Senin, 18 Juni 2012

Napak Tilas Gadget Apple



Jakarta - Produk yang ditawarkan Apple selama ini tidak hanya dikenal karena revolusioner, namun juga memiliki desain memikat. Dua kekuataan ini pula yang menjadi nilai jual Apple dari dulu hingga saat ini.

Memang tak bisa dipungkiri, produk-produk yang ditawarkan Apple menjadi sesuatu trendsetter di masanya.

Menarik tentu untuk menapaki perjalanan produk Apple dari masa ke masa, sembari melirik ke belakang teknologi apa saja yang pernah dibawa oleh perusahaan tersebut.

Nah, berikut 10 produk Apple yang bisa dibilang bersejarah lantaran mampu mengubah tren pasar saat itu. Seperti detikINET rangkum dari LolzParade, Senin (18/6/2012).

Apple I


Dibuat pada tahun 1976, merupakan produk pertama Apple yang dijual secara massal. Apple I dibuat secara sederhana di garasi Steve Jobs dan merupakan desain dari Steve Wozniak.

Saat penjualan perdananya, Apple I ini dibanderol dengan harga USD 666.66. Kenapa ganjil? Karena memang Wozniak dikenal sebagai penggemar angka ganji.
Dikabarkan, penjualan perdana Apple I laku sekitar 200 unit.

Macintosh


Melakukan debut pada tahun 1984, Macintosh menjadi salah satu produk revolusioner Apple, karena merupakan komputer personal yang menggunakan antarmuka grafis pertama.
Fenomenal lainnya adalah, iklan di Super Bowl yang menjadi pembicaraan hingga saat ini.

Macintosh adalah komputer PC yang mengintegrasikan antara hardware dengan software menjadi satu. Memang sistem operasi OS X yang dibenamkan tidak dijual secara bebas.

Nama Macintosh sendiri berasal dari apel jenis Macintosh yang merupakan kesukaan Jef Raskin, salah satu kepala insinyur yang ada di Apple Inc.


Macintosh Portabel


Kendati gagal, Macintosh Portabel yang diperkenalkan pada tahun 1989 adalah salah satu komputer jinjing generasi pertama.
Selain mudah dibawa, salah satu yang diingat adalah Macintosh Portabel adalah komputer pertama yang mampu mengirimkan email dari luar angkasa.

iPod Classic














Meskipun bukan yang pertama menghadirkan alat pemutar musik digital, namun iPod Classic langsung mencuri perhatian pada tahun 2001. Karena mampu mengubah cara menggunakan, membeli dan menyimpan musik lebih modern.

Awalnya, iPod ini hanya terintegrasi dengan Macintosh saja, namun pada tahun 2002, Apple membuka ruang untuk versi Windows. Di beberapa negara, iPod berhasil menguasai penjualan pemutar musik digital.

iMac



Satu lagi ide cemerlang Apple, yang diwujudukan melalui iMac. Sebab inilah komputer desktop all-in-one. Sehingga semua 'jeroaan' pendukung komputer dibenamkan menjadi satu di layarnya.


Lahir pertama kali pada tahun 1998, iMac G3 berhasil mencuri perhatian. Kemudian disusul kemudian iMac G4, yang ikonik dengan desain berbeda. Setelah beberapa tahun, barulah bentuk iMac yang dikenal seperti saat ini.

Apple TV

Apple TV memang tidak seheboh produk Apple yang lainnya. Diperkenalkan pada tahun 2006-an, ini merupakan pusat penyimpanan media digital. Menyimpan atau memutar film via internet, menjadi tujuan utama Apple TV ini hadir.

iPhone


Tahun 2007, Apple resmi masuk ke pasar perangkat genggam melalui iPhone. Bukan Apple namanya kalau tidak menghadirkan sesuatu yang istimewa.

Ya, salah satu sumber pendapatan Apple paling besar ini menawarkan aplikasi dan toko aplikasi online yang kemudian diikuti banyak kompetitornya. Ekosistem inilah yang membuat iPhone masih dipandang eksklusif.

iPod Touch


Tahun 2007 pula, Apple menghadirkan alat yang tidak hanya digunakan untuk sekadar mendengarkan musik, tetapi juga bermain game dan bersenang-senang. Tidak berbeda jauh memang fungsionalitasnya dengan iPhone, hanya saja tanpa kemampuan telepon seluler.

MacBook Air


Notebook langsing dengan performa gahar coba dipamerkan Apple melalui MacBook Air yang dirilis perdana pada tahun 2008. Produk ini dianggap cara baru dalam menggunakan notebook. Kenapa baru? Sebab selain menggunakan OS X, inilah komputer jinjing yang paling tipis.

Belakangan kompetitor mulai mengekor, dan menyebutnya sebagai ultrabook.


iPad


Ini merupakan produk revolusioner yang pernah diperkenalkan Steve Jobs sebelum kematiannya. Tablet menjadi genre baru di pasar komputer dunia. Kendati tidak benar-benar baru, iPad menjadi trendsetter epic dari episode perjalanan Apple.


Sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar