Minggu, 24 Juni 2012

6 Cara Alami Atasi Gigitan Nyamuk Versi Pakar Kesehatan Kulit


Mungkin sebagian dari Anda pernah merasa kesal karena saat bangun dari tidur, tubuh anda sudah dipenuhi oleh bentol-bentol gatal yang disebabkan oleh nyamuk.

Ya, masalah nyamuk memang telah menjadi masalah sehari-hari yang biasa ditemui oleh kita yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia. Seringkali gigitan nyamuk tidak terasa oleh kulit, namun tiba-tiba kulit sudah dipenuhi bentol yang terasa gatal.

Menurut pakar kesehatan kulit dari New York, Dr. Neal B. Schultz, bentol-bentol akibat nyamuk tidak boleh didiamkan karena rasa gatal yang timbul dapat memicu rasa sakit yang berkelanjutan.

“Nyamuk memasukkan material ke dalam kulit yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, ruam merah, hingga rasa panas. Gejala awalnya merupakan rasa gatal,” paparnya kepada Huffington Post, Senin (18/6).

Dr. Schultz pun menganjurkan untuk menangani bentol-bentol akibat gigitan nyamuk sedini mungkin. Ia pun mengatakan bahwa masalah ini bisa ditasi dengan obat-obatan alami. Nah, berikut ini adalah beberapa cara alami yang disarankan olehnya untuk mengatasi bentol akibat gigitan nyamuk.


1. Cuka apel



Cuka dikenal ampuh mengobati iritasi. Nah untuk masalah gigitan nyamuk, cuka apel dipilih menjadi obat yang paling ampuh. Cukup teteskan cuka apel ke atas kapas atau cotton bud, lalu oleskan ke bagian kulit yang digigit nyamuk. Cuka apel mengandung zat asam yang membasmi rasa gatal dan ruam merah pada kulit.

2. Es



Tidak hanya luka bengkak, es juga sangat berguna untuk menghilangkan bentol dan rasa gatal yang diakibatkan gigitan nyamul. Mengompres bagian kulit yang bentol dengan es menjadi shock terapi bagi kulit. Es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membuat syaraf pengatur rasa gatal menjadi kaku dan kebas. Manfaat serupa sebenarnya bisa Anda dapatkan jika berendam dengan air hangat. Tapi rasa gatalnya akan kembali muncul setelah Anda selesai berendam.

3. Lidah buaya



Selama ini lidah buaya akrab di telinga sebagai obat untuk luka bakar. Padahal lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan bentol dan gatal-gatal. Cukup oleskan getah lidah buaya ke kulit yang bentol, lalu diamkan hingga kering dan menyerap.

4. Teh celup


Mungkin kini ada baiknya Anda tidak langsung membuang kantung teh celup yang sudah anda pakai. Pasalnya kantong teh celup yang sudah didinginkan dapat meredakan peradangan di kulit akibat gigitan nyamuk. Kandungan tannin di dalam teh berfungsi sebagai astringent untuk menciutkan kulit yang membengkak dan mengeluarkan cairan dalam bekas gigitan.

5. Madu



Ada alasan khusus mengapa banyak produk perawatan tubuh yang mengandung madu. Madu memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, termasuk mampu menangkal bakteri dan radang di kulit. Caranya cukup oleskan madu ke bagian tubuh yang penuh bentol-bentol.

6. Daun Kemangi



Jika bunga lavender bersifat mencegah, maka daun kemangi bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan inflamasi. Daun kemangi mengandung camphor dan thymol, dua zat yang dapat menghilangkan rasa gatal sekaligus menghilangkan bentol. Cukup hancurkan daun kemangi dan oleskan pada bagian yang gatal.

(as/huffingtonpost)


Sumber : http://memobee.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar