Senin, 11 Juni 2012

8 Alasan Android Berjaya



Jakarta -Android saat ini masih berjaya sebagai OS terpopuler di dunia. Menurut data terbaru dari biro riset terkemuka IDC tentang pasar smartphone, market share pengapalan global ponsel Android di kuartal I 2012 sampai 59%.

Tahun ini, market shareAndroid diprediksi mencapai puncaknya di kisaran 60%. Kemudian memang diproyeksi sedikit menurun, namun masih tetap menduduki posisi puncak.

Apa saja alasan di balik masih berjayanya Android? Berikut di antaranya seperti disarikan detikINET dari eWeek

1. Produk Melimpah


Melimpahnya produk Android di pasaran turut berperan mengatrol posisi OS robot hijau ini sebagai yang terpopuler di dunia. Tengok saja, begitu banyak handset Android dijual dengan beragam bentuk dan spesifikasi. Menggelontor banyak produk adalah salah satu trategi untuk merebut banyak market share. Satu catatan lagi, produk tersebut juga harus laku. Android punya dua kombinasi tersebut sehingga menuai sukses.

2. Apple Menjual Sedikit Produk



iOS sebagai sistem operasi pesaing paling berat dari Android hanya terdapat di sedikit produk. Apple selaku pembuatnya memang hanya mengeluarkan produk baru sekitar setahun sekali. Misalnya iPhone 4S yang keluar sekitar setahun sesudah iPhone 4. Menurut analis, jika Apple memperluas lini produknya mereka akan lebih mampu menandingi Android. iPhone 4S saja terjual sekitar 30 juta unit di kuartal lalu.

3. Kejatuhan RIM


Dahulu, BlackBerry besutan Research in Motion (RIM) pernah menjadi smartphone populer. Namun belakangan, ketenarannya menurun drastis. Menurut catatan IDC, pangsa pasar BlackBerry saat ini hanya sekitar 6%. Kejatuhan RIM dengan BlackBerry jagoannya otomatis membuat lawan Android berkurang satu.

4. Diminati Enterprise


Belakangan ini, makin banyak perusahaan yang punya kebijakan membebaskan karyawannya untuk memakai handset pilihannya sendiri. Sebelumnya, biasanya handset tertentu dipilih atau diberikan oleh perusahaan. Dan ternyata, cukup banyak karyawan atau pebisnis yang memakai perangkat Android sebagai fasilitas kerja.

5. Microsoft masih payah


Microsoft sebagai salah satu pemain teknologi besar digadang-gadang mampu memberi perlawanan berarti dengan OS Windows Phone. Terlebih mereka mendapatkan dukungan kuat dari Nokia. Namun agaknya masih butuh waktu lama sebelum hal itu terjadi. Menurut IDC, pangsa pasar Windows Phone saat ini baru di kisaran 5,2% sehingga belum dapat dianggap sebagai lawan sepadan.

6. Dukungan vendor besar masih kuat

Banyak vendor bernama besar mendukung Android sampai sekarang. Beberapa malah menjadikannya sebagai OS utama di perangkat mobile produksinya. Dukungan ini dinilai menjadi salah satu faktor krusial mengapa Android masih terus berjaya. Jika mereka tidak support Android, bisa jadi OS robot hijau ini tidak segemilang sekarang.

7. Faktor Google


Google sebagai perusahaan teknologi raksasa yang berada di balik penciptaan Android tentunya membuat konsumen dan developer menjadi yakin. Android sebagai produk yang dibuat oleh Google tentu tidak dibuat dengan sembarangan. Faktor Google pula yang barangkali membuat para vendor besar tidak ragu mengadopsi Android.

8. Dukungan aplikasi


Saat ini, banyak sekali aplikasi yang dibuat khusus untuk Android. Kabarnya, jumlah aplikasi di Google Play sudah di kisaran ratusan ribu unit, menyaingi Apple App Store. Dan cukup banyak aplikasi yang masuk kategori berkualitas. Hal ini turut menjadi daya tarik konsumen ketika memutuskan memilih perangkat Android.


Sumber : http://inet.detik.com/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar