Rabu, 06 Juni 2012

Tips Kecantikan: Ketahui 5 Mitos & Fakta tentang Jerawat


5 Mitos tentang Jerawat 150x150 Tips Kecantikan: Ketahui 5 Mitos & Fakta tentang JerawatDi bawah ini ada 5 mitos dan fakta tentang jerawat yang perlu Anda ketahui, yaitu:
Mitos 1: Mencuci wajah lebih sering akan membantu membersihkan jerawat.
Fakta:
Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Bertentangan dengan apa yang mungkin telah Anda lihat dalam iklan, pori-pori tidak disumbat dari atas ke bawah oleh “kotoran”.
Sebaliknya, dinding pori-pori yang saling menempel jauh di dalam kulitlah yang menyebabkan pembentukan jerawat.
Bukannya mencegah jerawat, sering mencuci wajah justru akan membuat pori-pori teriritasi dan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Kain untuk lap wajah bisa menambah parah iritasi.
Langkah terbaik ketika mencuci wajah adalah cucilah dengan lembut dan cukup dua kali dalam sehari.
Mitos 2: Stres bisa menyebabkan jerawat.
Fakta:
Stres mungkin berefek pada hormon dan secara teori bisa menimbulkan jerawat. Namun, penyebab jerawat bisa lebih kuat daripada kondisi stres setiap hari.
Beberapa obat psikiatris mungkin bisa menyebabkan jerawat sebagai efek samping, tetapi stres itu sendiri bukanlah masalah besar.
Lebih baik gunakan waktu untuk menentukan program yang tepat untuk mengobati jerawat daripada merasa bersalah karena stres.
Mitos 3: Masturbasi atau seks bisa menyebabkan jerawat.
Fakta:
Ini merupakan gagasan kuno yang berasal pada awal abad ke-17 untuk mencegah anak-anak muda melakukan hubungan seks pranikah dan tentu saja ini tidak berdasarkan pada bukti ilmiah.
Penjelasan yang lebih masuk akal adalah bahwa tingkat androgen (hormon seks pria) yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan dorongan seksual.
Sedangkan tingkat androgen yang tinggi dihubungkan dengan kasus jerawat yang parah.
Jadi, tingkat androgen yang tinggi yang berkaitan dengan jerawat, bukan karena peningkatan keinginan melakukan aktivitas seksual.
Mitos 4: Matahari akan membantu menghilangkan jerawat.
Fakta:
Matahari bisa membantu dalam jangka pendek untuk mempercepat pembersihan jerawat yang ada saat memerahkan kulit wajah, sehingga menyamarkan warna merah akibat jerawat.
Namun, terbakar karena matahari sebenarnya merusak kulit. Sangat penting untuk mencegah kerusakan pada kulit wajah ketika mencoba menghilangkan jerawat.
Paparan matahari bisa menyebabkan iritasi kulit yang membuat jerawat menjadi lebih buruk.
Mitos 5: Ada kaitan antara diet dengan jerawat.
Fakta:
Intinya diperlukan penelitian lebih lanjut akan hal ini. Kita tahu bahwa orang-orang pada jaman dulu tidak ada satupun yang mengalami masalah jerawat.
Hal ini sangat kontras dengan banyaknya masalah jerawat di masyarakat moderen.
Hal ini membuat kita harus merenungkan pertanyaan apakah diet masyarakat jaman dulu memberikan kontribusi untuk kulit yang bebas dari jerawat?
Menemukan cara diet untuk mencegah jerawat merupakan tantangan masa depan. Tapi yang pasti kehidupan moderen sangat berbeda dari nenek moyang kita.
Nenek moyang kita adalah pemburu sehingga kita tidak mungkin meniru pola makan mereka.[]


Sumber : http://oketips.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar