Kamis, 16 Agustus 2012

Tendangan Manis si Madu Amankan Tubuh dari 6 Gangguan Ini

(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Semua orang tahu madu bisa meningkatkan daya tahan tubuh jika diminum langsung setiap hari. Tapi tendangan manis si madu ternyata juga punya manfaat untuk mengamankan tubuh dari 6 gangguan ini.

Berikut ini beberapa manfaat dari madu yang bisa meningkatkan kesehatan, seperti dikutip dariHuffingtonPost, Kamis (16/8/2012) yaitu:

1. Antibiotik topical

Beberapa jenis penyakit kulit, luka bakar, goresan sayatan di kulit atau luka lainnya di kulit bisa diatasi dengan cara mengoleskan madu. Hal ini karena adanya kandungan hidrogen peroksida yang secara alami ada dalam madu yang diproduksi dari enzim di tubuh lebah.

2. Mengatasi gigitan nyamukSeperti diketahui, madu mengandung sifat anti peradangan (anti inflamasi) yang membuatnya bisa menjadi pilihan baik untuk membantu mengurangi gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

3. Mengatasi batuk di malam hariStudi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan madu bekerja lebih baik dibanding plasebo untuk menekan atau mengobati batuk di malam hari sehingga tidak mengganggu tidur.

Penelitian ini dilakukan oleh Dr Herman Avner Cohen dari Tel Aviv University yang menganalisis 300 anak yang memiliki batuk malam hari yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak usia 1-5 tahun.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuhMadu diketahui mengandung polifenol, yaitu sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga bisa berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan melindungi dari kanker.

5. Membantu sistem pencernaanDalam sebuah studi yang diterbitkan BMC Complementary and Alternative Medicine, peneliti menemukan bahwa mengganti gula dengan madu bisa meningkatkan mikroflora yang ada di dalam usus, sehingga membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik.

6. Mengobati jerawat

Berdasarkan penelitian, jenis madu Manuka dan Kanuka efektif untuk mengobati acne vulgaris, yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan dan infeksi pada folikel bagian wajah, punggung dan dada.


Sumber : http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar