Senin, 30 April 2012

16 Fakta Mencengangkan Seputar Bayi

Bukan hanya dunia, cinta, wanita, atau pria saja yang menyimpan ragam fakta mencengangkan. Makhluk kecil satu ini juga tidak mau kalah lho.

1. Pria adalah pengganti popok paling hebat. Penelitian membuktikan mereka hanya butuh waktu 1 menit 36 detik saja, sementara wanita butuh 2 menit 5 detik. Seorang ahli perilaku pria dan wanita, Corinne Sweet mengatakan, mengganti popok bayi memang membutuhkan kemampuan mekanis, dan pria mampu melakukan pendekatan yang membuat mereka selesai sesegera mungkin.
2. Sekitar 1/4 dari berat badan bayi itu berasal dari bobot kepalanya.
3. Jika ibu makan ikan selama masa kehamilan, maka otak bayi bisa berkembang lebih baik, begitu juga dengan kemampuan komunikasi dan bahasanya. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 7 ribu ibu menemukan bahwa mereka yang makan ikan sedikitnya seminggu sekali memiliki bayi dengan skor kemampuan berbahasa lebih tinggi di usia 15 bulan daripada yang tidak makan ikan.
4. Kidal atau tidaknya seorang bayi bisa dilihat sejak 10 minggu setelah kelahiran.
5. Sperma sang ayahlah yang menentukan jenis kelamin bayi, karena sel telur ibu hanya mengandung kromosom X (perempuan) saja. Sementara sperma laki-laki mengandung kromosom X (bayi perempuan) dan Y (bayi laki-laki). Mana yang membuahi ovum lebih dulu, maka itulah yang menentukan jenis kelamin buah hati.
6. Menurut para ilmuwan, Aerosol dan air freshners bisa menyebabkan sakit diare dan telinga pada bayi. Mereka mendapati bahwa bayi yang tinggal dalam rumah di mana pengharum ruangan biasa digunakan akan mengalami sakit perut dan gangguan telinga 32% lebih sering.
7. Bayi obesitas memiliki peluang 5 kali lebih besar terkena serangan jantung atau stroke sebelum mencapai umur 65.
8. Satu dari lima batita mampu membuka tutup botol obat atau botol kimia (parfum, larutan pembersih, dll) lainnya. Ribuan anak di Amerika dibawa ke rumah sakit setiap tahunnya karena menelan zat berbahaya seperti parfum, obat penghilang rasa sakit, dan cairan pembersih rumah tangga. The Child Accident Prevention Trust memperingatkan orang tua untuk menyimpan semua obat-obatan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak. Orang tua sebaiknya juga berjaga-jaga dengan obat yang dibawa dalam tas atau kantung.
9. Seorang bayi dilahirkan ke dunia setiap 7 detik.
10. Bayi lahir dengan kemampuan melihat yang masih minim, namun mereka mampu mengenali ibunya dengan benar.
11. Bayi selalu lahir dengan warna mata biru. Beberapa bulan kemudian baru warna mata mereka berubah dengan sendirinya.
12. Bayi lahir dengan kemampuan berenang dan menahan nafas secara alami, namun sayangnya insting tersebut cepat pula hilangnya.
13. Bayi baru lahir biasanya baru memiliki bobot badan 2 kali ganda ketika menapak usia 6 bulan.
14. Memperdengarkan musik klasik bisa meningkatkan intelegensi bayi.
15. Membacakan cerita untuk anak (pada usia berapapun) bisa meningkatkan pengetahuan mereka.
16. Bayi baru lahir tidak punya tempurung lutut.


Sumber: Kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar