Minggu, 10 Juni 2012

Gel Kesuburan untuk Pria akan Segera Hadir


img 
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Tidak lama lagi, pria yang mengalami masalah kesuburan akan mendapatkan penolong baru. Ilmuwan di Inggris kini tengah mengembangkan gel untuk meningkatkan kesuburan pria.

Terapi gel kesuburan yang akan segera hadir ini diklaim kelak akan bisa meningkatkan kesempatan pasangan untuk hamil secara alami tanpa perlu program bayi tabung atau IVF (In-Vitro Fertilisation).

Sebuah tim di University of Birmingham mengatakan telah menemukan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kemampuan berenang sel sperma, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan jumlah sel-sel yang mampu memcapai sel telur wanita.

"Perawatan kesuburan pada dasarnya membantu sperma untuk mencapai sel telur. Sebagian besar melibatkan sesuatu yang sangat invasif untuk wanita, meski si wanita sangat sehat. Jika Anda dapat memberika sperma pria sedikit va-va-voom, Anda bisa membantu proses kesuburan dengan cara yang jauh lebih tidak invasif dan akan jauh lebih murah," jelas Dr Jackson Kirkman-Brown, ketua tim peneliti, seperti dilansir indianexpress, Senin (16/4/2012).

Menurut Dr Kirkman-Brown, tim yang dipimpinnya memiliki beberapa senyawa, yang pada tahap awal pengujian dapat membantu sperma berenang lebih lincah melalui lendir serviks, yang berarti akan membuat lebih banyak sperma yang berenang ke dalam rahim.

"Hal ini akan meningkatkan kesuburan secara alami," tegas Dr Kirkman-Brown.

Dalam penelitiannya, Dr Kirkman-Brown dan rekan-rekannya telah mempelajari secara ekstensif apa yang mempengaruhi motilitas atau gerakan sel sperma.

Tim peneliti menemukan bahwa sel paling sukses bergerak dengan cara tertentu, di mana sperma mengibaskan ekornya dalam gerakan seperti cambuk. Gerakan ini diduga dikontrol oleh lonjakan dan penurunan tingkat kalsium di dalam sel.



(mer/ir





Sumber : http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar