Peng Peng.
Peng Peng. (sumber: BGI Shenzhen)
Para ilmuwan China di daerah otonomi Uygur Xinjiang telah menghasilkan domba transgenik pertama di dunia dengan teknik sederhana, kloning buatan tangan atau Kloning Handmade (HMC).

Proyek itu diselesaikan tanggal 26 Maret lalu dan dimulai lebih dari dua tahun lalu.

Terlepas dari inefisiensi umum kloning yang hanya menggunakan  sebagian kecil dari embrio lalu direkonstruksi dan berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Hasil kloningan, cloners harus mengatasi kesulitan tambahan termasuk iklim khusus dan dikompromikan lingkungan laboratorium dengan instrumen yang sangat dasar.

Teknik sederhana inovatif yang disebut Kloning Handmade (HMC) digunakan karena peralatan kurang canggih, prosedur sederhana, biaya rendah dan efisiensi produksi yang lebih tinggi.

"Domba transgenik itu bernama 'Peng Peng', dengan berat lahir 5,74 kg," kata Du Yutao, direktur Bioteknologi BGI Ark BAB, salah satu afiliasi BGI yang berfokus produksi hewan transgenik dan kloning pada skala besar. "Peng Peng berkembang secara normal dan tampaknya sehat," tambahnya.

Pada tahun 2009, sel donor dikumpulkan dari domba Merino China, dan dengan manipulasi genetika garis sel transgenik didirikan. Setelah berbagai upaya, sistem HMC untuk kloning domba berhasil didirikan pada Oktober 2011. Transfer embrio yang dihasilkan akhirnya menyebabkan pencapaian ini.

"Tugas paling sulit telah dicapai, platform domba transgenik produksi didirikan, kami siap untuk pengembangan skala industri," tambah Du, menurut pernyataan BGI.

Sejak HMC diperkenalkan pada tahun 2001, keturunan spesies penting, termasuk sapi, kambing babi, dan kerbau, telah diproduksi dengan menggunakan teknik itu.

Prosedur ini dapat berkontribusi terhadap upaya untuk menyelamatkan spesies langka dan untuk menghasilkan obat-obatan untuk penyakit manusia melalui hewan transgenik.