Senin, 02 Juli 2012

Bayi di Afsel Lahir dengan Kemaluan Tumbuh di Kepala



img 
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Tsolo, Afsel, Kelainan bentuk atau deformasi parah terjadi pada seorang bayi di Afrika, baru-baru ini. Wajah bayi yang sebenarnya berjenis kelamin perempuan ini ditumbuhi alat kelamin laki-laki, sementara hidung dan salah satu matanya tidak tumbuh.

Kasus yang cukup aneh ini dilaporkan oleh para dokter dari Dr Malizo Mpehle Memorial Hospital di Tsolo, Afrika Selatan. Ketika lahir, bayi berjenis kelamin perempuan ini hanya memiliki satu mata dan sama sekali tidak memiliki hidung di wajahnya.

Sebagai gantinya, bayi malang ini justru ditumbuhi jaringan memanjang mirip penis atau alat kelamin laki-laki di dekat satu-satunya mata yang ada di wajahnya. Entah bagaimana bisa dipastikan bahwa benda itu adalah penis, sebab selain tumbuhnya di wajah juga jenis kelamin si bayi adalah perempuan.

"Dia lahir dengan penis kecil di wajahnya dana hanya memiliki satu mata. Dia tidak punya hidung dan di tempat seharusnya matanya berada, hanya ada kulit yang menutupi area tersebut," kata Sizwe Kupelo, juru bicara departemen kesehatan distrik Eastern Cape, seperti dikutip dari Sowetanlive, Rabu (27/6/2012).

Kelainan yang dialami oleh si bayi yang lahir dari seorang remaja putri berusia 16 tahun asal Qumbu ini bukan hanya terjadi di bagian wajah. Di bagian pencernaan, usus halus dan usus besarnya juga dilaporkan terburai atau berada di luar rongga perut.

Sayangnya, bayi ini tidak bisa bertahan lama dan meninggal beberapa saat setelah dilahirkan. Pun belum ada gambar resmi yang dipublikasikan oleh rumah sakit yang merawatnya.

Namun diakui oleh Kupelo, tingkat kecacatan bayi yang tercatat di distrik ini cukup tinggi. Tahun ini saja, pihaknya sudah menemukan 29 kasus bayi lahir dengan kecacatan atau deformitas serius.

Awal bulan lalu misalnya, sepasang bayi kembar siam lahir di distrik ini, juga di Dr Malizo Mpehle Memorial Hospital. Kasus itu sendiri adalah kasus bayi kembar siam kelima dalam 18 bulan terakhir.

Tahun lalu sekitar bulan November, seorang anak lahir dengan jantung di luar di Port Elizabeth. Kasus lain lagi, masih di bulan November 2011, seorang bayi lahir di Middleberg dengan otak berada di luar kepala.
(up/ir)



Sumber : http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar