Kamis, 21 Juni 2012

Fakta Raja Arthur, Cerita Fiksi Di Inggris


Banyak orang mempercayai bahwa legenda Raja Arthur adalah kisah nyata, beberapa sejarawan menganggapnya bagian dari cerita rakyat ataupun fiksi yang berkembang di Inggris sejak abad ke-6.
Legenda Raja Arthur, cerita rakyat yang bertahan dari abad pertengahan, dan banyak orang masih memperdebatkan “Apakah Arthur hanya mitos atau Raja nyata dalam sejarah Inggris?” Banyak sejarawan telah mencatat Arthur sebagai ‘Knights Of The Round Table And Gunivere‘, catatan sekitar 100 tahun setelah Arthur meninggal. Skeptisisme mendalam mungkin telah terbentuk sejak lahir hingga kematian Arthur.

Analisa Sejarah Raja Arthur

Norma Lorre Goodrich, seorang sejarawan modern telah menghabiskan 15 tahun sebagai spesialis linguistik, lebih dari dua puluh dua bahasa berbeda yang meneliti naskah-naskah legenda Raja Arthur. Goodrich menjelajahi negara-negara yang memiliki naskah, mencari dan membuktikan legenda Arthur adalah ‘nyata’. Hasil penelitiannya sama persis dengan sejarawan lain, sedikit kebenaran dalam legenda Raja Arthur yang diceritakan, seperti yang tertulis dalam dua bukunya ‘King Arthur‘ dan ‘Merlin

Kebenaran Raja Arthur

Welsh mengklaim Arthur sebagai keturunan bangsa mereka, tetapi interpretasi baru dari naskah kuno menunjukkan bahwa Arthur, Lancelot, Galahad dan Cornwall semuanya berasal dari Skotlandia atau warga Celtic Dalriada.
Raja Arthur, raja inggris
Raja Arthur / Photo: International Studio Vol 76

Arthur dari Pendragon lahir pada tahun 559 di kastil ibunya ‘Ygerna del Acqs‘. Ygerna atau Igraine adalah Ratu Terhormat (True High Queen) di Kerajaan Celtic. Igraine menikah dengan Gwyr-Llew, Dux dari Carlisle. Dalam kronikel orang-orang Skotlandia, peristiwa ini dicatat dalam bahasa Latin. Dalam buku Geoffrey “The Discovery of King Arthur”, Panglima perang Carlisle secara harfiah mengarah ke ‘West Country’ bagian selatan kepada Gorlois, Bangsawan Cornwall.
Ayah Arthur seorang Raja Aedan dari Dalriada, putra bungsu Raja Konstantin. Arthur diakui sebagai Raja Inggris pada saat ayahnya dinobatkan menjadi Raja yang sekarang menjadi Skotlandia, pada tahun 575 ketika Columba menetapkan dua Pendragons. Raja Konstantin adalah raja Kristen Romawi Pertama, Arthur juga seorang Kristen Romawi. Ibunya, Igraine menginginkan Arthur membuat Gereja Kristen Celtic, Gereja yang berada di Inggris.
Kakak tiri Raja Arthur, Anna menikah dengan Raja Loth dari Lothian dan memiliki beberapa anak termasuk Gawain dan Lancelot. Gawain, Lancelot dan Arthur semuanya dilatih militer secara berangsur-angsur di Sweetheart yang sekarang disebut New Abbey, melintasi Sungai Nith dekat Dumfries.
Raja Arthur memang memiliki hubungan sedarah dengan adik tirinya, Morgan Le Fay dan mempunyai seorang anak bernama Modred.
Gereja Celtic tidak melihat hal ini sebagai sesuatu yang salah, karena mereka percaya bahwa ada Pria dan Wanita merupakan pasangan yang diciptakan Tuhan. Oleh karena itu persatuan antara Morgana dan Arthur diberkati, hal ini menciptakan penguasa untuk keseluruhan Celtic di Inggris.
Morgana atau Morgan Le Fey diangkat Modred menjadi Kepala Gereja Kristen Celtic, terjadi setelah Arthur terbukti menjadi Kristen Romawi. Modred juga mengikuti pelatihan tentara romawi sama seperti yang diikuti ayah dan pamannya.

Dua ‘Arthur’ Di Zaman Yang Sama

Ada kesalahpahaman ketika Raja Arthur berada di Welsh, selama abad ke-6 ada dua Arthur, yaitu Raja Arthur yang didasarkan pada cerita ini, dan Pangeran Arthur Dyfed yang dilantik oleh St.Dubricius tahun 506.
Arthur Dyfed adalah keturunan pemimpin Deisi dari Irlandia yang menjadi musuh Welsh. Yang membingungkan, adanya hubungan Arthur Dyfed dengan Merlin. Ayah Merlin adalah Aurelious dari Powys, istri Aurelious adalah adik dari Arthur Dyfed. Hal ini menjadikan Merlin sebagai keponakan Arthur Dyfed, sementara pada saat yang sama Merlin juga sepupu dari Arthur Mac Gabran di Pendragon. Dalam sejarah, Welsh dan Skotlandia adalah sekutu yang memiliki nama kota dan desa sangat mirip.

Merlin, Penasehat Raja Pendragon

Merlin adalah manusia biasa begitu juga juga Arthur, Lancelot, Gawain, Konstantinus dan Raja Aedan. Merlin merupakan judul ‘Maha Melihat’ yang diperuntukan kepada Raja. Nama asli Merlin adalah Emrys berasal dari Powys. Merlin adalah penasihat untuk kedua Raja di Pendragon, juga sebagai sepupu tua dari Aedan Mac Gabran. Merlin membuat ramalan masa depan yang mengatakan kepada Raja Aedan, bahwa dia akan melihat ketiga anak-anaknya mati dalam pertempuran sebagai orang Kristen Celtic melawan Kristen Romawi di Pulau Head.
Raja Arthur memang menikahi Ratu Gwenhwyfar dari Britania. Gwenhwyfar diketahui dengan terjemahan ‘Gunivere’ atau dalam terjemahan modern ‘Jennifer’. Gunivere, seorang pendeta Celt dan juga seorang Ratu dengan hak sendiri. Dia tercatat oleh Columba sebagai seorang ‘Wanita Pertempuran Sengit‘. Sir Lancelot sebenarnya adalah ksatria Gunivere sebelum Raja Arthur menikah, dan membawa Lancelot mengabdi ke Pendragon.
Peristiwa pengkhianatan (affair) antara Lancelot dan Gunivere tercatat oleh St.Columba dan para sejarawan lain pada saat itu. Raja Urien dari Gorre membuat pernyataan perang karena dia memiliki Gunivere dan lahan miliknya. Raja Urien sebenarnya menculik Ratu, kemudian Lancelot datang menyelamatkan dirinya yang pada akhirnya menyebabkan perselingkuhan, pengkhianatan terhadap Raja Arthur.


Sumber : http://bagusseven.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar