Senin, 04 Juni 2012

Susunan Planet Dalam Tata Surya

Planet-planet anggota tata surya yang terdekat sampai terjauh dari Matahari adalahMerkurius,Venus ,Bumi,Mars,Jupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus,Pluto,dan2003UB313.Urutan planet-planet anggota tata surya biasa disingkat Mervebumajusaunep2003 dengan mengambil huruf-huruf depan nama planet. Tidak seperti bintang, planet tidak memiliki cahaya sendiri, melainkan memantulkan sinar dari bintang.

Susunan tata surya digolongkan menjadi 2 (Dua) bagian ,yaitu planet dalam dan planet luar.Planet dalam terletek di antara Matahari dan sabuk asteroid,seperti Merkurius,Venus,Bumi,dan Mars.Planet luar terletak luar sabuk asteroid,seperti Jupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus,Pluto, dan 2003 UB313.Jika masih bingung ,coba kalian perhatikan gambar di samping.

Lintasan planet, satelit, dan asteroid disebut orbit. Setiap planet berada di orbitnya masing-masing dan berputar mengitari Matahari. Perputaran planet mengitari Matahari disebut revolusi planet. Karena luas orbit atau lintasan yang berbeda, waktu yang diperlukan setiap planet anggota tata surya untuk melakukan satu kali putaran mengelilingi Matahari juga berbeda. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali putaran mengelilingi Matahari disebut kala revolusi .Kala revolusi Bumi atau waktu yang dibutuhkan Bumi mengelilingi Matahari adalah 365 hari 1 tahun.Kala revolusi dijadikan dasar pembuatan kalender Matahari atau kalender surya.

Selain melekukan revolusi, planet juga melakukan rotasi.Rotasi adalah perputaran planet pada porosnya.Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali putaran pada porosnya disebut kala rotasi.Kala rotasi Bumi atau waktu yang dibutuhkan Bumi berputar pada porosnya adalah 24 jam atau satu hari satu malam. Akibat Bumi berotasi,timbullah perbedaan waktu,yaitu siang dan malam.


Sumber : http://geniusmans.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar