Sabtu, 07 April 2012

Kulit Sehat dan Awet Muda Ala Resep Turun-Temurun Jepang dan China

DUA puluh lima tahun berturut-turut wanita Jepang memegang ranking pertama dalam rata-rata usia harapan hidup di seluruh dunia, dengan 86,5 tahun.
Fakta itu membuktikan kondisi lingkungan serta gaya hidup mereka terjaga apik. Asupan makanan bergizi seperti ikan segar pun jadi salah satu faktor penting penunjang kesehatan.
Tak hanya sehat, wanita Jepang pun terkenal dengan kecantikannya. Kulit mereka cenderung putih mulus. Dan yang terpenting, selalu kelihatan awet muda. Lihat saja para selebritinya. Keiko Kitagawa, Kyoko Fukada, Inoue Mao, semua imut-imut. Hmmm, mau tahu apa saja rahasianya?
- Salah satu rahasia kecantikan paling populer di Jepang adalah diet Okinawan. Prinsipnya, mereka fokus pada konsumsi sayur-sayuran, seafood, ikan, tahu, susu kedelai, tempe, yoghurt, serta tak ketinggalan teh hijau.
Kombinasi makanan dan minuman bergizi kaya vitamin dan antioksidan seperti ini tidak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga berefek besar pada kesehatan serta kecantikan kulit. Kulit jadi lebih lembut dan bersinar.
- Para wanita Jepang sadar benar bertapa bermanfaatnya vitamin C. Maka mereka rutin mengonsumsi vitamin dalam bentuk apa pun. Mau itu buah-buahan seperti jeruk -- yang ampuh menghancurkan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah -- atau yang sudah dalam bentuk tablet.
- Tak hanya lezat sebagai isi roti atau bakpao, kacang merah juga juga jadi primadona di bidang kecantikan Jepang. Disebutnya, azuki. Sudah sejak berabad-abad lalu azuki jadi salah satu bahan tradisional yang dipercaya menjadikan kulit lebih lembut dan bebas noda.
Bahkan wanita zaman dulu membawa azuki dalam sebuah kantong kecil sutra, ke mana pun pergi. Caranya gampang saja, tumbuk sebentar dan kemudian letakkan rata pada seluruh bagian wajah. Biarkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air. Lakukan rutin setidaknya tiga kali seminggu.
•    Jauh sebelum sabun wajah muncul dan menjamur di pasaran, wanita Jepang menggunakan komenuka rice bran sebagai bahan pembersih wajah. Mengandung fatty acid, vitamin E, termasuk tooferol dan tokotrienol, komenuka rice bran bisa dengan mudahnya menyingkirkan kotoran dan mengupas sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit kering. Sebaliknya, kulit malah makin halus, lembut, dan terhindar dari keriput.
Lalu bagaimana caranya? Tambahkan air hangat dalam satu sendok makan bubuk rice bran yang sudah dicampur dengan sabun pembersih wajah. Kalau mau digunanakan untuk masker wajah dan tubuh, bisa disempurnakan dengan bubuk azuki. Satu lagi, khusus yang kulitnya cenderung kering, tambahan minyak kamelia bisa membantu melembapkan.
- Seperti juga resep masakan yang biasa diwariskan turun-temurun, ada juga satu spesies ganggang laut yang manfaatnya di bidang kecantikan terus dipelihara sampai generasi sekarang. Namanya wakame kelp -- spesies yang ada di perairan laut jepang. Wakame ini mengandung antioksidan unik yang hanya ada di beberapa tanaman. Khasiatnya, melindungi kulit dari sinar UV matahari dan polusi udara. Wakame juga meminimalkan lingkaran hitam di sekitar mata.
Dari Jepang, mari beralih ke China. Sebagai negara serumpun Asia Timur, tipikal wanita kedua negara ini hampir sama. Umumnya berkulit putih, mulus, dan awet muda. Lihat saja Gong Li. Di usianya yang sudah berkepala empat, ia masih dipercaya sebagai bintang iklan produk kecantikan.
Eh, tapi tak hanya wanitanya, para prianya pun tak kalah terawat. Tak percaya? Tonton film terbaru Andy Lau, Shaolin. Di sana pria yang tahun ini menginjak usia 50 tahun kelihatan makin berkarisma. Pokoknya makin tua makin jadi, hehehe. Mau seperti mereka? Lihat gaya hidup yang biasa dijalani.
- Di China, Anda bakal menemukan toko teh bertebaran di mana-mana. Tak perlu sungkan masuk dan mencoba. Pemiliknya pasti dengan senang hati menyuguhi beagam jenis sampai kita mabuk teh, hahaha. Begitulah, minum teh ibaratnya rutinitas yang tak akan lekang dimakan waktu. Selain rasa dan aromanya enak, hasilnya luar biasa. Kesehatan terjaga, kulit tak mudah dimakan usia, dan diet berjalan lancar.
- Selain toko teh, di China juga mudah sekali menemukan tempat relaksasi untuk pijat. Tarifnya murah. Tapi jangan berpikiran macam-macam dulu, tempat ini ramai sekali dikunjungi mereka yang lelah seharian bekerja atau para turis yang letih seharian berkeliling kota. Pijat bukan sembarang pijat, karena orang China sangat percaya pada kekuatan refleksiologi. Kegiatan ini bisa membuat kulit lebih sehat melalui peningkatan aliran darah dan detoksifikasi.
- Pernah dengar pearl powder? Di China, sejak beratus-ratus tahun lalu bubuk ini dipercaya mengatasi bengkak, iritasi, dan kulit kemerahan. Tapi bukan cuma itu saja, pearl powder pun membantu proses kulit menghindari penuaan dini. Umumnya bubuk ini digunakan sebagai masker wajah. Caranya campurkan dengan satu butir kuning telur dan madu. Tambahkan sedikit air dan oleskan rata ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas.
•    Di hidup serbamodern ini rata-rata orang menginginkan segala hal praktis. Tapi di China, untuk urusan kecantikan masih banyak yang mengusung cara lama dan sederhana. Seperti misalkan saat memilih kosmetik. Tak semua produk 2 in 1 dianggap bagus. Mereka sangat menghargai tiap bagian tubuh sehingga sebisa mungkin memberi porsi adil buat semuanya, dengan membeli semua sesuai kebutuhan.
•    Ada pepatah lama China yang menyebutkan, “Wajah kedua seorang wanita terletak di tangannya.” Itulah sebabnya wanita China sangat menjaga tangan mereka. Setiap hari mereka mengoleskan hand cream agar kelembapannya terjaga. Pun dengan kaki. Refleksi kaki salah satu perawatan pijat yang paling banyak dicari.


Sumber : http://www.tabloidbintang.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar