Selasa, 08 Mei 2012

Banyak Celah dalam Bisnis Buah Naga !

Di tulisan sebelumnya, saya menekankan bahwa untuk berbisnis buah naga di budidayanya (pekebun/petani) membutuhkan modal yang besar (lahan, tiang, tenaga kerja, bibit, biaya operasional dll), kali ini saya ingin menulis sedikit ide-ide untuk membaca celah-celah / peluang dalam bisnis buah naga dengan modal yang tidak harus besar karena anda tidak perlu menjadi petaninya.

Tulisan ini anggaplah hanya ide-ide ringan yang saya sendiripun belum melakukannya, tetapi mungkin saja bisa dijadikan inspirasi atau dikembangkan menjadi ide-ide yang lebih brilian untuk membaca peluang dalam bisnis buah naga.

Karena di dunia usaha, anda dituntut harus selalu kreatif dan inovatif untuk memunculkan dan menyajikan sesuatu yang berbeda dengan kompetitor anda. Pergerakan bisnis apapun selalu dinamis, selalu mengalami perubahan dan perkembangan yang harus dikuti dengan ide-ide kreatif agar anda tetap survive di bisnis anda.

Dibawah ini adalah peluang-peluang dalam bisnis buah naga yang mungkin bisa anda masuki dan anda kembangkan sendiri, jangan tanya pada saya bagaimana caranya, karena saya sendiri belum melakukannya. Yang menjadi dasar ide-ide ini adalah fakta bahwa " BUAH NAGA ADALAH BUAH KONSUMSI MAHAL, EKSKLUSIF DAN BERMANFAAT BAGI KESEHATAN" dan saya yakin pasti anda menyetujuinya.

1. Buat Tabulampot Buah Naga dan Jual dengan HARGA TINGGI
Ya, dengan harga tinggi maksudnya anda harus menampilkan tabulampot dengan kemasan yang bagus, elegan dan terlihat mahal. Anda bisa memodifikasi pot yang kelihatan mahal, menarik, mempunyai nilai seni atau apalah yang bisa menyakinkan calon pembeli anda (target adalah orang-orang kaya, perkantoran, hotel, restoran dll) bahwa tabulampot yang anda buat akan terlihat matching jika ditempatkan di ruangan rumah/perkantoran mewah. Anda bisa membuat tiang panjatan dari besi dengan berbagai model dan hiasan untuk semakin memperindah tampilannya. Buah Naga mempunyai perpaduan warna merah menyala dan hijau segar, tentu ini bisa dijual di kalangan atas sebagai tanaman hias yang memperindah ruangan atau halaman.

2. Jasa Pembuatan Taman Buah Naga untuk Pekarangan Rumah Orang Kaya
Orang-orang kaya pada umumnya membuat rumah sebagai hunian yang membuat dia betah berlama-lama tinggal dirumah saat sedang libur atau saat berkumpul bersama keluarga. Jika anda mampu membuat taman buah naga yang praktis dan indah dipadukan tanaman lain yang bisa mewujudkan taman buah naga yang bisa dipetik sendiri dipekarangan, yang terlihat rapi, praktis dan tetap terlihat sejuk dan segar, tentu saja para orang kaya akan siap membayar mahal untuk itu. Anda bisa mengembangkan model penanaman di lahan sempit yang sudah saya tulis sebelumnya. Percayalah, orang-orang kaya akan membayar anda mahal jika memang anda bisa memuaskan mereka.

3. Jasa Penanaman dan Perawatan di Perkantoran, Hotel, Restoran, Tempat Wisata dll.
Peluang inilah yang menurut saya lebih menjanjikan konsumen yang lebih luas dan beragam dan bertahan dalam waktu yang lebih lama. Anda bisa menawarkan kontrak penanaman sekaligus pemeliharaan dan perawatan buah naga di perkantoran, instansi-instansi pemerintah, hotel-hotel berkelas, resort wisata tempat-tempat rekreasi liburan, restoran-restoran mahal yang tentu saja tetap membutuhkan tanaman untuk penyejuk dan menambah daya tarik. Bahkan anda bisa mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang ini, dan anda juga akan mendapatkan keuntungan yang besar jika anda berhasil mendapatkan order sari tempat-tempat tersebut.

4. Produk Olahan Siap Saji
Bayangkan dulu, seandainya anda mempunyai outlet/kios/warung yang menyajikan makanan dan minuman yang merupakan olahan dari buah naga segar, tentu ini sangat menarik karena tampilan yang segar dan menggoda lidah calon pembeli anda, kemas dengan pengetahuan kepada mereka bahwa buah naga bermanfaat bagi kesehatan dan mampu mengobati berbagai macam penyakit. Pasang display poster atau spanduk besar dengan gambar irisan buah naga yang terlihat segar dan enak, pasti siapapun yang lewat akan melirik dan penasaran dengan produk olahan yang anda jual. Jika anda berhasil pada satu outlet, anda bisa membuka cabang dimana saja, dan anda bisa menjadi orang kaya jika mempunyai banyak cabang di berbagai tempat.

5. Produk Olahan Tahan Lama
Produk olahan buah naga tahan lama maksudnya adalah anda mampu membuat produk olahan buah yang mempuyai daya tahan/masa kadaluarsa lebih lama dan bisa disimpan berhari-hari atau berbulan-bulan. Sekarang ini sudah banyak ide kreatif yang mampu membuat produk olahan yang menarik misalnya permen, kerupuk, keripik, jajanan, kue/roti dan lain. Produk olahan yang bisa digunakan sebagai cemilan, jajanan, oleh-oleh khas, kue ulang tahun, roti kering, dan masih banyak lagi. Dan sudah banyak contoh yang bisa kita lihat, para pengusaha industri rumah tangga yang berhasil untung besar dari produk-produk tersebut selama terlihat berbeda, menarik, enak dll.

Ide-ide diatas hanya sebagian kecil dari berbagai celah dalam berbisnis buah naga, mungkin saja anda mempunyai ide yang lebih brilian, atau mungkin anda bisa mengembangkan ide-ide diatas menjadi peluang yang lebih menjual dan menjanjikan. So, tidak ada salahnya selalu mencoba sesuatu yang baru, siapa tahu rejeki anda disitu. Sekali lagi, jangan tanya saya bagaimana caranya, sayapun belum melakukannya dan masih memikirkan bagaimana mewujudkannya.. hehehe....

Semoga Bermanfaat, Salam. 


Sumber : http://www.denidi.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar