Senin, 06 Agustus 2012

London 2012 Javelin: Olimpiade Lempar Lembing di Google Hari Ini

Olimpiade London 2012 Javelin atau Lempar lembing menjadi tema logo google hari ini. Lontar lembing wanita akan dilaksanakan mulai 7-9 Agustus, sedangkan kelas pria dimulai pada 8-11 Agustus 2012.
Dasar Lempar lembing
Dalam Javelin, atlet harus melempar lembing sejauh mungkin. Ukuran lembing dalam kompetisi pria adalah 2,7 meter panjang dengan berat 800 gram. Diawali dengan berlari, lembing harus dilemparkan sebelum akhir landasan lari.

Melempar lembing dilakukan menggunakan satu tangan dengan posisi di atas bahu. Penghitungan jarak lembing diukur dari ujung landasan ke titik jatuhnya lembing ke tanah pertama kali, yang harus berada di dalam lingkaran lemparan. Penilaian dianggap valid apabila lembing jatuh dengan ujungnya.

Format Kompetisi Atlet mulai dengan babak kualifikasi. Melempar pada gilirannya, tiap atlet mendapat tiga kesempatan untuk mencapai jarak minimal yang telah ditentukan. Jarak tertentu ini diputuskan oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF).
Setelah semua lemparan selesai, semua atlet yang telah mencapai jarak minimal maju ke final. Jika kurang dari 12 atlet mencapai standar tertentu, 12 atlet terbaik dinyatakan memenuhi syarat.
Di final, atlet mulai dengan tiga lemparan awal, peraih nilai delapan terbaik kemudian diberikan tiga lemparan lagi. Atlet yang melakukan lemparan terjauh akan dinyatakan sebagai pemenang.
Apabila nilai lemparan terbaik berimbang, maka lemparan terbaik-kedua tiap atlet dibandingkan, demikian seterusnya.

Kunci keberhasilan Lempar lembing ini bukan hanya adu kekuatan fisik, tetapi juga tentang teknik. Setiap lemparan memiliki beberapa tahapan, seperti awalan, menjelang atau belokan, serta aksi pelemparan itu sendiri.

Pelanggaran aturan Lemparan dinyatakan tidak sah apabla ujung lembing tidak menyentuh tanah lebih dulu. Atlet juga bisa dikenakan sanksi jika melangkah keluar dari batas area melempar.

Simak cuplikan video final lempar lembing berikut:



Sumber : http://sidomi.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar