Jumat, 13 Juli 2012

5 Tokoh Terkenal Ini Hilang Misterius



Jakarta Dunia tak pernah lepas dari cerita misteri. Tak terkecuali, tokoh-tokoh terkenal yang hilang misterius. Mereka hilang karena membela idealismenya, atau gugur dalam tugas, entah diculik oleh rezim berkuasa, melawan korporasi dan pemerintah dalam ilegal logging atau hilang dalam misi penerbangan.

Berikut 5 tokoh terkenal yang hilang misterius:



(dok postalmuseum.edu)

1. Amelia Earhart
Amelia Earhart, pilot wanita terkenal asal Amerika Serikat hilang secara misterius bersama pesawatnya di lautan pasifik 75 tahun lalu. Saat itu, dia bersama sang navigator berupaya mengelilingi dunia dengan pesawat twin-engine Lockheed Electra.

Mereka terlihat terbang terakhir pada 2 Juli 1937 dari Papua Nugini menuju Pulau Howland. Di tengah jalan, pesawat itu hilang kontak dan dinyatakan hilang setelah dipastikan kehabisan bahan bakar.

Beberapa spekulasi selama ini menyebutkan, Earhart dan navigator Noonan jatuh di pulau terpencil di Nikumaroro, bagian dari Repubilk Kiribati. Upaya pencarian besar-besaran saat itu buntu.

Kini, setelah 75 tahun para peneliti berusaha melakukan pencarian kembali.


2. Heinrich Mueller
Heinrich Mueller adalah orang dekat pemimpin NAZI Adolf Hitler. Dia adalah orang paling dicari terkait dengan kekejaman perang dunia ke dua.

Sosoknya terakhir kali terlihat di bunker pada malam 1 Mei 1945, hari setelah Hitler bunuh diri. Sejak hari itu, tidak ada yang tahu ke mana dia pergi. Semuanya masih misteri.

Spekulasi yang muncul, Mueller dibunuh atau bunuh diri ketika masa-masa kejatuhan tembok Berlin. Namun tubuhnya tak pernah ditemukan.

Kemungkinan lain, dia kabur ke Amerika Selatan setelah peristiwa kejatuhan tembok Berlin. Di sana, dia hidup tak terlacak dan identitasnya tetap dirahasiakan.

Soal kematian Hitler pun masih diselimuti misteri. Namun sejumlah sejarawan masih yakin pria berkumis tipis itu meninggal karena bunuh diri.


(dok ariyurino.wordpress.com)

3. Wiji Thukul
"Maka hanya ada satu kata: lawan!" Demikian petikan puisi berjudul 'Peringatan' karya Wiji Thukul pada tahun 1986 di masa rezim Orde Baru.

Wiji adalah seorang aktivis yang juga budayawan. Dia banyak menulis puisi, karya musik dan mendirikan sebuah grup teater. Karya-karyanya cukup kritis, terutama menyangkut masalah HAM dan tirani orde baru.

Pria kelahiran 23 Agustus tahun 1963, itu hingga kini adalah sosok yang masih terus dicari keberadaannya. Dia hilang misterius saat kerusuhan tahun 1998 meletus.

Thukul yang tergabung dalam Partai Rakyat Demokratik (PRD) itu menjadi salah satu pengorganisir demo buruh di Indonesia. Saat aksi tahun 1995, dia sempat menjadi korban kekerasan aparat.

Pada tahun 1998, Thukul menghilang. Kontak terakhirnya dia bersama sang istri adalah pada bulan Februari 1998. Pada bulan April, dia masih terlihat menggelar aksi di Tangerang, namun setelah itu jejaknya tak terlihat lagi. Dugaan paling kuat, dia menjadi korban penculikan aktivis anti-Soeharto oleh aparat yang saat itu memang marak.

(dok borneolive.radicaldesign.org)
4. Bruno Manser
Bruno Manser adalah seorang aktivis lingkungan asal Swiss yang banyak bertugas di perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Kalimantan. Manser terlihat terakhir pada tahun 2000 di sebuah desa terisolasi Bario, dekat perbatasan Indonesia-Malaysia. Komunikasi terakhirnya dengan sang pacar dilakukan pada bulan Mei tahun 2000.

Manser adalah aktivis yang membuat gerah Pemerintah Malaysia, terutama para cukong-cukong kayu. Dia sempat menggagas aksi blokir truk-truk pengangkut kayu ilegal logging.

Setelah dilakukan berbagai upaya pencarian, Manser akhirnya dinyatakan tewas pada 10 Maret 2005. Hingga kini, penyebab kematiannya masih menjadi misteri, jasadnya juga tak bisa ditemukan.


5. Frederick Valentich
Frederick Valentich adalah pilot pesawat Cessna 182L yang berbasis di Australia. Dia menghilang pada tahun 1978 saat hendak mendarat ke Bandara Moorabbin.

Saat berada di radius 127 mil atau 204 km dari ATC Melbourne, Valentich mengabarkan pengelola lalu lintas udara Melbourne, bahwa dia diikuti oleh sebuah pesawat yang berada di ketinggian 1.000 kaki di atasnya. Dia menggambarkan beberapa aktivitas yang aneh di pesawat tersebut.

Sejak saat itu, Valentich dan pesawatnya tak pernah ditemukan. Pihak KNKT Australia menyimpulkan, penyebab hilangnya pesawat Valentich tak bisa diketahui.

Spekulasi pun bermunculan. Ada yang menyebut, Valentich diculik oleh UFO. Pesawat yang berada di atasnya saat itu adalah pesawat alien. Namun hingga kini, spekulasi itu tetap menjadi misteri.
(mad/nwk) 


Sumber : http://news.detik.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar