Jumat, 20 Juli 2012

Inilah pilihan menu alternatif bila kepepet !!!

Minggu pertama puasa membuat sebagian orang belum terbiasa untuk bangun jam 3 pagi. Kesiangan bangun sahurpun pasti terjadi. Meskipun begitu, Anda masih bisa tetap menyiapkan makanan yang praktis namun cukup nutrisi.

Kesiangan bangun, sempit waktu, bukan alasan untuk tak bisa memilih menu sahur yang sehat dan lengkap nutrisi. Berikut menu makanan yang paling sering dikonsumsi saat kesiangan bangun sahur komplet dengan nutrisinya.



1. Nasi, telur dadar dan abon
img
Pilihan praktis ini bisa disajikan saat kesiangan bangun sahur. 100 g nasi dengan taburan abon dan telur dadar mengandung nutrisi sekitar 287,2 kkal energi, 17,97 g protein, 11,97 g lemak, 40,42 g karbohidrat dan 0,2 g serat. Anda juga bisa tambahkan segelas susu skim, dengan tambahan kalori sekitar 36 kkal energi.

2. Mi rebus plus telur
img
Cukup lima menit membuatnya, mi instan plus telur adalah salah satu menu andalan saat terlambat bangun sahur. Agar nutrisinya bertambah bisa ditambah sayuran seperti caisim dan tauge. Seporsinya mengandung nutrisi sekitar 211,2 kkal energi, 8,87 g protein, 7,48 g lemak, 7,42 g karbohidrat dan 6 g serat.

3. Nasi, rendang dan kerupuk 
img
Rendang merupakan lauk yang bisa disimpan. Saat kesiangan bangun menu ini bisa jadi pilihan tepat. Mengandung energi sebanyak 450 kkal, 14 g protein, 9 g lemak, 39 g karbohidrat dan 0,2 serat. Untuk tambahannya Anda bisa meminum teh hangat atau susu skim.

4. Mi goreng instan plus telur 
img
Mi instan adalah makanan yang paling banyak disukai saat puasa. Jika ingin dijadikan menu sahur, tambahkan juga telur dan sayuran. Seporsinya Anda akan mendapatkan cukup nutrisi, yaitu 410 kkal energi, 5 g protein, 3,3 g lemak, 7 g karbohidrat dan 6 g serat.

5. Nasi goreng plus telur 
img
Menu sarapan ini juga cocok disantap saat sahur. Tambahkan telur, irisan tomat dan mentimun juga boleh. Seporsinya mengandung, 500 kkkal energi, 2 g protein, 5 g lemak dan 6 g serat. Teh hangat cocok dijadikan minuman pelengkapnya.

6. Roti Tawar, selai dan keju 
img
Roti juga sering jadi pilihan. Lengkapi roti tawar dengan selai dan keju agar nutrisinya semakin lengkap. Ditambah segelas susu akan lebih komplet. Satu paket menu ini mengandung 300 kkal energi, 18 g protein, 12 g lemak, 35 g karbohidrat dan 6 g serat.

(dyh/odi) 


Sumber : http://food.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar