Rabu, 18 April 2012

5 Kiat Memaksimalkan Kamera Olympus PEN


Kegiatan komunitas (dokumentasi PEN-atics)
Jakarta - Olympus mengeluarkan seri PEN yang memakai sistem Micro Four Thirds yang berhasil mencuri perhatian konsumen. Setelah sebelumnya sedikit mengulik mengenai komunitas penggunanya, sekarang saatnya menyimak kiat-kiat pemaksimalan kamera mungil ini.

Berikut tipsnya yang langsung dibagikan oleh Olympus Pen Fanatics atau biasa disingkat PEN-atics, komunitas Olympus PEN di Indonesia:

1. Kontrol Manual
Diciptakan untuk mendapatkan hasil yang tidak kalah saing dengan DSLR, Olympus PEN turut dibekali dengan pengaturan-pengaturan yang ada di kamera kategori itu.

Pengguna bisa mengakses pengaturan manual dari mulai ISO, Aperture dan Speed melalui menu bernama Super Control Panel. Pengaturan ini tentu saja memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang foto yang lebih memuaskan di kondisi pemotretan yang berbeda-beda.

2. Viewfinder
Memang untuk kategori kamera yang merupakan perpaduan dari compact dan DLSR, pengguna tidak akan mendapatkan viewfinder. Akan tetapi apabila pengguna menghendaki adanya fitur tersebut, mereka bisa mendapatkannya dengan membeli aksesor tambahan. Aksesori viewfinder elektronik ini nantinya akan dipasangkan di hotshoe yang sudah ada di kamera.

3. Art Picture
Ingin membuat hasil foto memiliki warna yang menawan? Disampaikan oleh komunitas PEN-atics bahwa kamera favorit mereka ini sudah memiliki fitur bernama Art Picture.

"Kami banyak memakai fitur ini untuk mempercantik tampilan foto atau membuat foto lebih artistik dan unik," ujar Taufik Surinegara selaku koordinator komunitas. Art Picture sendiri terdiri dari Diorama Art (gambar berwarna di gedung akar), Dramatic Tone (gambar yang diconvert ke Black and White di dalam kamera), Soft Focus, Pop Art, dan lain-lain.

"Kami sering menyebutnya "potosop" dalam kamera karena kita tidak perlu banyak mengolah foto di depan komputer untuk menghasilkan foto unik seperti apa yang ditampilkan," tambahnya.

4. Touch Screen
Selain untuk melihat hasil foto yang diambil, LCD live view yang dibekali dengan teknologi layar sentuh ini juga bisa dipakai untuk menentukan fokus obyek. Pengguna hanya tinggal menyentuhkan jari di titik yang dikehendaki untuk menentukan fokusnya.

5. Tilt LCD
Salah satu seri PEN menghadirkan LCD jenis tilt yakni E-PL3. Dengan LCD yang bisa diubah-ubah posisinya, maka penggunapun tak kesulitan mengambil gambar secara high angle maupun low angle.



( sha / fyk )
Sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar