Jumat, 08 Juni 2012

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Resiko Alzheimer

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Resiko Alzheimer
Foto: thinkstock
 

Jakarta - Warnanya yang hitam pekat dipercaya bisa membuat sulit tidur. Namun minuman ini sebenarnya punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dapat menyembuhkan penyakit gangguan memori.

Alzheimer adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang yang usianya diatas 65 tahun. Penyakit lupa ini bisa diatasi dengan kafein. Para peneliti dari Universitas of South Florida dan Universitas of Miami telah menemukan bahwa konsumsi kafein bisa menangkis Alzheimer.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan pada tanggal 5 Juni di Journal of Alzheimer's Disease. Dalam penelitian ini ada 124 orang tua berusia 65-88 tahun yang memiliki gangguan daya ingat ringan yang diteliti.

Setelah empat tahun diamati, ditemukan bahwa 100% responden yang banyak mengkonsumsi kafein penyakit Alzheimer yang di deritanya menunjukkan penurunan. Juga ditemukan bahwa kopi adalah sumber kafein terbanyak dibandingkan bahan makanan lain yang baik untuk kesehatan.

"Sedangkan konsumsi kopi harian yang baik untuk diet Anda dapat membantu memulihkan daya ingat atau menurunkan resiko terjadinya Alzheimer," ujar Gary Arendash, salah satu penulis penelitian ini.

Kopi yang diminum juga terbukti memiliki efek perlindungan pada penyakit kanker payudara, diabetes dan stroke. Meskipun kopi juga memiliki beberapa efek samping lainnya untuk kesehatan.

Dalam studi epidemologi yang diterbitkan pada bulan Mei lalu, juga diketahu bahwa orang yang mengonsumsi tiga atua lebih cangkir kopi sehari dapat menekan angka kematian hingga 10 persen dibandingkan dengan yang tidak minum kopi.



(dyh/odi)




Sumber : http://food.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar