Jumat, 08 Juni 2012

5 Fakta Menarik dalam Sejarah Twitter






Jakarta - Twitter kini menjadi salah satu situs jejaring sosial terpopuler di dunia. Situs mikroblogging yang didirikan 6 tahun lampau ini memang termasuk cepat menuai ketenaran.

Tengok saja, banyak pengguna smartphone punya akun Twitter dan gemar berkirim tweet. Kabarnya, sudah ada ratusan juta pengguna aktif Twitter di seluruh dunia.

Berikut 5 fakta menarik tentang sejarah situs yang baru saja berganti lambang tersebut, seperti disarikan detikINET dari bitrebels, Jumat (8/6/2012).

Nama asli Twitter adalah Twttr





Kemunculan Twitter digagas pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey. Namun nama pertama yang diberikan pada layanan ini ternyata tidak langsung Twitter, tetapi Twttr. Beberapa bulan setelah layanan diluncurkan, barulah Dorsey menggantikannya dengan sebutan Twitter. Sosok lain yang berjasa dalam pendirian Twitter selain Jack adalah Noah Glass, Evan Williams dan Biz Stone.



Nama domain Twitter.com dibeli USD 7.500





Evan Williams, salah satu pendiri Twitter mengungkap bahwa pihaknya harus membayar USD 7.500 atau sekitar Rp 70 juta untuk membeli domain twitter.com ketika mereka memutuskan ganti nama dari twttr. Kini tentunya nama domain tersebut termasuk yang paling bernilai di dunia seiring tingginya popularitas Twitter.



Tidak ada batasan 140 karakter





Pada mulanya, tidak ada pembatasan jumlah karakter yang bisa ditulis di Twitter. Jika misalnya kalimat lebih dari 140 karakter, Twitter akan membaginya menjadi dua buah tweet atau lebih. Kemudian pada tahun 2007, karena berbagai alasan, barulah diberlakukan pembatasan tweet menjadi hanya 140 karakter saja sampai sekarang.



Twitter mulai melesat tahun 2009





Twitter makin digemari dan mulai melesat antara tahun 2009 sampai tahun 2010. Sebanyak 100 juta user baru Twitter bergabung di tahun 2010. Salah satu perubahan dramatis yang terjadi adalah banyak user mulai menulis informasi profil pribadi mereka dengan mendetail, yaitu sampai 69%. Padahal sebelumnya tidak terlalu banyak yang menuliskannya.



Catatan tangan Jack Dorsey





Foto di atas adalah catatan tangan Jack Dorsey ketika menulis konsep Twitter. Dia tentu sangat berharap gagasannya tersebut bisa sukses. Dan memang demikian, konsep tersebut berbuah manis. Saat ini ada sekitar 140 juta pengguna aktif Twitter yang menghasilkan lebih dari 400 juta tweet per harinya.




Sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar