Minggu, 03 Juni 2012

SKEMA PENGUSIR TIKUS


Tikus adalah binatang liar dan sangat mengganggu. "Aksi nakal" tikus bermacam-macam dan sangat mengganggu, mulai dari buang kotoran di mana-mana, mengaduk-aduk lemari dan gudang, menyebarkan penyakit (wabah), dan seterusnya. Hanya selalu membuat heboh! Satu alternatif untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan pengusir tikus elektronik. Selain ramah lingkungan, tool ini juga dapat digunakan sebagai hobi dan belajar distribusi elektronik.

Untuk mengusir gangguan tikus tersebut, Anda dapat membuat sirkuit elektronik seperti di bawah ini. Rangkaian ini akan menghasilkan frekuensi 50Khz yang cukup mengganggu tikus, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda tidak akan mendengarnya. Seri ini dijamin akan membuat tikus-tikus akan lari terbirit-birit karena telinganya akan merasakan sakit dari sinyal getaran ferkuensi 50Khz.
Skema Rangkaian Pengusir Tikus Elektonik
Komponen elektronik yang dibutuhan untuk membuat rangkaian elektronik pembasmi tikus tidak banyak, cukup murah dan tersedia di toko-toko elektronik. Skema sirkuit elektronik dapat dilihat langsung pada gambar di atas. Rangkaian dapat dibangun pada dot matrix atau layout PCB untuk membuatnya dengan plain munggunakan PCB.Dalam beberapa hari setelah pemasangan perangkat ini (yang terus-menerus) akan terlihat hasilnya. Tikus dan sanak keluarganya akan segera pergi dari tempat persembunyiannya dan rumah pun terbebas dari hewan paling menjengkelkan ini.

Komponen elektronik utama dari rangkaian pengusir tikus ini adalah IC 555 yang sudah sangat populer, murah dan serbaguna. Untuk hasil yang maksimal menggunakan loudspeaker dari speaker tweeter merk PIEZO tweeter speakers electric atau funnel shape, atau tweeter yang lain. Rangkaian elektronik pembasmi tikus sangat efektif untuk kamar sampai dengan 200 m 2 daerah dari penempatan yang tepat. Rangkaian ini ditempatkan di sudut ruangan sehingga frekuensi kebisingan dapat menyebar ke seluruh ruangan tanpa hambatan. Aktifkan terus-menerus untuk menjaga agar tikus tidak datang kembali, jangan khawatir tentang konsumsi listrik daya yang dibutuhkan untuk listrik cukup rendah, masih lebih besar bola lampu 5 watt/ 220 volt.


Sumber : http://gunungdatara.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar