Senin, 18 Juni 2012

7 Tips Menuju Sukses ala Miliuner Internet



Jakarta - Banyak pengusaha yang melihat internet sebagai kesempatan dan jalan pintas untuk menjadi kaya. Internet bisa menjadi sarana bisnis yang sangat membantu bisnis Anda, modalnya tidak besar dan tidak perlu punya jam terbang tinggi.

Salah satu miliuner yang sukses lewat berbisnis di dunia maya, Scott Fox, seperti dilansir dari Forbes, Senin (18/6/2012), mengatakan bisnis yang sukses adalah bisnis yang dimulai karena Anda menyukainya, bukan karena menyukai uangnya.

"Dalam pengalaman saya, ada banyak alasan bagus untuk memulai sebuah bisnis, juga alasan untuk mulai memasukkan bisnisnya ke dunia maya. Tapi bahkan pengusaha yang andal sekalipun pun suka kesulitan untuk mengimbangi laju perkembangan dunia maya," katanya.

Menurutnya, cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apa yang sedang ngetren melalui jejaring sosial, cari tahun hal unik baru yang sedang ramai dibicarakan.

Banyak orang ingin menjadi milyuner melalui dunia maya, tapi menurut Fox, itu bukan yang paling penting, karena yang terpenting adalah membentuk bisnis dengan target dan kemampuan Anda sebagai pengusaha.

Berikut ini adalah tujuh tips sukses berbisnis di dunia maya yang dirangkum dari buku barunya Fox yang berjudul “Click Millionaires.”


1. Bangun bisnis yang bisa membantu orang


Bisnis yang bisa membantu konsumen, seperti cara menurunkan berat badan, sehat selalu dan celah di antara produk-produk yang terkenal. Bentuk bisnis seperti ini biasanya bertahan lama dan punya pelanggan tetap.

Situs yang sedang ngetren seperti Facebook atau Twitter memang menarik dan meraup jutaan dolar tiap tahun, tapi risikonya cukup tinggi. Ratusan situs jejaring sosial yang serupa sudah bangkrut, dan hanya hitungan jari yang berhasil bertahan.

2. Bersikap profesional


Masyarakat biasanya lebih percaya kepada seseorang yang ahli dan profesional. Hal ini juga berlaku di bisnis. Semakin Anda menunjukkan sikap profesional, maka pelanggan akan semakin mempercayai bisnis Anda.

Bersikap profesional bukan berarti harus kaku, tidak ada salahnya jika Anda juga menjadi 'teman terpercaya' pelanggan. Tapi jangan pernah memaksakan pelanggan supaya bisa mempercayai Anda.

Anda bisa mulai dengan bersikap terbuka, tanpa basa-basi dan tulus. Jangan pernah menutup-nutupi kekurangan dan kesalahan Anda kepada pelanggan.


3. Buat semuanya serba otomatis


Maksimalkan penggunaan software yang bisa membantu bisnis Anda bergerak dengan sendirinya, seperti pesanan dan pembayaran pelanggan. Bikin sebuah forum di sebuah situs untuk mendiskusikan keluahan pelanggan sehingga masalah mereka bisa terpecahkan dengan baik.

4. Gunakan internet untuk cari karyawan


Menyewa karyawan melalui dunia maya dan meminta bekerja secara virtual tanpa harus ke kantor terbukti lebih efisien daripada cara yang biasa. Mulailah mencari di situs Elance.com atau Guru.com untuk beberapa hal yang tidak bisa Anda lakukan sendiri.

Gunakan karyawan untuk membantu hal-hal yang lebih kecil, sehingga Anda punya banyak waktu mengurus hal-hal yang lebih penting.

5. Biarkan pelanggan membantu pengembangan bisnis


Biarkan pelanggan berkontribusi terhadap pengembangan produk dan isi situs Anda, seperti product review, forum diskusi dan komentar di produk Anda. Pernyataan dari pelanggan yang sudah mencoba produk atau jasa Anda selalu lebih menarik daripada iklan.


6. Rancang bisnis yang bisa diterima secara luas


Pertama-tama cari kesempatan bisnis yang bisa dipakai secara luas oleh banyak orang. Lalu kembangkan produk Anda dari feedback yang diberikan oleh pelanggan. Minta pelanggan untuk menulis testimonial atas produk atau jasa perusahaan Anda sehingga bisa menarik pelanggan baru.


7. Fokus pada peningkatan omzet


Salah satu cara meningkatkan pendapatan alias omzet lewat dunia maya adalah mempunyai basis pelanggan dan kuat serta produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian, pelanggan lama tetap menggunakan produk Anda, dan ada kesempatan untuk menambah pelanggan baru.

Kesimpulan


Meski sudah ada beberapa tips ini, bukan berarti sukses berbisnis lewat internet itu akan mudah. Jangan terlalu berharap banyak karena Anda akan merasa sangat hancur saat gagal dan akhirnya menyerah.

Ingat, jadi pengusaha itu adalah pilihan hidup, yang memerlukan kerja keras dan disiplin tinggi. Tapi di situ lah menariknya, Anda bisa mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain. Ditambah Anda bisa mengerjakan sesuatu yang disukai.

Semakin banyak milyuner internet bertambah setiap harinya. Tapi tidak selalu terkenal seperti Mark Zuckerberg meski cara dapat uangnya sama-saham lewat internet. Bisakah Anda menjadi milyuner internet selanjutnya?


Sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar