Rabu, 25 April 2012

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari dan Setelah Olah Raga

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari dan Setelah Olah Raga. Tahukan anda bahwa dari hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dianggap dapat mengurangi nyeri otot usai berolahraga. Temuan ini turut membantah beberapa pendapat ilmuwan yang mengatakan mandi air dingin justru menegangkan otot-otot tubuh dan dianggap berbahaya.
Foto mandi air dingin di pagi hari

Untuk membuktikannya, peneliti meninjau secara klinis 17 uji coba mandi dengan air dingin yang melibatkan 366 orang. Dalam penelitian, peneliti mengamati apakah mandi dengan air dingin dapat mengistirahatkan otot atau justru sebaliknya.
Dalam penelitian tersebut, peserta diminta untuk mandi atau berendam di dalam bak air dingin setelah mereka diminta untuk melakukan olahraga. Rata-rata peserta menghabiskan lima sampai 24 menit dalam air bersuhu 50-54 derajat fahrenheit. Namun dalam beberapa kasus, partisipan diminta untuk masuk dan keluar dari air pada waktu yang ditentukan.
"Kami menemukan beberapa bukti bahwa mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot, tapi hanya dibandingkan dengan mengistirahatkan otot saja atau tidak melakukan apa-apa," papar pimpinan penelitian, Dr Chris Bleakley dari University of Ulster, dilansir melalui BBC, Kamis (16/2).
Meskipun begitu, peneliti masih belum menemukan efek samping jika seseorang mandi air dingin terus menerus dalam jangka waktu panjang.
Adapun menfaat mandi air dingin di pagi hari yang lain adalah :
1. Mandi pagi dengan air dingin mampu melancarkan peredaran darah.
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.
2. Mandi pagi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih.
Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.
3. Mandi pagi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.
Mandi air dingin juga menurunkan timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.
4. Mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan.
Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.
5. Mandi pagi dengan air dingin memperbaiki kesehatan jaringan tubuh.
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.
6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat.
Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin?
Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

7.  Mandi pagi dengan air dingin berkhasiat meredakan depresi.
Mandi pagi dengan air dingin juga menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan memberikan semangat menjalalni aktifitas sehari-hari.
Demikian dulu informasi tentang menfaat mandi air dingin di pagi hari dan setelah selesai berolah raga, semoga dapat mebantu.
 
 
 
 
 
Sumber : http://konsultasisawit.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar