Sabtu, 28 April 2012

Inilah Kuis Televisi Pertama di Dunia

Televisi tempat segala macam ragam acara. Film, berita, serial drama atau komedi, kartun anak, hingga musik. Kuis salah satu ragam acara di TV.

Tapi, tahukah Anda acara kuis pertama yang tayang di TV? Kami menemukan jawabnya di bukuGreat Moments of Television yang ditulis Thomas G. Aylesworth terbitan 1987. Di situ disebutkan acara kuis pertama di TV Amerika Serikat adalah What’s My Line yang pertama tayang 16 Februari 1950. Acara tersebut tayang di Amerika selama 18 tahun dan bahkan formatnya diimpor ke banyak negara.

Acara kuis tersebut menampilkan kontestan alias “mystery guest” yang punya pekerjaan tak lazim lalu ditanyai oleh panelis dan hanya boleh dijawab “ya” dan “tidak” saja. Setiap jawaban salah atau “tidak” membuat kontestan mendapat uang 5 dolar. Jika setelah 10 pertanyaan masih belum tertebak apa profesi kontestan ia membawa pulang uang 50 dolar.
Acara kuis ini jadi menarik karena para panelis terdiri dari orang-orang terkenal maupun para intelektual di zamannya.

Hm, mirip acara kuis Siapa Dia di TVRI dulu, ya? Ya, kuis yang digagas Ani Sumadi dan dipandu Aom Kusman itu punya format mirip-mirip. Yang lebih unik lagi ketika kami melacak kuis pertama yang tayang di TV kita.
Dari telusuran di arsip kami, kuis pertama yang dibuat Ani Sumadi—ratu kuis televisi yang sepanjag kariernya melahirkan 30 kuis baik di TVRI maupun di TV swasta—punya kaitan dengan kuis What’s My Line.

Dalam wawancaranya dengan tabloid ini pada 2002, Ani mengisahkan kuis yang petama dibuatnya. Ditulis tabloid ini, ide pertama Ani membuat kuis muncul begitu saja. Waktu itu ada temannya yang mengatakan pernah melihat acara kuis di luar negeri yang menebak profesi seseorang. Ani tertarik, tapi tak pernah melihat acara itu.

Ia langsung membayangkan, jika yang membawakan acara itu Ratmi B 29 (Almarhumah) pastilah menarik. Terciptalah kuis pertamanya, Silent Quiz, sekitar tahun 70-an. ''Waktu itu saya cukup puas. Saya anggap kuis itu cukup bagus,'' kata Ani kepada tabloid ini kala itu.
Dari telusuran di dunia maya, ditemukan arsip tulisan di majalah Tempo tahun 1992. Kepada majalah Tempo Ani mengatakan membuat kuis Silent Quiz pada 1969. Karena Ani tak pernah melihat kuis What’s My Line, Silent Quiz buatannya sedikit beda.

Ani meminta pelawak Ratmi B29 memeragakan akting yang harus ditebak peserta. "Ternyata ide kuis itu sama persis dengan kuis Win, Lose, or Draw yang pada tahun 1991-1992 diputar di RCTI dan SCTV. Tetapi saya kan sudah membuatnya pada 1969," kata Ani dikutip Tempo.
Anda yang pernah menonton kuis Win, Lose, or Draw di tahun 1990-an pasti tahu saat peserta menebak menggunakan gambar. Nah, Silent Quiz memakai akting atau gerak untuk menebak.

 
 
 
 
 
Sumber: http://www.tahukahkamu.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar