Kamis, 28 Juni 2012

Robot akan Dampingi Orang Sakratul Maut



Last Moment Robot (ist)
Jakarta - Tak ada yang tahu bagaimana rasanya saat sedang menghadapi sakratul maut. Namun seseorang punya ide gila membuat robot yang bisa mendampingi orang saat menjelang ajalnya.

Last Moment Robot, demikian robot itu diberi nama. Robot ini diciptakan oleh Dan Chen, ia seorang seniman, desainer, sekaligus insinyur lulusan Rhode Island School of Design, Amerika Serikat.

Pada demo yang direkamnya dalam bentuk video, tampak seorang partisipan wanita berbaring di kasur. Sementara itu, di sampingnya terdapat mesin kecil berwarna putih. Bagian tangan robot menempel pada lengan si wanita.

"Saya adalah Last Moment Robot. Saya di sini untuk membantu dan membimbing Anda melewati saat terakhir di Bumi. Sayang sekali keluarga dan teman Anda tidak bisa mendampingi Anda sekarang, tapi jangan takut," demikian kata si robot.

Dalam kalimatnya, si robot mencoba meyakinkan partisipan bahwa dia hadir untuk membuatnya nyaman. Si robot berupaya menghibur dengan mengatakan semua keluarga dan teman sangat menyayangi partisipan dan mereka akan mengenang kematiannya.

detikINET kutip dari Cnet, Senin (11/6/2012), Chen menciptakan mesin tersebut sebagai salah satu seri robot fungsional yag bisa menghidupkan kembali perilaku manusia. Last Moment Robot dibangunnya berdasarkan studi yang dia sebut Robotic Intimacy Technology (RIT). 


Sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar