Kamis, 26 April 2012

Sejarah Singkat Buddhisme Zen


Buddha
Buddha

Buddhistzone.com - Dari manakah sumber Chan (Zen)? Menurut cerita turun-temurun, rahib Bodhidharma membawa Chan dari India ke China sekitar tahun 500 SM, lebih dari 1000 tahun setelah wafatnya Sakyamuni Buddha. Tapi sejarah India hanya memuat sedikit catatan tentang periode diantara kedua peristiwa tersebut, jadi kita relatif tahu sedikit saja tentang asal-usul latihan Chan.
Namun kita mengenal kisah-kisah dan legenda-legenda yang menerangkan asal-usul Chan. Yang paling kesohor adalah cerita tentang transmisi Dharma kepada Mahakashyapa, salah seorang murid utama sang Buddha, yang menjadi Patriakh Pertama pada garis silsilah Chan.
Suatu hari saat berkhotbah di Puncak Hering, Sakyamuni Buddha memegang sekuntum bunga di tangannya didepan murid-muridnya dan beliau tidak berbicara sepatah katapun. Tampaknya tak seorangpun tahu apa arti sikap ini. Tapi kemudian Mahakashyapa tersenyum. Sang Buddha lalu berkata, "Harta-karun inti dari Dharma sejati, pikiran Nirvana yang menakjubkan - hanya Mahakashyapa yang paham".
Peristiwa ini menandai awal dari garis silsilah Chan dan transmisi (penerusan) guru ke murid yang berlanjut sampai kini. Semula cerita ini tidak dikenal di sejarah Buddhist sampai pada masa dinasti Song di abad ke - 10. Tapi kebenaran harafiah dari cerita tersebut tidaklah sepenting pesan yang dikandungnya tentang sifat hakekat dari Chan.
Sumber : Artikel Buddhis



 



Sumber : http://buddhistzone.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar