Selasa, 17 April 2012

Scrub Wajah Daun Teh

Minum teh di pagi hari sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan orang Indonesia sebelum memulai aktivitas. Teh memang memiliki banyak khasiat dan manfaat, selain membantu mengurangi penumpukan zat-zat yang bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh seperti kolesterol, teh juga bermanfaat untuk kecantikan. Teh mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas.

Antioksidan berasal dari daun teh yang baru diseduh. Setelah Anda minum teh, Anda jangan buru-buru untuk membuang ampas teh tersebut. Gunakan sisa daunnya untuk membersihkan kulit Anda.

Menurut Rina Poerwadi, Hollistic Natural Practitioner mengatakan bahwa keuntungan teh sangat banyak, dan kebiasaan kita meminum teh sudah cukup bagus dan berada di jalur yang tepat. Namun menurut Rina, sayangnya kita belum cukup menyadari menikmati proses dari minum teh itu, "Mindfulness itu yang masih kurang. Kita butuh kesadaran saat membuat teh agar khasiatnya benar-benar terasa dan berpengaruh pada tubuh (tehrapeutic benefit). Mulai dari membuat teh itu sendiri, menyeruputnya saat masih hangat, dan benar-benar menikmati teh itu lah yang bermanfaat. Percuma kalau kita membuat teh dan meminum teh terburu-buru, apalagi teh yang diminum sudah diseduh lama, khasiatnya sudah hilang," ujar Rina setelah acara Coaching Clinic Manfaat Teh untuk Kesehatan bersama Sosro di Metropolitan Tehater of KidZania, Pacific Place, Jakarta, Kamis, 13 Januari 2011.

Salah satu yang jarang dimanfaatkan dari proses minum teh adalah memanfaatkan sisa daun teh yang telah diseduh. Rina mengatakan bahwa sisa daun teh yang telah diseduh dapat membantu menyegarkan kulit dan juga mengangkat sel kulit mati.

Caranya untuk memanfaatkan sisa daun teh tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sebelum tidur, saring daun teh yang telah diseduh, buang tangkai-tangkai daun teh yang bisa melukai kulit.
  • Simpan daun teh tersebut diluar ruangan untuk diembunkan hingga pagi hari.
  • Pagi harinya, gunakan daun teh tersebut sebagai scrub (pengangkat sel kulit mati) dengan cara menggosokan pada wajah.

Daun teh bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati, sisa zat pada teh bisa membuat wajah terkesan kesat dan lebih sehat. Embun dingin udara luar yang bercampur dalam teh bisa menyegarkan kulit. Scrub ini dapat anda lakukan 3 kali seminggu.

Mungkin Anda juga sering mengalami hal ini, mata sembab di pagi hari. Rina juga memberikan tips untuk mengecilkan mata sembab di pagi hari. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menyimpan teh celup yang telah digunakan/diseduh dalam kulkas hingga dingin. Rasa dingin tersebut dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang membesar penyebab kantung mata.

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar