Jumat, 18 Mei 2012

Tips Kesehatan : Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil

Tips Kesehatan : Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil Masa kehamilan adalah masa yang paling indah bagi seorang wanita. Menunggu hadirnya jabang bayi yang sehat adalah impian bagi para Ibu di dunia. Mengusahakan agar proses kelahiran berjalan lancar juga seringkali menjadi perhatian bagi ibu yang sedang mengandung. Berolahraga adalah salah satu cara yang dapat membantu hal tersebut di samping pula dapat menyehatkan keduanya, baik ibu maupun si jabang bayi. Lalu bagaimanakah olahraga yang aman dilakukan saat sedang hamil? Inilah hal-hal penting yang harus diperhatikan selama dan sepanjang olahraga bagi Ibu hamil :

  • Lakukan pemanasan setiap sebelum olahraga, misalnya dengan berjalan kaki pelan 5 menit untuk melancarkan peredaran darah.
  • Jangan sampai mengalami kesulitan bernafas, karena janin juga akan mengalami hal yang sama
  • Jangan sampai terasa sakit, berhenti sejenak untuk rileks dan istirahat.
  • Senam hamil juga merupakan gerakan olahraga yang sangat disarankan dilakukan pada masa kehamilan
  • Berjalan kaki selama 20 menit per hari secara perlahan-lahan.
  • Berenang santai di air hangat juga dapat menjadi pilihan yang baik. Hindari gaya-gaya akrobatik ataupun berenang di air dingin.
  • Iringi kegiatan olahraga dengan musik santai akan membuat pikiran lebih rileks.
  • Cobalah untuk selalu olahraga meski hanya sebentar, lakukan secara rutin akan memberi dampak lebih baik.
  • Minum air putih yang cukup sebelum, selama dan sesudah olahraga.

Tetap cantik, sehat dan bugar selama masa kehamilan dengan berolahraga secara tepat. (pfa)


Sumber : http://www.lovelytoday.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar