Rabu, 23 Mei 2012

Penemu Remote TV Meninggal Dunia

CHICAGO - Eugene Polley, sang penemu remote control televisi nirkabel pertama, meninggal dunia dalam usia 96 tahun. Situs pcmag.com edisi Selasa (22/5) menyebutkan, Polley meninggal akibat penyakit yang dideritanya pada hari Minggu (20/5) di sebuah rumah sakit Chicago, AS.

Berkat remote control ciptaannya membantu orang menonton televisi tanpa harus bangkit mengubah saluran. Remote pertama yang dihasilkannya pertama kali diproduksi oleh pabrik televisi Zenith tempat dimana dia bekerja.

Mantan teknisi Zenith Electronics tersebut membuat remote control pertama kali berbentuk pistol Flash-Matic yang mampu menembakkan sinar. Produk itu diproduksi dan diperkenalkan Zenith pada 1955 atau lima tahun setelah Zenith Radio Corporation meluncurkan sebuah remote TV yang terhubung  dengan kawat.

Sayangnya, menurut pcmag, sistem Flash-Matic terbukti agak cacat, karena sinar matahari langsung yang menyinari sel fotolistrik penerima juga dapat memicu fungsi remote control. Meski demikian terobosan ini kemudian menginspirasi munculnya perangkat remote control lebih baik yang dikembangkan hanya selang waktu satu tahun kemudian oleh Robert Adler yang juga seorang insinyur di Zenith.

Adler Space Command Zenith nama product tersebut, menggunakan USG dan bukan lagi cahaya, untuk memicu fungsi pada penerima TV. Uniknya karena adanya bunyi klik pada saat "mengklik" sebuah tanda bar untuk memancarkan berbagai frekuensi yang dapat dideteksi oleh pesawat televisi. Remote kontrol ini kemudian lebih dikenal sebagai "clickers".

Generasi berikutnya dari remote TV kemudian menggunakan tekhnologi ultrasonik dan mengilangkansuara tanda tangan mengklik. Sedangkan remote yang beredar saat ini umumnya menggunakan sistem inframerah yang memungkinkan fungsionalitas yang lebih kompleks.(esy/jpnn)
 
 
Sumber : http://www.jpnn.com/read/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar