Rabu, 13 Juni 2012

Bagaimana Memberi Tahu Teman yang Bau Badan?

img
(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Memiliki teman atau orang terdekat yang bau badan, tentu bisa mengganggu orang-orang disekitarnya. Tapi tak jarang banyak orang yang sungkan untuk memberitahunya. Bagaimana cara memberitahu teman yang bau badan?

Bau badan yang muncul bisa disebabkan oleh banyak hal, dan sebagian besar dari orang yang memiliki masalah bau badan ini tidak menyadarinya. Untuk itulah orang-orang di sekitarnya berperan dalam memberitahunya agar ia tidak merasa malu.

"Biasanya orang yang punya bau badan tidak sadar, karena ia sudah terbiasa dengan bau tersebut," ujar psikolog Ratin Ibrahim, saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

Ratih menyarankan pada dasarnya seseorang sebaiknya berbicara atau ngomong secara terus terang tapi tetap sopan dan tidak menyinggung perasaan, meski tidak semua orang memiliki sikap positif untuk menerimanya.

"Jelaskan bahwa 'kita melakukan ini karena care sama kamu, kamu nggak melihat bagaimana keadaan lingkungan kalau ada kamu' dengan begitu ia akan mulai sadar," ujar Ratih yang juga Presiden Direktur Personal Growth.

Jika yang mengalami adalah kaum remaja, maka proses pemberitahuannya ini bisa melalui orangtua, konseling di sekolah dengan memanggil si anak atau bisa juga melalui teman yang dipercaya oleh remaja tersebut.

Lalu bagaimana cara memberitahunya?

Psikolog Ratin memberikan beberapa tips mengenai bagaimana cara memberi tahu seseorang yang memiliki bau badan yaitu:

1. Bicara secara personal"Ambil waktu untuk ngomong secara personal langsung, kita beritahu kalau bau badan itu bisa mengganggu, jelaskan dari awal kalau pola makan tidak benar, kurang minum air putih bisa bikin bau badan," ungkapnya.

Dengan berbicara secara personal maka pesan yang ingin disampaikan bisa lebih mudah diterima dan tidak mempermalukan orang tersebut, karena memiliki masalah bau badan sudah bisa membuat orang malu. Dan jangan memberitahunya di depan umum atau saat banyak orang.

2. Beri sabun atau deodoran"Kalau sudah diberitahu melalui omongan coba dilihat apakah saran yang diberikan sudah diikuti atau belum. Kalau nggak diikuti, coba berikan sabun atau deodoran langsung padanya," ujar Ratih

3. Jangan menggunakan sindiran
Psikolog Ratih sangat tidak menganjurkan penggunaan sindiran karena maknanya bisa multiinterpretasi sehingga pesan yang ingin disampaikan jadi tidak sampai, karenanya ia menyarankan bicara terus terang.

"Sindiran itu bikin pesan jadi tidak sampai, jadi orang capek menyindir tapi orang yang disindir belum tentu sadar kalau dirinyalah yang dimaksud," ujar Ratih yang lulus dari Fakultas Psikologi UI.

Dengan melakukan hal-hal tersebut maka orang yang memiliki bau badan akan sadar bahwa kondisinya bisa membuat orang di sekitar terganggu dan merasa tidak nyaman, serta menghindarinya dari rasa malu.

(ver/ir)         





Sumber : http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar