Jumat, 10 Agustus 2012

Hati-hati Banyak Minum Es Teh Bisa Akibatkan Batu Ginjal!

Hati-hati Banyak Minum Es Teh Bisa Akibatkan Batu Ginjal!
Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbuka puasa dengan es teh memang sangat segar. Lebih nikmat jika ditambahkan gula. Rasanya yang manis dan dingin ini cocok didampingi dengan berbagai hidangan. Namun Anda perlu membatasi konsumsinya, karena minuman ini bisa menyebabkan batu ginjal.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loyola University Medical Centerdi Chicago, memperingatkan tentang konsumsi es teh. Karena diketahui mengandung tinggi oksalat yang merupakan salah satu penyebab batu ginjal.

Minuman favorit saat musim panas ini memang begitu menyegarkan. Namun jika menyebabkan batu ginjal maka perlu dibatasi konsumsinya. Seorang urolog di Loyola University Medical Center di Chicago juga telah mengumumkan peringatan ini.

Kristal kecil yang terbentuk dalam ginjal ini terkandung mineral dan garam. Secara alami batu tersebut bisa tumbuh membesar di dalam tubuh. Batu akan bersarang didalam tabung kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.

Penelitian ini melibatkan, beberapa pria dan wanita ini menunjukkan bahwa pada pria, batu ginjal dapat berkembang empat kali lebih cepat dibandingkan wanita dan resikonya meningkat di saat umur 40 tahun. Sednagkan wanita menopause dengan tingkat estrogen yang rendah juga bisa memiliki resiko batu ginjal.

“Salah satu penyebab penyakit ini adalah dehidrasi. Saat musim panas kebanyakan orang mengkonsumsi eh teh secara berlebihan. Meskipun rendah kalori, tapi minuman ini tak baik untuk kesehatan ginjal.” ungkap Dr John Milner.

Tidak hanya es teh, makanan lainnya yang tinggi oksalat dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang adalah bayam, cokelat dan kacang-kacangan.



Sumber : http://food.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar