dalam ajang 'Miss International 2012 Beauty Pageant Chongqing'. Banyak netizen (pengguna internet) di sana mengkritik keputusan juri yang menenangkan wanita malang tersebut. Beberapa bahkan menganggap hasil dari kontes kecantikan itu telah direkayasa.

Menanggapi hal ini, pihak penyelenggara awalnya bersikap cuek. Mereka tetap tidak bergeming dengan keputusan mereka memilih ketiga pemenang.

"Tiga kontestan ini berhak menang setelah menjalani serangkaian penilaian. Pemenangnya terlihat jelek di foto hanya karena masalah teknis" ujar Lan Rong, perwakilan dari pihak penyelenggara. "Ketiga pemenang itu semuanya cantik dan sang ratu (juara pertama) punya kriteria internasional. Mereka akan mewakili Chongqing dalam ronde final Agustus mendatang."


Lan Rong, perwakilan dari kontes kecantikan Chongqing.

Sayangnya penjelasan itu masih dianggap tidak cukup. Dan lagi-lagi banyak yang tetap menganggap keputusan itu absurd. Terakhir, entah karena banyaknya protes, pihak penyelenggara akhirnya memutuskan untuk melakukan kontes kecantikan season kedua. Namun mereka bersikeras bahwa kontes ini diadakan kembali bukan karena dorongan tersebut sekaligus menganggap pemenang sebelumnya akan tetap ikut di babak final mewakili Chongqing.

Lihat fotonya di bawah ini. Anda mungkin bisa menilai apakah kontes ini rekayasa atau tidak.


Dari kiri ke kanan, juara dua, juara pertama dan juara ketiga.


Wah, sepertinya juara ketiga yang mendapat perhatian paling banyak :).


Ini foto keduanya, bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar