Jumat, 20 April 2012

Makanan Pencegah Pikun

oleh: Lawlliet

Konsumsi teh, kopi, dan kenari secara teratur bisa menjadi senjata ampuh menangkal Alzheimer. Penelitian University of California menunjukkan, secangkir teh atau kopi setiap hari dapat menurunkan risiko pikun sebesar 40 persen.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, peneliti menunjukkan bahwa orang usia 65 tahun ke atas yang memiliki kebiasaan minum teh, memiliki ingatan 37 persen lebih tajam dibandingkan mereka yang tak memiliki kebiasaan minum teh setiap hari.

Sedangkan mereka yang memiliki kebiasaan minum kopi sedikitnya lima kali seminggu memiliki ingatan 20 persen lebih baik dibandingkan mereka yang jarang meminum kopi, ketika memasuki usia 65 tahun.

Selain dua minuman populer itu, pencegahan pikun juga bisa dilakukan dengan konsumsi kenari. Temuan ini berdasar percobaan terhadap tikus yang menjalani diet kacang-kacangan. Tikus-tikus yang menjadi sampel percobaan itu berhasil meningkatkan kemampuan memorinya secara drastis.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa suplemen makanan dari kenari mungkin memiliki efek bermanfaat dalam mengurangi risiko, mulai menunda atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer,” demikian simpulan penelitian yang dipublikasikan dalam International Conference on Alzheimer’s Disease, di Hawaii.

Namun, konsumsi makanan itu saja tak akan efektif tanpa disertai gaya hidup sehat. Studi Boston University School of Medicine, di Massachusetts, menemukan, konsumsi makanan tersebut yang dikombinasikan dengan olahraga teratur dan asupan vitamin D yang cukup akan meningkatkan kemampuan ingatan sebesar 40 persen.

Profesor Clive Ballard dari Alzheimer’s Society mengatakan, “Ini studi yang kuat dan berpengaruh memberikan dukungan kuat berdasarkan bukti komprehensif bahwa olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko demensia. Seperti pepatah lama bahwa apa yang baik bagi jantung adalah baik untuk kesehatan.”

 




Sumber : http://pranaindonesia.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar