Selasa, 14 Agustus 2012

Perilaku Seks yang Sesuai untuk Usia Tua

ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Semakin tua mungkin gairah seksual seseorang juga akan semakin menurun karena berkurangnya hormon. Tetapi sebenarnya hubungan seks pada usia yang lebih tua akan lebih menarik karena pikiran lebih bebas dari tekanan dan masalah.

Masalah seksual yang muncul karena bertambahnya umur seperti disfungsi ereksi atau menurunnya libido merupakan tantangan yang harus diatasinoleh semua orang agar tidak mengganggu kualitas hubungan seksualnya meski telah berumur.

Berikut 5 langkah yang dapat membantu meningkatkan kualitas bercinta pada orang yang lebih tua, seperti dilansir everydayhealth, Selasa (14/8/12) antara lain:

1. Memperlambat proses hubungan seksual

Ketika seseorang bertambah tua, dirinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terangsang daripada ketika muda dulu. Sehingga sediakan lebih banyak waktu untuk pemanasan atau foreplay agar seks lebih menyenangkan.

Perubahan fisiologis yang terjadi ketika usia bertambah tua juga membuat rangsangan yang sering dilakukan ketika muda tidak lagi memiliki efek yang sama. Oleh karenanya lakukan eksperimen-eksperimen untuk merangsang pasangan agar mendapatkan seks yang lebih baik.

2. Mengungkapkan kebutuhan masing-masing pasangan

Komunikasi yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan hubungan seksual pada suami istri. Usia yang berubah juga menyebabkan kebutuhan seksual berubah juga.

Berbicara sebelum, selama, dan setelah melakukan hubungan seks dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan menghindari kesalahpahaman serta kecemasan. Lakukan percakapan ringan ketika sedang berada di tempat tidur.

Untuk percakapan yang berat seperti kondisi pengobatan disfungsi ereksi atau mengatasi libido yang rendah, pilihlah waktu yang lebih santai tetapi jangan pada waktu mendekati seks. Jujurlah tentang apa yang terjadi dan apa yang Anda harap akan terjadi dapat menjadi cara yang baik untuk lebih intim di kamar tidur.

3. Bereksperimen dengan posisi bercinta baru atau penggunaan sex toys

Agar lebih mudah terangsang, seseorang di usia yang sudah tidak muda lagi mungkin memerlukan sesuatu yang baru. Menggunakan sex toys seperti vibrator dan bantuan praktis seperti pelumas, dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan seks pasangan.

Anda juga dapat bereksperimen dengan posisi bercinta yang baru atau penambahan beberapa bantal untuk mendukung tulang yang pegal selama bercinta karena faktor usia.

4. Masturbasi

Ketika seseorang telah kehilangan pasangannya, dirinya dapat memenuhi kebutuhan seksualnya dengan masturbasi. Masturbasi telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun emosional.

Luangkan waktu untuk menemukan apa yang dapat menyenangkan diri sendiri. Hal ini bahkan dapat menyebabkan seseorang terlepas dari stres karena terlarut dalam kesepian dan kesendirian.

5. Tetap sehat

Tubuh seseorang mungkin akan berubah ketika bertambah tua, tetapi Anda dapat meningkatkan cara kerja tubuh dengan membuat pilihan makanan yang sehat dan olahraga. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan seks yang lebih baik dengan mempertahankan kekuatan otot dan kapasitas aerobik.

Meskipun Anda tidak lagi perlu khawatir akan risiko kehamilan jika berhubungan seks di usia tua, tetapi usia tidak melindungi seseorang dari penyakit menular seksual. Tetap gunakan kondom sebagai perlindungan dari penyakit menular seksual.



Sumber : http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar