Rabu, 13 Juni 2012

Normalkah Aroma Badan Saya? Ini Cara Mengetahuinya

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Tubuh masing-masing orang memang memiliki aroma khas. Namun karena berbagai faktor, aroma tersebut bisa berubah menjadi bau yang tak sedap. Lantas bagaimana caranya mengetahui apakah aroma badan tubuh sendiri tergolong normal?

Keringat dan aroma tubuh sebenarnya adalah hal yang wajar. Setiap orang umumnya memiliki bau badan khas yang kadang bisa dianggap sebagai feromon dasar dari orang tersebut. Tapi bau ini akan menjadi masalah ketika menjadi bau yang tidak menyenangkan.

Sayangnya, kebanyakan orang yang memiliki masalah dengan bau badan tidak menyadari bahwa aroma tubuhnya sudah mengganggu orang lain. Maka dari itu, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah aroma badan tubuh sendiri normal atau tidak adalah bertanya atau menunggu diingatkan oleh orang lain.

"Orang yang punya bau badan biasanya tidak sadar kalau badannya berbau, jadi yang jelas orang lain yang harus mengingatkan, entah orangtua, saudara atau teman dekat. Kalau untuk mengetahui diri sendiri (apakah bau atau tidak) biasanya jarang karena mereka sudah terbiasa dengan aroma tubuhnya. Jadi harus diingatkan," jelas dr Irma Bernadette, SpKK, dokter spesialis kulit dari Divisi Dermatologi Kosmetik RSCM Kencana, saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

Jika Anda malu, setidaknya bertanyalah kepada orang terdekat di rumah, seperti orangtua, kakak, adik atau saudara sendiri. Meski merasa tidak ada yang aneh dengan aroma tubuh sendiri, namun bisa jadi bau tersebut sangat mengganggu orang lain.

Dan sebagai pencegahan, sebaiknya hindari pemicu-pemicu bau badan, dengan cara seperti disampaikan oleh dr Irma berikut:


  1. Mandi 2 kali sehari
  2. Hindari makanan pemicu keringat (spicy food), seperti rempah, makanan pedas, bawang.
  3. Turunkan berat badan
  4. Perbanyak sayur dan buah
  5. Sering membersihkan ketiak atau bagian berambut lainnya
  6. Gunakan deodoran bila perlu.


(mer/ir)





Sumber : http://health.detik.com/         

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar