Selasa, 03 Juli 2012

10 Fenomena Misterius Tak Bisa Dijawab Sains


VIVAnews - Melalui ilmu pengetahuan, manusia berusaha mengerti dirinya sendiri dan lingkungan di sekitarnya. Namun, manusia tidak selalu mendapat jawaban dan penjelasan pada kejadian-kejadian aneh.

Berikut 10 fenomena yang tidak bisa dijelaskan ilmu pengetahuan, seperti dilansir dari laman Live Science:

10. Dengungan Taos
Beberapa penduduk dan pengunjung di sebuah kota kecil di Taos, New Mexico sudah bertahun-tahun diganggu dan dibikin pusing tujuh keliling oleh dengungan frekuensi rendah yang lemah tapi misterius. Dengungan ini terdengar di padang pasir. Anehnya, hanya 2 persen penduduk Taos yang melaporkan pernah mendengar suara itu.

Beberapa orang percaya, dengungan itu adalah suara tak wajar, ada pula yang menganggap histeria masal, bahkan ada yang menganggap sebagai sesuatu yang jahat. Tak ada satu pun yang bisa menjawab sumber atau asal dengungan ini.

9. Bigfoot
Selama puluhan tahun, makhluk besar berbulu bernama bigfoot ini dilaporkan beberapa warga di seluruh Amerika. Kalaupun, populasi bigfoot ini menginjak angka ribuan, tapi tak satupun tubuh makhluk ini pernah ditemukan.

Selain itu, tak satu pun jasad bigfoot yang dibunuh pemburu, ditabrak mobil ngebut, atau bahkan mati karena sakit atau menua. Minimnya bukti nyata keberadaan makhluk ini--seperti gigi atau tulang-- membuat sebagian orang tak percaya. Meski ada beberapa saksi yang menawarkan foto yang ambigu.

Karena secara logika bukti tak ada, ilmuwan pun tak pernah bisa membuktikan makhluk seperti bigfoot atau Loch Ness raksasa itu ada atau tidak. Mungkin makhluk misterius ini mengintai dari kejauhan.

8. Intuisi
Kadang-kadang kita bisa merasakan intuisi atau sering juga disebut indera keenam ini. Tentu saja, intuisi ini tidak selalu benar, tapi di lain kesempatan 'indera' ini bekerja dengan baik. Tanpa sadar, psikolog mencatat, manusia mengambil informasi dari dunia sekitar mereka. Hal ini, memimpin kita untuk merasakan atau mengetahui informasi tanpa tahu --dengan pasti-- bagaimana kita tahu informasi itu. Tapi,  kasus-kasus intuisi tetap saja sulit dibuktikan dan dipelajari.

7. Penghilangan misterius
Orang menghilang karena berbagai alasan, kebanyakan melarikan diri, kecelakaan, diculik lalu dibunuh, dan sebagainya. Tapi, pada akhirnya mereka ditemukan. Tapi, tidak dengan penghilangan secara misterius. Beberapa orang tampaknya menghilang tanpa jejak.

Biasanya, orang hilang bisa ditemukan melalui penyelidikan polisi, pengakuan, atau tanpa sengaja oleh 'detektif psikis.' Tapi, ketika bukti penghilangan ini minim, polisi pun tak berkutik. Bahkan ilmu forensik pun tak dapat memecahkan kejahatan itu.

6. Hantu
Beberapa program televisi, film, dan lainnya menggambarkan bagaimana arwah orang mati muncul dalam peradaban dan cerita rakyat. Banyak orang yang mengaku pernah melihat penampakan bayangan orang asing atau orang terkasih, padahal sudah meninggal dunia.

Walau bukti pasti keberadaan hantu ini masih diperdebatkan, saksi-saksi terus melaporkan penglihatan mereka. Baik pengakuan melihat, memotret, bahkan berkomunikasi dengan para hantu.

Investigator hantu berharap suatu hari nanti arwah orang meninggal bisa berkomunikasi dengan orang hidup sehingga mengakhiri misteri ini.

5. Deja vu
Deja vu berasal dari bahasa Prancis yang berarti 'pernah melihat,' di mana seseorang merasa beda, bingung, dan misterius karena pernah melihat atau merasakan satu kondisi saat ini, di masa lampau.

Misalnya, seorang wanita yang berjalan di sebuah gedung di sebuah negeri asing baginya. Tapi, si wanita ini merasa sangat akrab dan familiar dengan penataan ruangan di gedung tersebut. Beberapa orang menganggap ini sebagai atribut dari kehidupan sebelumnya. Seperti intuisi, penelitian dan psikologi sudah menawarkan penjelasan yang lebih alami, tapi tetap saja ini fenomena yang misterius, termasuk penyebabnya.

4. UFO
Banyak kalangan yang tak meragukan eksistensi Unidentified Flying Objects (UFO). Banyak orang yang melihat gambaran misterius di langit, mulai dari pesawat sampai meteor. Apakah salah satu diantara objek itu adalah pesawat alien, masih perdebatan juga. Mengingat posisi Bumi di tengah-tengah alam semesta, UFO belum bisa dijelaskan sains.

3. Kehidupan Setelah Kematian
Beberapa orang-orang yang pernah mengalami situasi di ujung kematian, melaporkan beberapa pengalaman mistik, seperti berjalan di terowongan dan melihat cahaya, Bertemu dengan orang-orang terkasih, perasaan damai, dan sebagainya. Hal ini dapat menunjukkan eksistensi setelah kematian.

Tapi sejauh ini, belum ada bukti kuat atau informasi yang bisa verifikasi dari kehidupan setelah kematian. Para skeptis menduga pengalaman mendekati kematian itu bisa dijelaskan sebagai halusinasi alami dari trauma otak. Tapi, tetap saja fenomena ini belum terjawab. Atau orang-orang tersebut memang membawa misi khusus dari dunia kematian?

2. Kekuatan Supranatural
Kekuatan supranatural dan ekstra-sensorik persepsi (extra-sensory perception/ESP) termasuk deretan top fenomena misterius karena banyaknya orang yang percaya padanya, seperti juga intuisi. Banyak orang percaya bahwa intuisi adalah bentuk kekuatan batin untuk menyingkap misteri atau ilmu khusus mengenai dunia dan masa depan.

Peneliti sudah menguji secara ilmiah orang-orang yang mengaku punya kekuatan supranatural. Hasilnya, negatif atau ambigu.Beberapa beralasan bahwa kekuatan batin ini tidak bisa diuji. Untuk beberapa argumentasi, kekuatan ini kurang dipercaya kaum skeptis dan ilmuwan. Tapi, kalaupun kekuatan ini benar ada, sains tidak akan bisa membuktikan atau menyangkal kekuatan batin ini.

1. Hubungan Tubuh/Pikiran
Ilmu kedokteran baru mulai memahami cara-cara di mana pikiran mempengaruhi tubuh. Efek placebo, misalnya, menunjukkan pasien bisa merasa membaik dari penyakitnya saat percaya pengobatan yang dia jalani efektif--meski sebenarnya penyakitnya membaik atau tidak sama sekali.

Melalui proses yang kurang dimengerti, kemampuan tubuh dan menyembuhkan diri sendiri saja jauh lebih menakjubkan dari obat modern apapun yang tercipta saat ini. 






Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar